Kawasaki KLX 150
Kawasaki KLX 150 Rp 32,3 - 38,7 Juta
Dp Rp 8,08 Juta Angsuran : Rp 759.123 x 36

Modifikasi Kawasaki KLX 150

test ride Kawasaki KLX150BF

Jika diklasifikasi mobil ada Suzuki Jimny sebagai mobil yang siap dibawa menjelajah begitu Anda beli, maka di spesies motor, Kawasaki KLX150 adalah pilihannya. Ia merupakan model kuda besi penggaruk tanah yang siap menjelajah sedari standar.

Menilik sedikit sejarahnya, Kawasaki KLX150 merupakan pionir di era motor dual purpose modern.  Dahulu, jenis motor ini lebih dikenal dengan nama motor cross. Mereka memang lahir dari kegiatan aktivitas balap motor di trek tanah itu. Seiring perkembangan zaman, penggunaan motor seperti ini tak terkunci sebagai motor untuk penggunaan khusus, namun dijadikan tunggangan sehari-hari yang bisa menjelajah medan beragam.

Seperti kami sebut, KLX150 adalah pembuka segmen ini. Memulai kiprahnya di 2009, popularitasnya langsung melejit seiring kian beragamnya segmentasi motor. Popularitas ini dinikmatinya sendirian, lantaran pabrikan jepang lain seperti Honda dan Yamaha belum terbesit untuk merilis jagoannya.

Kawasaki KLX 150 merupakan tulang punggung penjualan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Motor trail ini mencatatkan angka penjualan terbanyak sepanjang 2016. Menurut data Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), jumlahnya mencapai 56.104 unit. Sebenarnya angka tersebut wajar, mengingat kala itu ia tak punya kompetitor. Honda, Yamaha, dan Suzuki belum memasarkan produknya secara retail. Otomatis saingannya hanya brand lokal yaitu, Viar Cross X 150.

Dari sisi desain, motor trail produksi KMI tersebut memang cukup menggiurkan. Bodinya ramping, dengan ketinggian jok yang rendah, membuat kuda besi ini mudah untuk ditunggangi. Selain itu terdapat pula penggunaan ban off-road pada kedua rodanya. Ditambah lagi kehadiran mesin berkapasitas 144 cc SOHC, yang mampu menghasilkan torsi puncak 11,3 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 11,83 hp pada 8.000 rpm. Alhasil lengkap sudah predikatnya sebagai 'penggaruk tanah' sejati. Maka wajar, apabila aparat kepolisian ikut menggunakan motor ini sebagai salah satu kendaraan operasionalnya.

KMI juga menyediakan ragam varian untuk motor ini, ada KLX150 standar, KLX150L dan KLX150BF hingga versi SE. Perbedaan antara satu sama lain pada kaki-kaki yang mencakup model fork hingga ukuran ban. Sisanya bersifat kosmetik, seperti kelir dan decal.

Kawasaki KLX150 dibandrol mulai Rp 31,2 juta (on the road Jadetabekser), dengan dua pilihan warna yaitu hijau dan hitam. Sementara KLX150L dibandrol Rp 31,7 juta (on the road Jadetabekser), dengan kelir hitam saja. Versi BF yang dijual RP 35 juta, tersedia dalam warna hijau saja. Terakhir opsi SE yang dijual dengan banderol Rp 37,7 juta, punya kelir paling variatif, Biru, Merah, Hijau, Kuning, Lime, dan Orange.

Sayangnya fitur-fitur modern belum tersemat di motor ini. Sebut saja instrument cluster masih analog, begitu juga pada sistem pencahayaan yang tidak menggunakan LED. Jika KMI melengkapinya, tentunya motor ini akan jauh lebih baik.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Populer Modifikasi Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX150 memang hadir bak kanvas kosong. Seluruh sudutnya menyiratkan ajakan untuk memodifikasinya. Bukan karena spesifikasi standarnya kurang mumpuni, melainkan lantaran potensi modifikasinya yang luas. Ia bisa Anda sulap jadi supermoto, motor cross, adventure, enduro atau bahkan sekadar memaksimalkan performa dual purposenya.

Asyiknya, dengan memodifikasi sebagian sektor saja, Anda sudah bisa merasakan efek yang diharapkan. Hal ini lantaran setiap ubahan di masing-masing sektor, bisa memberi pengaruh besar pada KLX150.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Modifikasi Suspensi
Modifikasi Suspensi

Pemilik KLX150 standar pasti belum puas dengan kaki-kaki yang tersemat di KLX150. Untuk kaki depan (fork) bisa mengganti dengan model teleskopik dengan travel lebih jauh ataupun dengan diameter lebih besar. Bukan kosmetika semata tentunya, daya jelajah KLX dipastikan jadi lebih tangguh. Mau yang lebih mumpuni, bisa pilih model fork upside down. Biasanya fork jenis ini bukan cuma lebih bisa diandalkan, namun banyak settingan yang bisa didapat. Siapkan saja budget mulai Rp 1,5 hingga Rp 5 juta tergantung merek dan model fork yang Anda mau. Kaki belakang KLX juga menarik untuk dimodifikasi. Lantaran swingarm belakang terbilang cukup kurus, banyak yang memilih untuk menggantinya dengan bentuk yang lebih kekar. Tak sedikit pula yang memilih memadupadankan swingarm dari motor lain yang lebih besar demi memasang ban yang lebih tangguh.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Performa
Performa

Mesin 144 cc 1-silinder dengan sistem asupan bahan bakar bermodel karburator sering jadi sasaran utama modifikasi para pemilik Kawasaki KLX150. Unit SOHC 2-klep ini memang mudah untuk dioprek. Bahkan banyak parts aftermarket yang dijual paketan demi mengakomodir kebutuhan para pemilik. Sebut saja paket naik cc ke 188 dari BRT yang terdiri dari piston bore up, kruk as, head silinder dan noken as. Dari situ tenaga dan torsi yang lebih tinggi bisa diekstrak. Masih kurang? Anda bisa menaikkannya ke level 220 cc, dengan opsi pake bore up yang tersedia.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Karburator
Karburator

Sistem asupan bahan bakar ke mesin dari Kawasaki KLX150 memang masih sangat konvensional. Sistem karburator yang mengandalkan kontrol mekanis sangat bergantung pada ukuran skep / spuyer dan bukaan yang diatur secara manual. Jadi di setiap perubahan medan atau lingkungan, perlu dilakukan setting ulang. Bahkan ketika menginginkan performa yang berbeda, kerap kali dibutuhkan penggantian suku cadangnya. Ada beberapa opsi karburator dengan ukuran 28 mm namun dengan performa berbeda yang bisa Anda pilih, mulai dari UMA Racing dan Koso ataupun Keihin dengan diameter berbeda.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Girboks
Girboks

Merevisi sedikit sektor transmisi Kawasaki KLX150 di bagian Final Gear juga bisa mengubah karakter pengendaraan sang kuda besi. KLX diracik dengan rasio standar 44/14 (KLX150) dan 47/14 (KLX150L). Rasio ini memang diperuntukkan untuk medan menanjak tajam dengan elevasi yang rendah dan jarak pendek, agar ia lebih lincah. Jika mau mengubahnya jadi motor adventure yang sigap diajak menanjak panjang, butuh rasio yang berbeda agar tarikannya tak kedodoran. Solusinya mengganti gir yang lebih ringan dengan rasio 50/14 atau 47/13. Jangan lupa ganti rantai yang sesuai juga ya.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Modifikasi Perangkat Offroad
Modifikasi Perangkat Offroad

Sebagai motor dual purpose, memadupadankan peranti offroad juga bisa jadi aksi modifikasi para pemilik. Tujuannya tak lain tak bukan untuk meningkatkan fungsionalitas motor di aksi penjelajahan. Jenis modifikasinya pun bisa ringan, mulai dari sekadar menambah peranti-peranti bersifat aksesoris seperti tank bag, handguard, ataupun sekadar memasang behel. Untuk penjelajahan yang lebih ekstrem, modifikasi bisa mencakup memasang crash bar hingga mengganti ban dengan tapak yang lebih menggigit.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Aksesoris Kawasaki KLX 150

Tingginya popularitas Kawasaki KLX150, membuat pabrikan-pabrikan suku cadang aftermarket berlomba menyajikan material opsional untuknya. Untuk sebuah ban saja, banyak pilihan dari aneka merek yang bisa Anda pilih. Belum lagi ketika mencari setang fatbar, banyak juga. Hal ini lantaran banyak bagian KLX yang sifatnya universal.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Ban
Ban

Motor adventure yang sudah populer ini punya opsi ban yang cukup banyak, bahkan meski ia punya ukuran velg yang beragam. Ada merek Swallow, Dunlop, IRC, Kenda, Maxxis hingga Michelin. Pastikkan Anda membeli ban di toko yang membolehkan Anda menjajalnya terpasang, agar terpastikan ukuran ban tersebut memang bisa bekerja dengan baik di motor yang Anda miliki. Harganya tentu variatif, mulai dari Rp 1,5 - 3 juta sepasang.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Handguard
Handguard

Handguard jadi salah satu aksesoris wajib jika Anda mau mengajak KLX terabasan. Komponen ini akan menjaga tangan dan tuas rem juga kopling agar tak terganggu rintangan yang Anda temui. Materialnya tentu bervariasi, ada akrilik, plastik hingga metal. Harganya pun tergantung bahan dan merek yang Anda pilih, mulai dari Rp 300 ribuan untuk satu set. Anda bisa melakukan pemasangan sendiri.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Setang Fatbar
Setang Fatbar

Setang jenis fatbar dibutuhkan untuk Anda yang ingin posisi riding lebih akomodatif. Ada yang model flat atau dengan tekukan. Pastikan Anda membeli yang sesuai dengan kebutuhan juga ya, misal untuk medan ekstrem dan banyak obstacle, Anda memilih model flat agar andal ketika ditekan. Jika ingin handling lebih agile, bisa memilih model yang sedikit menekuk, supaya mudah dikendalikan. Harga fatbar untuk KLX150 mulai dari Rp 1 jutaan dengan merek Pro Taper. Sedangkan merek Renthal bisa mencapai Rp 3 jutaan.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Jeroan Mesin
Jeroan Mesin

Paket jeroan mesin untuk menaikkan kapasitas silinder Kawasaki KLX150 banyak pilihannya. Mulai dari naik ke 170 cc hingga ke 188 cc. Biasanya terdiri dari piston set, kruk as, noken as, silinder head hingga paking setnya. Harganya mulai Rp 1,4 jutaan (belum termasuk jasa pemasangan). Jangan lupa sesuaikan pengapian dan sistem asupan bahan bakar ya.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Tank Bag
Tank Bag

Ingin terabasan dengan Kawasaki KLX150 tentu harus siaga membawa ragam perlengkapan juga peralatan. Sialnya, ruang penyimpanan motor ini sangat terbatas. Untuk menyimpan jas hujan dan tools lain, Anda bisa memanfaatkan tank bag. Ada beberapa merek yang bisa Anda pilih, seperti 7-gear, Dex hingga Donimoto. Harganya tentu bervariasi mulai dari Rp 300-500 ribuan.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Seller Aksesoris Modifikasi Kawasaki KLX 150

Artikel Modifikasi Kawasaki KLX 150

Berita Motor KLX 150

Bandingkan Varian Kawasaki KLX 150

  • Semua
  • Bensin

Video Kawasaki KLX 150

Lihat video terbaru Kawasaki KLX 150 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

  • Kawasaki KLX 150L ProSpeed Exhaust (Makassar,Indonesia)
    Kawasaki KLX 150L ProSpeed Exhaust (Makassar,Indonesia)
    06 Oct, 2015 .
Video Kawasaki KLX 150

Bandingkan Kawasaki KLX 150 Dengan Motor Sejenis

Kawasaki KLX 230 SM
Honda CRF150L
Kawasaki D-Tracker
Viar Cross X 200 ES
Viar Cross X 250 EC
Jumlah silinder 1
1
1
1
1
Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, 2 Valve SOHC, Air Cooled Engine
4-Step, SOHC, 1-Cylinder
4-Stroke, SOHC
4-Stroke, SOHC
4-Stroke, SOHC
Diameter x langkah 67 mm x 66 mm
57.3 mm x 57.8 mm
58 mm x 54.4 mm
65.5 mm x 59 mm
77 mm x 53.6 mm
Kapasitas 233
149.15
144
198.8
249.6
Tenaga Maksimal 18.7
13
11.5
17.43
25.47
Torsi Maksimal 19.8 Nm
12.43 Nm
11.3 Nm
15 Nm
23 Nm

Ceritakan tentang desain, kenyamanan, dan fitur keselamatan kendaraan Anda. Bantu teman Anda membuat keputusan yang tepat.

S&K* Tulis Review

Modifikasi Motor

Modifikasi Motor

Pertanyaan & Jawaban Kawasaki KLX 150 (FAQ)

Apakah ada varian KLX150 yang memang ditujukan untuk off road purpose semata?

Ya, ada Kawasaki KLX140R F. Model ini dijual dengan harga Rp 37 jutaan dan dijual tanpa Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) juga Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Lantaran peruntukkannya bukan untuk jalan raya.

Bisakah kita mengganti mesin KLX150 dengan KLX230?

Sangat bisa, kedua motor ini dibangun dari sasis yang sama.

Apakah Ada varian KLX yang lebih besar mesinnya?

Ada, Anda bisa memilih tipe kLX230, KLX250 hingga KLX450.
Dapatkan pinjaman dana untuk Motor Angsuran mulai dari Rp 759.123 /bulan Dapatkan Pinjaman
Dapatkan penawaran eksklusif di Kawasaki KLX 150 OTR mulai dari Rp 32,3 Juta Lihat Promo