Modifikasi Kawasaki KLX 150

test ride Kawasaki KLX150BF

Jika diklasifikasi mobil ada Suzuki Jimny sebagai mobil yang siap dibawa menjelajah begitu Anda beli, maka di spesies motor, Kawasaki KLX150 adalah pilihannya. Ia merupakan model kuda besi penggaruk tanah yang siap menjelajah sedari standar.

Menilik sedikit sejarahnya, Kawasaki KLX150 merupakan pionir di era motor dual purpose modern.  Dahulu, jenis motor ini lebih dikenal dengan nama motor cross. Mereka memang lahir dari kegiatan aktivitas balap motor di trek tanah itu. Seiring perkembangan zaman, penggunaan motor seperti ini tak terkunci sebagai motor untuk penggunaan khusus, namun dijadikan tunggangan sehari-hari yang bisa menjelajah medan beragam.

Seperti kami sebut, KLX150 adalah pembuka segmen ini. Memulai kiprahnya di 2009, popularitasnya langsung melejit seiring kian beragamnya segmentasi motor. Popularitas ini dinikmatinya sendirian, lantaran pabrikan jepang lain seperti Honda dan Yamaha belum terbesit untuk merilis jagoannya.

Kawasaki KLX 150 merupakan tulang punggung penjualan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Motor trail ini mencatatkan angka penjualan terbanyak sepanjang 2016. Menurut data Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), jumlahnya mencapai 56.104 unit. Sebenarnya angka tersebut wajar, mengingat kala itu ia tak punya kompetitor. Honda, Yamaha, dan Suzuki belum memasarkan produknya secara retail. Otomatis saingannya hanya brand lokal yaitu, Viar Cross X 150.

Dari sisi desain, motor trail produksi KMI tersebut memang cukup menggiurkan. Bodinya ramping, dengan ketinggian jok yang rendah, membuat kuda besi ini mudah untuk ditunggangi. Selain itu terdapat pula penggunaan ban off-road pada kedua rodanya. Ditambah lagi kehadiran mesin berkapasitas 144 cc SOHC, yang mampu menghasilkan torsi puncak 11,3 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 11,83 hp pada 8.000 rpm. Alhasil lengkap sudah predikatnya sebagai 'penggaruk tanah' sejati. Maka wajar, apabila aparat kepolisian ikut menggunakan motor ini sebagai salah satu kendaraan operasionalnya.

KMI juga menyediakan ragam varian untuk motor ini, ada KLX150 standar, KLX150L dan KLX150BF hingga versi SE. Perbedaan antara satu sama lain pada kaki-kaki yang mencakup model fork hingga ukuran ban. Sisanya bersifat kosmetik, seperti kelir dan decal.

Kawasaki KLX150 dibandrol mulai Rp 31,2 juta (on the road Jadetabekser), dengan dua pilihan warna yaitu hijau dan hitam. Sementara KLX150L dibandrol Rp 31,7 juta (on the road Jadetabekser), dengan kelir hitam saja. Versi BF yang dijual RP 35 juta, tersedia dalam warna hijau saja. Terakhir opsi SE yang dijual dengan banderol Rp 37,7 juta, punya kelir paling variatif, Biru, Merah, Hijau, Kuning, Lime, dan Orange.

Sayangnya fitur-fitur modern belum tersemat di motor ini. Sebut saja instrument cluster masih analog, begitu juga pada sistem pencahayaan yang tidak menggunakan LED. Jika KMI melengkapinya, tentunya motor ini akan jauh lebih baik.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Kawasaki KLX 150

TDR Technology Center
7 Gear

Kawasaki KLX 150 Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Kawasaki KLX 150

  • Apakah ada varian KLX150 yang memang ditujukan untuk off road purpose semata?

    Ya, ada Kawasaki KLX140R F. Model ini dijual dengan harga Rp 37 jutaan dan dijual tanpa Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) juga Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Lantaran peruntukkannya bukan untuk jalan raya.

  • Bisakah kita mengganti mesin KLX150 dengan KLX230?

    Sangat bisa, kedua motor ini dibangun dari sasis yang sama.

  • Apakah Ada varian KLX yang lebih besar mesinnya?

    Ada, Anda bisa memilih tipe kLX230, KLX250 hingga KLX450.