Modifikasi Honda Beat Street

Modifikasi-Beat-Street-4

Sukses menguasai pasar roda dua tanah air, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali merilis andalan baru lagi di segmen skuter matik. Julukannya, Honda Beat Street yang lahir pada Oktober 2016. Kelahirannya tepat beberapa bulan selepas generasi ke-4 Honda Beat hadir di Indonesia.

 

Sekilas sejarah Beat Street, skuter matik ini sebenarnya ditujukan untuk menggempur segmen yang dikuasai sendirian oleh Yamaha X-Ride. Segmen tersebut adalah anak muda yang menginginkan tunggangan skuter matik ala motocross atau crossover. Butuh waktu tiga tahun bagi Honda untuk menghadirkan pesaing Yamaha X-Ride sebelum akhirnya hadir dalam versi produksi massal.

AHM sendiri sebelumnya sempat beberapa kali menghadirkan skuter konsep dan produk CBU yang menampilkan sosok skuter matik 'telanjang'. Sebut saja Honda Zoomer-X di ajang Jakarta Motorcycle Show 2012. Lalu diikuti skuter matik konsep Honda Remix di IMOS 2014. Namun baru tahun 2016 Honda berani secara langsung menantang X-Ride lewat Beat Street.

 

Di awal kehadirannya, BeAT Street mengusung mesin 108 cc, SOHC 2-katup dengan sistem injeksi eSP. Tenaganya 8,22 PS per 8.000 rpm dan torsi 8,32 Nm di 5.500 rpm. Kapasitas tangkinya cuma 4 liter. Di versi terbaru, volume mesinnya mencapai 109,5 cc dengan tenaga maksimal 9 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm per 5.500 rpm. Tangkinya kini 4,2 liter. Lampunya sudah LED dan sasisnya memakai konstruksi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang ringan.

 

Untuk fiturnya, Beat Street dilengkapi lampu ECO Indicator berwarna hijau ini akan menyala di panel meter dengan 3 pola untuk menunjukkan berkendara yang irit termasuk saat lampu dalam kondisi off. Fitur lainnya adalah Combi Brake System (CBS), standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun, serta Parking Brake Lock yang lebih mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan.

 

Saat ini Beat Street dibanderol mulai Rp 17,365 juta On The Road Jakarta. Agar berbeda, Anda bisa melakukan modifikasi harian untuk Beat Street, acuan gaya yang paling umum adalah supermoto. Ubahannya bisa dari sektor velgnya, ban, sistem pengereman, aksesoris bodi, suspensi hingga upgrade CVT untuk mengoptimalkan peforma.

 

Popular Modifikasi Honda Beat Street

 

Seperti disebut sebelumnya, gaya yang cocok untuk diaplikasikan pada Beat Street diantaranya adalah supermoto. Modifikasi dengan gaya supermoto sejatinya hadir untuk motor-motor trail. Namun gaya crossover pada Beat Street yang menggabungkan nuansa skuter matik dan trail, tak haram juga mengaplikasikannya.

 

Tak sulit untuk membuat Beat Street tampil berbeda. Komponen yang kerap diubah sesuai gaya supermoto adalah sektor bannya. Di pasaran, banyak sekali pilihan ban yang menghadirkan produk aftermarket mereka untuk Beat Street. Lebar ban dapat dioptimalkan dengan menggunakan ukuran 90/90-14 di depan dan 110/80-14 di belakang.

 

Ubahan ban biasanya diikuti dengan pergantian velg yang desain palangnya lebih sporty. Hal ini diakomodasi dengan banyaknya produsen velg aftermarket yang menawarkan produknya, apalagi dengan lingkar 14 inci yang sama seperti Beat standar. Alhasil, pilihan velgnya makin melimpah. Kemudian dari sisi tampilan, cukup menggunakan aksesoris plug and play seperti jalu setang, raiser dan handle grip aftermarket sudah bisa mengubah tampilannya.

 

Untuk performa, kami menyarankan untuk melakukan ubahan di sektor CVT. Seperti belt, roller dan peranti lainnya. Jangan lupa juga lakukan upgrade sektor suspensi jika ingin hasil lebih optimal. Suspensi yang digunakan ada baiknya bisa menambah jangkung motor. Sehingga tampilan supermoto di Beat Street makin kentara.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Honda Beat Street

KTC Kytaco
Planet Ban

Honda Beat Street Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Honda Beat Street

  • Apakah ada aksesoris resmi Honda untuk Beat Street?

    PT Astra Honda Motor melalui jaringan diler dan bengkel resminya menyediakan aksesoris resmi untuk Honda Beat. Opsinya memang tak banyak, hanya ada 8 item dan semuanya bersifat penghias semata, tanpa punya fungsi yang signifikan.

  • Adakah konfigurasi ideal parts CVT yang bisa dipakai Beat Street?

    Tentu saja yang ideal adalah suku cadang yang sudah melekat di motor. Jika ada penyesuaian, parameternya tak bisa digeneralisasikan dengan semua pengguna, karena tergantung kebutuhan masing-masing rider. Pengendara yang butuh akselerasi instan, bisa saja harus mengorbankan top speed dan juga efisiensi Beat. Begitupun bagi settingan yang akan membuat rasio CVT Beat lebih panjang, maka akselerasinya akan menurun.