Modifikasi Yamaha R15

Yamaha R15

Trend motor-motor berfairing mulai hadir di Indonesia sejak era 2-tak di tahun 90-an. Sempat vakum lama, akhirnya motor jenis sport fairing kembali ramai di Indonesia. Salah satunya lewat produk Yamaha YZF-R15 yang dijual mulai April 2014.

Bocoran hadirnya produk ini cukup membuat heboh penggemar motor tanah air saat itu. Pasalnya, meski sudah dikenal di India, namun yang hadir di Indonesia, merupakan versi terbaru yang sedikit berbeda, khususnya pada sektor desain belakang dan velgnya. Tak lagi memakai desain yang persis V-Ixion seperti di India. Sedangkan dari bagian depannya tetap sama.

Secara keseluruhan, desain motor yang kerap disebut R15 saja ini menganut bahasa desain yang persis dengan moge Yamaha YZF-R6 versi 2006 yang menampilkan sudut bodi serba tajam. Kemiripan juga hadir dari dual split headlamp yang tajam serta jok penumpang model bertingkat.

Bukan hanya tampang yang jadi penarik perhatian. Urusan harga jual hingga inden online pun ikut membuat R15 menjadi incaran konsumennya. Yup, saat launching R15 hanya dibanderol Rp 28 juta, atau dibawah Rp 30 juta yang membuat pesanan membludak. Harganya jauh di bawah Honda CBR150R yang mencapai Rp 33 juta. Menariknya untuk membeli motor ini, konsumen harus inden secara online, cara membeli yang waktu itu belum jadi trend.
Ada fitur-fitur yang cukup mengejutkan hadir di motor ini,, dan membuat motor di kelas atasnya seolah ketinggalan zaman.

Di segi fitur kenyamanan. Layar panel instrumennya, kini sudah menggunakan panel LCD utuh dan tak ada lagi jarum analog yang menunjukkan putaran mesin seperti gen 1.

Tak kurang dari 20 informasi yang kami catat tersaji di panel seperti putaran mesin (RPM), kecepatan (KPJ), odometer (KM), tripmeter (KM) kecepatan rata-rata (KPH), konsumsi bahan bakar rata-rata (KPL), konsumsi bahan bakar instan (KPL), dan sebagainya.

Beberapa parameter memang agak tidak lazim karena Yamaha Indonesia mengadopsi fitur ini dari R6, yang lebih tinggi. Fitur ini bisa memberikan panduan kapan perpindahan gigi harus dilakukan lewat kedipan lampu yang pancarannya mudah terlihat. Pengguna bahkan bisa menyesuaikan di putaran berapa nyala lampu ini muncul agar sesuai dengan gaya berkendaranya.

Kembali ke R15. Motor tersebut dibekali mesin 150cc yang secara spek mirip dengan V-Ixion yang dijual sejak 2007 di Indonesia. Tipe mesinnya pendingin cair SOHC dengan Diasil silinder. Bedanya transmisi R15 sudah 6-percepatan sedangkan V-Ixion masih 5-speed. Mesin ini dilengkapi sistem injeksi yang tenaganya mencapai 17 hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak hingga 13,6 Nm pada 7.500 rpm.

Sukses di generasi pertama R15 hadir dengan model baru di awal 2017. Hampir seluruh sektor berganti. Hanya menyisakan sasis Deltabox saja yang bertahan. Sedangkan mesin hingga bodi dan kaki-kakinya berubah total. Dari sisi bodi memang masih mengadopsi DNA Yamaha R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam, bodi belakang runcing dan ramping, serta fairing aerodinamis yang kekar. Kemudian lampu depan dan belakang menggunakan teknologi LED yang memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama.

Selanjutnya di bagian kaki-kaki ubahan diwakili Upside Down Suspension di depan yang membuat handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara. Di belakang, ada lengan ayun berbahan aluminium yang kokoh dan memiliki bobot yang ringan, memberikan pengendalian sepeda motor yang lebih stabil.

Handling, adalah salah satu faktor yang sangat diperhatikan Yamaha Indonesia. Suspensi depan R15 model up side down yang mampu menyajikan pengendalian yang lebih rigid dan stabil saat bermanuver di kecepatan tinggi. Melahap tikungan S kecil di Sentul bukan perkara sulit.

Tapi, biasanya ada konsekuensi dari penggunaan supensi jenis ini. Redaman yang lebih keras, umumnya memberikan performa tak maksimal saat bertemu jalan rusak. Sayang kami belum sempat menjajalnya lebih jauh, karena pengujiannya di lintasan tertutup.

Dari sektor mesin, kini terbenam 155cc LC4V VVA SOHC. Mesin berkapasitas mesin 155cc, 6 percepatan, 4 katup, dan dilengkapi Variable Valve Actuation yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin dan didukung dengan pendingin cairan yang membuat suhu mesin stabil dan performa tetap optimal.

Salah satu kelebihan mesin R15 adalah hadirnya teknologi VVA atau Variable Valve Actuation. Fitur yang memberikan dua level asupan udara berbeda ini bekerja berdasarkan tingkat putaran mesin, sehingga pasokan bahan bakar tetap optimal pada putaran tinggi dan tetap hemat di putaran rendah.

Ketika kami mencobanya, fitur ini membuat motor menjadi sangat fungsional. Saat berjalan dengan putaran mesin rendah, grafik peningkatan tenaga pun terasa cukup lambat. Hal ini bermanfaat untuk menjaga efisiensi saat Anda melaju di perkotaan dengan kondisi stop and go.

Namun, begitu membutuhkan tenaga maksimal, maka tinggal pelintir saja tuas gas ke putaran 7.000 rpm, katup langsung menyesuaikan dan ditunjukkan dengan munculnya aksara VVA di bawah tachometer. Tenaga pun melontar lebih banyak dan akselerasi terasa lebih cepat.

Serta ada fitur Assist & Slipper Clutch. Fungsi fitur Assist membuat kopling lebih ringan dan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Saat ini R15 dipasarkan seharga Rp 37.080.000 OTR Jakarta.

Sudah hadir dengan tampilan keren dan mesin bertenaga, bukan berarti R15 tak bisa dimodifikasi. Apalagi motor ini hadir sebagai motor full fairing yang sejatinya dapat digunakan untuk ajang trackdays. Saran kami modifikasi yang dilakukan lebih ke arah racing look, atau motor harian yang bergaya balap. Sehingga selain masih aman dipakai harian, juga bisa digunakan untuk trackdays atau sekadar sunday morning ride (sunmori).

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Yamaha R15

Planet Ban
TDR Technology Center

Yamaha R15 Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Yamaha R15

  • Apakah ada aksesoris resmi Yamaha untuk R15?

    Sebagai motor yang mudah dimodifikasi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing turut menawarkan aksesoris resmi dari Yamaha R15. Aksesoris yang ditawarkan bersifat plug and play, meski ada juga peranti pendongkrak tenaga seperti ECU dan knalpot aftermarket.

  • Apakah modifikasi mesin di R15 akan menggugurkan garansi?

    Untuk pemasangan ECU hingga knalpot racing, konsekuensinya memang mengugurkan garansi mesin dari Yamaha. Meski pemasangan dilakukan di bengkel resmi sekalipun.