Beli Toyota Veloz Varian Tertinggi, Ini yang Didapat

Beli Toyota Veloz Varian Tertinggi, Ini yang Didapat

All New Toyota Veloz memasuki generasi kedua. Ia hadir dengan tampilan stylish dan memiliki sentuhan orientasi SUV, meski tetap berstatus MPV. Dirinya tersedia dalam tiga (3) pilihan tipe yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS. Untuk varian tertingginya mendapat fitur Toyota Safety Sense yang merupakan teknologi keselamatan berkendara paling baru yang dimiliki Toyota. Lantas apa saja yang didapat dari MPV anyar seharga Rp331 jutaan ini.

Mesin

Veloz generasi terbaru di semua varian menggunakan mesin yang sama. Pakai kode enjin 2NR-VE. Jantung pacu 4-Silinder in-line, 1.496cc, 16 valve, DOHC with dual VVT-i. Bertenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm yang dikirim ke penggerak roda depan. Transmisi CVT turut disematkan fitur Sequential Manual Mode. Jadi bisa dipindahkan secara manual.

Sistem bahan bakar yang digunakan adalah electronic fuel injection. Dirinya mampu menampung kurang lebih 43 liter bahan bakar.

Toyota Veloz

Sasis

Ia sudah menggunakan tipe sasis unibody yang dibangun di atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture) dan dibekali sistem penggerak roda depan (FWD). TNGA yang merupakan platform kendaraan modular yang digunakan oleh Toyota dan Lexus. Platform tersebut sudah diperkenalkan sejak 2015 untuk digunakan secara global. Memadukan tiga unsur utama di dalam satu struktur. Unsur itu meliputi agility, stability dan visibility.

Untuk suspensi pada bagian depan menggunakan MacPherson Strut, sedangkan pada bagian belakang Torsion-Beam. Dilengkapi juga dengan stabilizer pada bagian depan dan belakang. Sedang sistem pengereman pada bagian depan dan belakang menggunakan disk 15 inci. Ukuran ban yang digunakan adalah 205/50 R17 Alloy with Machining.

Baca juga: Lebaran Drive: Silaturahmi Ke Rumah Saudara Naik Toyota Veloz Q CVT TSS

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Veloz CVT TSS atau tipe tertinggi sudah dilengkapi berbagai fitur canggih untuk menunjang keselamatan dan keamanan pengemudi maupun penumpangnya. Selain sudah memiliki rem cakram berventilasi 15 inchi di depan dan rem cakram solid di belakang, di bagian pengereman diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

Toyota Avanza Veloz

Kemudian ada 6 buah Airbags yang menjaga seisi kabin tetap aman ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Vehicle Stability Control (VSC) turut menjamin mobil tidak bakal oversteer maupun under steer saat melibas tikungan. Hill Start Assist (HSA) pun menjaga mobil agar tidak mundur di tanjakan. Sistem HSA ini turut bekerja sama dengan Electric Parking Brake & Brake Hold. Brakehold ini sangat membantu ketika berada di tengah kemacetan.

Karena ini tipe Q CVT dengan Toyota Safety Sense (TSS), maka ia telah dilengkapi dengan enam fitur unggulannya. Meliputi Pre Collision System (PCS) yang mampu memberi peringatan ketika mendeteksi ada objek di depan. Dan jika kita tetap melaju kencang maka mobil otomatis akan mengerem dengan sendirinya.

Lane Departure Assist (LDA), menjaga mobil agar tidak keluar lajur. Jika terdeteksi keluar lajur, sistem memberikan peringatan. Dan bila pengemudi tidak menghiraukan, secara otomatis sistem bakal mengembalikan mobil ke lajur yang benar.

Blind Spot Monitoring (BSM) atau muncul peringatan di kaca spion ketika ada kendaraan baik di samping kiri maupun kanan yang berada di posisi blind spot.

Pedal Misoperation Control, berguna untuk mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas yang terlalu dalam ketika harusnya menginjak pedal rem. Fitur ini dapat meminimalisir tabrakan dengan objek yang ada di depan mobil.

Front Departure Alert, sangat bermanfaat ketika sedang berhenti menunggu lampu merah. Fitur ini dapat memberi peringatan kepada pengemudi bahwa kendaraan di depannya sudah mulai berjalan.

Rear Cross Traffic Alert (RCTA) memberi peringatan jika ada kendaraan yang tiba-tiba datang dari arah lain di belakang ketika mobil mau berjalan mundur. Semua fitur yang ada menginformasikan ke pengemudi melalui suara dan keterangan di MID.

Toyota Veloz

Fitur canggih lainnya yang sangat membantu ada All Round View Camera (Kamera 360). Layar di konsol tengah memberikan pandangan secara jelas situasi sekitar mobil. Tampilan mobil seakan terlihat dari atas. Memarkir kendaraan di mall atau di carport rumah yang tergolong sempit jadi lebih mudah. Ditambah dengan peringatan suara bila ada objek yang jaraknya cukup dekat. Teknologi ini juga langsung aktif saat pengendara menghidupkan lampu sein. Namun hal ini hanya terjadi saat mobil berjalan pelan.

Eksterior

Bagian luar Veloz patut dibanggakan. Kesan kokoh, tangguh, dan agresif terpancar dari kap mesin yang tinggi sebagai bagian dari New Distinctive Front Look. Karakter kuat juga terlihat di fascianya. Tampak pada New Formidable Design Front Grille, New Advanced LED Headlamp with Sequential Turnlamp, serta dengan New Fog Lamp.

Sebagai MPV premium, tampilan samping Veloz memancarkan garis yang begitu kuat melalui Remarkable Chrome Window Belt, Fender Line & Roof Rail. All New Veloz makin mempertegas positioning barunya sebagai Premium Cross MPV.

Penerapan New Side Stone Guard tidak hanya melindungi bodi samping, tetapi juga memperkuat kesan tangguh. Diperkuat dengan desain velg alloy 17 inci dan New Foot Lamp di bawah kaca spion. Di sektor belakang dirinya telah dilengkapi Progressive Rear Combination Lamp with Full Backdoor Lamp untuk membuat tampilan lebih modern dan lebar. Dipertegas lagi dengan Sturdy Rear Bumper.

Toyota Veloz

Interior

Bagian interior Veloz mampu memanjakan pengemudi dan para penumpangnya. Salah satu keistimewaan yang ada di bangku sopir yakni panel instrumennya. Sudah full digital berukuran 7 inci dan ada 4 pilihan tampilan display. Semuanya bermain dengan warna yang cukup detail serta atraktif. Dan berbagai informasi yang ada di situ mudah dipantaui. Di antaranya ada seat belt warning, outside temperature, odometer, tripmeter, jam digital, speedometer bahkan inclinometer dan juga mampu menyajikan penjelasan mengenai fitur Toyota Safety Sense. Tinggal tekan tombol yang ada di kiri-kanan stir untuk melihatnya.

Lalu layout dasbor mewah. Menggunakan tiga paduan warna yakni hitam, krem, serta ornamen silver. Belum lagi beberapa panel di depan sudah menganut material soft touch. Ada di dasbord bagian penumpang depan, armrest hingga lingkar kemudi.

Bagian setir dibalut kulit mewah dan sudah mengadopsi tilt dan telescopic, jadi gampang menyesuaikan posisi berkendara agar nyaman saat jalan jauh. Di lingkar kemudinya ada beberapa tombol yang bisa dioperasikan dengan mudah. Kiri dan kanan bisa buat mengatur Multi Information Display, Toyota Safety Sense, audio, hingga bluetooth. Bawah kanan ada tombol untuk mengatur Drive mode. Driving mode ada beberapa pilihan, normal, eco mode dan power mode.

Transmisi

Ada ambient lighting tipis atau New Vibrant Illumination Light di konsol tengah dan door trim baris pertama, memancarkan kesan elegan dan premium. Tampak jelas saat malam hari dan menciptakan rasa tenang dan santai bagi penumpang depan selama perjalanan.

Kemudian terdapat emboss Veloz di sisi kiri dasbor atau di depan kursi penumpang depan. Ini sebagai identitas kalau dirinya berbeda dengan All New Avanza.

Masih di konsol tengah, terdapat head unit dengan bentang layar 9 inci model floating. Memiliki kemampuan mengakomodir beragam konektivitas seperti Android Auto maupun Apple CarPlay® yang kekinian. Pengoperasian juga cukup mudah, sebab sudah mengadopsi layar sentuh. Di situ pula pengemudi dapat merasakan canggihnya All Round View Camera.

Di bawahnya ada fitur auto climate control pada AC, secara efektif dan cerdas mampu menjaga suhu kabin tetap dingin meski cuaca di luar terik. Knob kiri buat mengoperasikan kekuatan kipas, kanannya untuk mengatur suhu AC. Lalu di belakang transmisi tersedia Electric Parking Brake with Brakehold, menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Selanjutnya ada wireless charger di konsol tengah. Buat arm rest kiri pengemudi dan kanan penumpang depan cukup memadai. Bahannya empuk dan sangat bermanfaat. Di dalamnya terdapat ruang untuk menyimpan benda kecil dan diberikan port charger yang membutuhkan konektor tambahan.

veloz

Para penumpang mendapat kenyamanan dari desain jok yang menggunakan kualitas premium. Pakai paduan bahan kulit serta fabric dengan konsep two-tone. Mampu menopang tubuh dengan baik kala bermanuver cepat maupun jalan santai. Selain itu strukturnya pun empuk.

Kursi pengemudi bisa diatur secara reclining untuk sandarannya, dan juga tinggi rendahnya melalui fitur height adjuster. Walau masih berupa tuas, ini sudah cukup membantu pengemudi mendapat posisi rileks.

Ruang kaki dan kepala pada baris pertama benar-benar lapang. Begitu juga di baris kedua yang bisa digeser maju-mundur. Ditambah sudah memiliki desain blower baru dengan tampilan lebih tipis. Pengaturannya berbentuk knop bulat yang posisinya ditaruh agak mundur. Meski mirip milik Calya dengan desain rata, hembusan AC bisa sampai ke penumpang di jok baris ketiga.

Sandaran tengah bisa dilipat untuk menjadi handrest. Sayangnya tidak diberikan cup holder. Tapi cukup membantu kala penumpang ingin santai. Bicara fitur, penumpang di baris kedua mendapatkan USB port sebanyak dua buah yang letaknya berada di bawah konsol tengah.

Semua penumpang termasuk pengemudi juga dijamin aman, karena masing-masing kursi dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur tinggi-rendahnya, sabuk pengaman tiga titik serta airbag yang menjamin keselamatan utama.

Toyota Avanza Veloz

Soal kenyamanan masih berlanjut dengan hadirnya long sofa mode. Fitur ini memungkinkan semua jok baik depan maupun tengah untuk direbahkan sampai seperti sofa. Karena jok baris kedua bisa-maju-mundur, penumpang dewasa masih bisa duduk di bangku belakang. Namun hanya bisa digunakan buat yang memiliki tinggi di bawah 170cm. Bila lebih dari itu kepala mudah mentok dengan atap.

Fitur isofix untuk jok bayi juga tersedia. Teknologi ini sangat penting untuk memasang jok bayi (baby car seat) agar buah hati dapat ikut berkendara dengan aman.

Hiburan untuk penumpang tengah dan belakang disediakan rear seat entertainment (RSE) alias monitor yang menempel di plafon. Mereka bisa menonton video kesayangan sambil menikmati perjalanan. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang memadai. Terdapat enam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A). Dan buat mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudi.

Kapasitas bagasi mobil ini ada di angka 400 liter (posisi jok digunakan semua). Jadi tidak merepotkan ketika harus membawa semua keperluan keluarga. Bila bangku baris kedua dan ketiga direbahkan, volume bagasi terasa sangat lapang. Lantaran didukung dengan lantai bagasi yang rata, membuat lebih fleksibel dalam memasukkan segala jenis barang.

Selain bagasi, All New Veloz varian tertinggi ini punya ruang penyimpanan dan cup holder cukup banyak. Hampir di semua pintu tersedia, bahkan sampai bangku belakang. Cukup memudahkan para penumpang untuk menaruh minuman atau barang kecil lainnya.

T Intouch

Tak kalah menarik, ada fitur canggih terbaru Toyota yakni T Intouch. Sebelumnya hanya diterapkan pada sedan premium New Camry. T Intouch adalah teknologi telematika dengan menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA. Sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

T Intouch bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil. Selain itu, T Intouch juga menjadi tonggak penting bagi Toyota untuk menjadi perusahaan mobilitas yang memberikan Total Mobility Solution, khususnya bagi pelanggan di Indonesia.

Menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi. Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat di mana kendaraan di parkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan.

Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat. Selain itu, T Intouch juga hadir dengan fitur yang dapat memberikan peace of mind bagi pelanggan. Misalnya, adanya fitur E-Care (Maintenance) yang membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Lalu terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika kamu mengalami kecelakaan. T Intouch akan menghubungkan pengguna dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) guna mendapatkan bantuan yang lebih cepat. (Bgx/Tom)

Baca juga: Simak Tawaran Lengkap dan Skema Kredit Honda Mobilio S MT Termurah

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Jelajahi Toyota Veloz

Model Mobil Toyota

  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Veloz
    Toyota Veloz
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Alphard
    Toyota Alphard
  • Toyota Venturer
    Toyota Venturer
  • Toyota bZ4X
    Toyota bZ4X
  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser
  • Toyota GR Supra
    Toyota GR Supra
  • Toyota Vios
    Toyota Vios
  • Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris
  • Toyota CHR Hybrid
    Toyota CHR Hybrid
  • Toyota Camry Hybrid
    Toyota Camry Hybrid
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
  • Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross
  • Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis
  • Toyota GR 86
    Toyota GR 86
  • Toyota Vellfire
    Toyota Vellfire
  • Toyota Voxy
    Toyota Voxy
  • Toyota Camry
    Toyota Camry
  • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
    Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
  • Toyota Kijang Innova Zenix
    Toyota Kijang Innova Zenix
Mobil Toyota

Jangan lewatkan

IMOS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Toyota Veloz Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Toyota Veloz

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota Veloz dari Carvaganza