Oto
jakarta-selatan

5 Alasan Kenapa Mitsubishi Xpander Sangat Populer

  • 15 Okt, 2018
  • 2936 Kali Dilihat

Penjualan Mitsubishi Xpander masih sangat baik. Dari awal tahun hingga akhir Agustus 2018, ia menduduki tahta mobil sejuta umat. Kehadirannya menyingkirkan dominasi Toyota Avanza yang lama bertengger, memimpin penjualan. Siapapun tak bisa menolak, si anak baru ini sangat populer di kalangan pencinta mobil keluarga (LMPV). Parameternya ada pada data penjualan Gaikindo teranyar.


5 Alasan Kenapa Mitsubishi Xpander Sangat Populer


Apa alasan kesuksesan Mitsubishi Xpander di tengah kelesuan penjualan? Menurut Mitsubishi, Xpander dirancang mengikuti keinginan masyarakat Indonesia. Mulai dari keunggulan akomodasi mobil keluarga, hingga penyesuaian bentang alam. Sehingga hasil risetnya sangat sesuai dengan target market.


“Xpander saat ini memang menjadi small MPV yang populer. Ini dikarenakan Xpander memang dibuat khusus untuk dapat memenuhi semua kebutuhan customer, terhadap sebuah mobil small MPV. Kemudian Xpander lahir dari harapan dan keinginan masyarakat Indonesia pada model small-MPV yang ideal. Dan terbukti, hasil racikan Mitsubishi, memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen terhadap small MPV dan mobil keluarga di Indonesia,” jelas Bambang Kristiawan, Head of PR dan CSR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada OTO.com.


Dengan tagline “Your Next Generation MPV” Xpander sebetulnya punya lima konsep utama sebagai daya tarik bagi konsumen:


1. Desain atraktif


Xpander menggoda konsumen mobil keluarga dengan bahasa desain Dynamic Shield. Untuk jenis LMPV, ia berdimensi lebih lapang (4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 mm). Bahkan urusan dimensi, mengalahkan Toyota Rush anyar (4.435 mm X 1.705 mm X 1.695 mm). Mitsubishi berani tampil beda menghadapi rival, dengan fascia gahar. Penataan lampu utama agak rendah, sementara lampu DRL sipit berada di atasnya.



2. Ruang kabin lapang


 


Untuk mengakomodasi sebuah keluarga, Xpander dibuat lebih lapang dari rival. Bahkan terbesar di kelasnya. Makanya, ia dilengkapi dengan armrest fungsional, kemudahan akses keluar-masuk, posisi duduk yang dikatakan nyaman di semua baris, tempat duduk bagasi yang dapat direbahkan tanpa celah, serta ruang bagasi luas dan serbaguna.


3. Interior fungsional


Mitsubishi paham dengan kelemahan lawan ihwal kompartemen dan fungsionalitas. Xpander pun mengantongi banyak tempat penyimpanan serbaguna, fleksibilitas pengaturan posisi mengemudi, sistem operasi keyless, kemudahan power outlet (pengisian baterai handphone) untuk semua baris, serta sistem hiburan yang menunjang suasana kabin. Pada tipe Ultimate, audionya dirasa cukup. Namun untuk sebaran frekuensi lebih detail, Anda harus upgrade peranti audio.


4. Kenyamanan dan keamanan berkendara


Mereka mengatakan ruang kabin Xpander senyap dan punya beragam fitur keamanan. Mulai dari dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS+EBD dan BA pada Sport & Ultimate, Active Stability Control, Hill start Assist Control, Emergency Stop Signal, Reinforced Impact Safety, Pedestrian Protection, Safety Belt 3 titik dan lainnya. Hasilnya, Xpander mendapatkan peringkat empat bintang dari ASEAN New Car Asessment Program (NCAP).


Fitur terbaru adalah Cruise Control. Peranti ini memungkinkan mobil melenggang tanpa perlu dipijak pedal gasnya. Caranya dengan mengaktifkan tombol di setir. Saat ini hanya Xpander yang punya fitur tersebut di kelasnya.


“Xpander terlahir dari riset mendalam. Mitsubishi mempelajari apa yang kurang dari beberapa merek yang ada. Kemudian kelengkapan itu diberikan pada Mitsubishi Xpander. Makanya Xpander diterima oleh masyarakat dengan baik,” tambah Rifat Sungkar, pembalap dan juga brand ambassador Mitsubishi.


xpander ultimate


5. Jantung Mekanis


Mengandalkan mesin 1.5L MIVEC, DOHC 16-valve, yang mengempaskan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Lalu dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, untuk menyalurkan tenaga ke roda depan. Namun output daya Xpander bukanlah yang terbesar.


Xpander mengantongi teknologi pengatur variasi bukaan klep khas Mitsubishi, MIVEC. Fitur dengan nama panjang Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control, konon sudah disesuaikan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia. Hasilnya, mesin yang paling cocok untuk pasar LMPV, dengan pertimbangan efisiensi tanpa mengorbankan tenaga dan torsi. Paling tidak itu yang diklaim Mitsubishi.


Dari lima hal itu, menjadi alasan kuat kenapa Xpander laku dan populer. Kalau kita hitung total perolehan dari Januari hingga Agustus 2018, Xpander sanggup menorehkan penjualan sebanyak 64.441 unit. Angka ini merupakan yang tertinggi. Bahkan kontribusi ritelnya mencapai 50% dari total penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, selama 2018.


“Kami berkomitmen untuk selalu menyediakan produk yang baik, dengan pengalaman penjualan & purnajual yang tak kalah baik bagi pelanggan kami di Indonesia. Kami tetap berharap, Xpander ataupun produk-produk Mitsubishi motors lainnya dapat terus dipercaya oleh masyarakat Indonesia,” tutup Bambang. (Alx/Van)


Baca Juga: 3 Pilihan Aksesori Menarik Mitsubishi Xpander

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Xpander

  • GLX M/T | Rp210,3 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp25,82 Juta
    Angsuran Rp4,87 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • GLS M/T | Rp226,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp29,12 Juta
    Angsuran Rp5,25 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • Exceed M/T | Rp233,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp30,52 Juta
    Angsuran Rp5,41 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • GLS A/T | Rp237,8 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp31,32 Juta
    Angsuran Rp5,5 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • Exceed A/T | Rp244,2 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp32,6 Juta
    Angsuran Rp5,65 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • Sport M/T | Rp246,4 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp33,04 Juta
    Angsuran Rp5,7 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • Sport A/T | Rp256,4 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp35,04 Juta
    Angsuran Rp5,93 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan
  • Ultimate A/T | Rp265,1 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp36,78 Juta
    Angsuran Rp6,13 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo Ramadhan

Video Mitsubishi Xpander

Lihat video terbaru Mitsubishi Xpander untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi