Mobil Favorit Pilihan Pengemudi Taksi Online

Mobil Favorit Pilihan Pengemudi Taksi Online

Lupakan dulu berbagai kontroversi yang berkaitan dengan legal tidaknya operasional jasa transportasi berbasis aplikasi baik roda dua ataupun roda empat, fakta yang terjadi, hal ini menjadikan beberapa sepeda motor atau mobil menjadi pilihan favorit untuk digunakan pada bisnis ini. Khususnya jasa transportasi roda empat, saat ini para pengemudi taksi online ternyata memiliki mobil favorit yang digunakannya untuk mengantar jemput para pelanggannya.

Dengan syarat yang mengharuskan usia mobil kurang dari 5 tahun, tentu saja hal ini menjadikan beberapa mobil baru banyak menjadi pilihan para pengemudi. Selain itu, harga terjangkau, konsumsi bahan bakar yang efisien, ruang kabin yang lapang serta kemudahan perawatan menjadi alasan mengapa mobil-mobil favorit ini dipilih. Apa saja mobil-mobil tersebut? Ini dia di antaranya:

1. Toyota Avanza

Tak heran memang jika mobil terlaris di Tanah Air ini menjadi salah satu pilihan favorit para pengemudi taksi online. Mobil keluarga ini secara umum dipilih karena mengusung merek Toyota yang terpercaya soal layanan purna jual. Selain itu, dengan kapasitas 7 penumpang, kabin mobil ini menyuguhkan keleluasaan, sekaligus bagasi yang lapang jika penumpang membutuhkan ruang penyimpanan barang yang besar.

Avanza Taksi Online

Mengusung mesin 1,3 liter atau 1,5 liter berteknologi VVT-i di balik kap depannya, jantung pacu ini menjanjikan efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Luapan tenaga 104 hp dan torsi 136 Nm pada Avanza 1,5 mungkin tak menjadi alasan yang tepat mengapa mobil ini dipilih, namun paling tidak angka-angka ini menjanjikan potensi baik saat harus mengantar tamu untuk mengejar jadwal pesawat ke Bandara misalnya. Yang unik, meski harus menghadapi kemacetan Ibu Kota, kebanyakan pengguna mobil ini memilih Avanza dengan transmisi manual 5-speed. Menurut salah satu sumber kami, hal ini disebabkan tingginya waktu operasi mobil, berpotensi menjadikan perawatan mobil bertransmisi otomatis lebih mahal jika terjadi kerusakan. Masih soal purna jual, penggunaan Avanza juga memberikan kemudahan dalam hal perbaikan jika terjadi kerusakan. Salah seorang pengemudi menyebutkan, bahkan mereka tak perlu datang ke bengkel resmi jika hanya sekedar mengganti oli atau memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil.

Beberapa pengemudi taksi online di jalan raya juga sudah ada yang menggunakan lansiran terbaru keluarga Avanza yaitu Grand New Avanza. Dengan menggunakan mesin baru berteknologi Dual VVT-i, mobil ini menjanjikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi. Apalagi penyempurnaan suspensi dan peredaman kabin membuat penumpang yang dibawa dapat merasakan kenyamanan lebih baik dibandingkan menggunakan Avanza lama. Satu hal lain yang menjadikan keluarga Avanza ini menjadi pilihan para pengemudi taksi online adalah nilai jual kembalinya yang secara umum cukup tinggi di pasar mobil bekas.

2. Daihatsu Xenia

Saudara kembar Toyota Avanza ini juga menjadi salah satu pilihan banyak pemgemudi taksi online. Secara dimensi, Xenia menawarkan keunggulan yang sama dengan Avanza, soal kapasitas penumpang, ruang kabin yang lapang serta perawatan yang juga sama mudahnya dengan Avanza. Selain itu, layanan purna jual Daihatsu juga cukup mudah dijangkau sehingga memudahkan para pemilik kendaraan.

Xenia favorit taksi online

Meski begitu, alasan utama banyaknya Xenia dipilih adalah soal harga jualnya yang lebih terjangkau dibandingkan Avanza. Ya di pasar mobil baru, banderol harga Xenia memang berada di bawah Avanza. Apalagi Xenia juga menawarkan varian dengan mesin 1,0 liter yang berpotensi lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar dibandingkan mesin 1,3 liter ataupun 1,5 liter. Dengan mesin yang telah menggunakan teknologi VVT-i, Xenia memang menawarkan efisiensi bahan bakar sebagai keunggulannya. Hal ini jelas menguntungkan para pengemudi taksi online karena mereka tentunya lebih banyak menjelajah padatnya lalu lintas Ibu Kota dengan pola stop and go dibandingkan kecepatan tinggi.

Sama seperti juga Avanza, varian terkini dari Xenia juga telah digunakan oleh beberapa pengemudi taksi online. Meski mesin 1,0 liternya tak mendapatkan perubahan, namun mesin Great New Xenia 1,3 liter juga mendapat teknologi Dual VVT-i. Tentunya hal ini juga menjadikan konsumsi bahan bakarnya semakin irit, apalagi dipadukan dengan penggunaan transmisi manual 5-speed. Sekali lagi, selain harga belinya yang lebih terjangkau, Xenia juga sama-sama memiliki harga jual kembali yang cukup baik.

3. Datsun GO+ Panca

Dengan alasan yang kurang lebih sama dengan para pengemudi yang memiliki Daihatsu Xenia, pengemudi taksi online juga banyak yang memilih Datsun GO+ Panca sebagai mobil operasionalnya. Ya, alasan utamanya tentu saja adalah harga barunya yang terjangkau. Sebagai sebuah LCGC, saat pertama kali keluar tahun 2014, GO+ hanya berbanderol sekitar Rp 103 juta di Jakarta, artinya saat ini pun usianya belum mencapai 5 tahun.

GO+ Taksi Online

Soal harga yang terjangkau ini, ditambahkan oleh salah seorang pengemudi menjadi salah satu hal yang meringankan. “Karena harganya murah, artinya cicilannya pun lebih terjangkau,” ujarnya. Pada akhirnya, hal ini terasa tak memberatkan pada biaya operasional bulanan mobil ini. Keunggulan lain pada mobil yang berdimensi mungil ini ada di balik kap mesinnya. Dengan kapasitas mesin hanya 1,2 liter, diakui bahwa konsumsi bahan bakarnya pun relatif irit. Bobot yang ringan juga memberikan kontribusi bagi penggunaan bahan bakarnya ini

Selain itu, meskipun sebagai sebuah LCGC, namun karena mengusung konsep MPV, kapasitas 7 penumpang menjadi nilai tambah bagi GO+ untuk dijadikan mobil penarik penumpang. “Kalaupun tidak digunakan sebagai tempat duduk, bangku baris ketiga dapat dimanfaatkan sebagai ruang bagasi yang lapang,” ujar salah satu pengemudi taksi online yang kami temui. Menurutnya, hal ini sangat menguntungkan terutama saat mengantar atau menjemput penumpang dari dan ke Bandara.

Meski begitu, ada hal juga yang terkadang dikeluhkan oleh penumpang taksi online yang menumpang GO+ ini, salah satunya adalah ruang kabin yang tidak selapang Avanza ataupun Xenia. Meski begitu, bagi pengemudi hal ini dapat dikompensasi dengan keramahan dalam melayani penumpangnya.

4. Honda Mobilio

Sama seperti yang dilakukan oleh perusahaan taksi berargometer, Honda Mobilio juga menjadi salah satu pilihan bagi banyak pengemudi taksi online. Meskipun tak sefavorit rivalnya dari Toyota maupun Daihatsu, kebanyakan pengguna mobil ini memilihnya karena kenyamanan yang dimiliki oleh Mobilio. Ya dengan chassis monokok, Mobilio memang memberi keunggulan dalam hal kenyamanan berkendara. Selain itu, ruang kabinnya pun dapat dibilang lapang untuk mengangkut penumpang maupun barang.

Mobilio favorit taksi online

Di bagian depan, mesin 1,5 liter berteknologi VTEC tak sekedar menjanjikan performa lebih baik dibanding rivalnya, tapi juga konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Secara teknis, mesin Mobilio menampilkan angka tenaga yang lebih besar dibandingkan rivalnya, sehingga membuat mobil ini dapat melaju lebih kencang jika dibutuhkan.

Kebanyakan pengemudi taksi online yang menggunakan Mobilio memang tak lagi mengungkapkan soal kewajibannya menyicil angsuran kendaraan. Selain itu, soal perawatan kendaraan para pemilik Mobilio juga tetap dilakukan di bengkel resmi, bahkan tak sedikit yang juga memodifikasi mobil yang dipakainya untuk beroperasi.

5. Toyota Kijang Innova

Para pengemudi yang menggunakan Toyota Kijang Innova, bisa dibilang berada di level berbeda dibandingkan para pengemudi yang mengemudikan mobil-mobil di atas tadi. Pada layanan taksi online tertentu, mobil ini melayani dengan banderol harga yang lebih mahal dibandingkan pengemudi dengan mobil seperti Avanza, Xenia, GO+ ataupun Mobilio. Salah satu pembedanya adalah kapasitas mesin yang memang lebih besar dibandingkan yang lain tadi.

Innova favorit taksi online

 

Mengusung mesin bensin 2,0 liter atau diesel 2,5 liter, performa yang dimiliki mesin Kijang Innova sebenarnya bukan menjadi keunggulannya sebagai sebuah taksi di dalam kota, begitu juga soal konsumsi bahan bakarnya. Keunggulan sebenarnya yang ditawarkan oleh Kijang Innova adalah kenyamanan dan bisa jadi prestige yang dimilikinya. Ya, soal kenyamanan memang mobil ini diakui lebih baik dibandingkan Mobilio sekalipun. Apalagi ruang kabinnya leluasa, dan untuk penumpang belakang, telah terdapat penyejuk kabin (AC) double blower. Saat membawa banyak penumpang plus barang bawaannya sekaligus, Kijang Innova menyuguhkan ruang kabin yang lebih fleksibel.

Faktor lainnya yang membuat mobil ini lebih banyak dipilih tak lain memang karena populasinya yang lebih banyak di segmennya. Biaya operasional yang ditawarkan oleh Innova dianggap paling terjangkau selain layanan purna jual yang dimiliki Toyota juga lebih mudah untuk dijangkau. Saat ini, generasi pertama Kijang Innova yang masih banyak menjadi pilihan digunakan para pengemudi taksi online. Hingga saat ini kami belum menemukan All-new Kijang Innova yang digunakan oleh pengemudi taksi online.

Baca Juga: Mobil Bekas Taksi, Pilihan Murah Tapi Berkualitas

Sumber foto: Carbay.com

Jelajahi Toyota Avanza

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Bandingkan & Rekomendasi