Yamaha YZF R15
Yamaha YZF R15 Rp 37,55 Juta
Dp Rp 9,39 Juta Angsuran : Rp 856.757 x 36

Modifikasi Yamaha YZF R15

Yamaha R15

Trend motor-motor berfairing mulai hadir di Indonesia sejak era 2-tak di tahun 90-an. Sempat vakum lama, akhirnya motor jenis sport fairing kembali ramai di Indonesia. Salah satunya lewat produk Yamaha YZF-R15 yang dijual mulai April 2014.

Bocoran hadirnya produk ini cukup membuat heboh penggemar motor tanah air saat itu. Pasalnya, meski sudah dikenal di India, namun yang hadir di Indonesia, merupakan versi terbaru yang sedikit berbeda, khususnya pada sektor desain belakang dan velgnya. Tak lagi memakai desain yang persis V-Ixion seperti di India. Sedangkan dari bagian depannya tetap sama.

Secara keseluruhan, desain motor yang kerap disebut R15 saja ini menganut bahasa desain yang persis dengan moge Yamaha YZF-R6 versi 2006 yang menampilkan sudut bodi serba tajam. Kemiripan juga hadir dari dual split headlamp yang tajam serta jok penumpang model bertingkat.

Bukan hanya tampang yang jadi penarik perhatian. Urusan harga jual hingga inden online pun ikut membuat R15 menjadi incaran konsumennya. Yup, saat launching R15 hanya dibanderol Rp 28 juta, atau dibawah Rp 30 juta yang membuat pesanan membludak. Harganya jauh di bawah Honda CBR150R yang mencapai Rp 33 juta. Menariknya untuk membeli motor ini, konsumen harus inden secara online, cara membeli yang waktu itu belum jadi trend.
Ada fitur-fitur yang cukup mengejutkan hadir di motor ini,, dan membuat motor di kelas atasnya seolah ketinggalan zaman.

Di segi fitur kenyamanan. Layar panel instrumennya, kini sudah menggunakan panel LCD utuh dan tak ada lagi jarum analog yang menunjukkan putaran mesin seperti gen 1.

Tak kurang dari 20 informasi yang kami catat tersaji di panel seperti putaran mesin (RPM), kecepatan (KPJ), odometer (KM), tripmeter (KM) kecepatan rata-rata (KPH), konsumsi bahan bakar rata-rata (KPL), konsumsi bahan bakar instan (KPL), dan sebagainya.

Beberapa parameter memang agak tidak lazim karena Yamaha Indonesia mengadopsi fitur ini dari R6, yang lebih tinggi. Fitur ini bisa memberikan panduan kapan perpindahan gigi harus dilakukan lewat kedipan lampu yang pancarannya mudah terlihat. Pengguna bahkan bisa menyesuaikan di putaran berapa nyala lampu ini muncul agar sesuai dengan gaya berkendaranya.

Kembali ke R15. Motor tersebut dibekali mesin 150cc yang secara spek mirip dengan V-Ixion yang dijual sejak 2007 di Indonesia. Tipe mesinnya pendingin cair SOHC dengan Diasil silinder. Bedanya transmisi R15 sudah 6-percepatan sedangkan V-Ixion masih 5-speed. Mesin ini dilengkapi sistem injeksi yang tenaganya mencapai 17 hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak hingga 13,6 Nm pada 7.500 rpm.

Sukses di generasi pertama R15 hadir dengan model baru di awal 2017. Hampir seluruh sektor berganti. Hanya menyisakan sasis Deltabox saja yang bertahan. Sedangkan mesin hingga bodi dan kaki-kakinya berubah total. Dari sisi bodi memang masih mengadopsi DNA Yamaha R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam, bodi belakang runcing dan ramping, serta fairing aerodinamis yang kekar. Kemudian lampu depan dan belakang menggunakan teknologi LED yang memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama.

Selanjutnya di bagian kaki-kaki ubahan diwakili Upside Down Suspension di depan yang membuat handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara. Di belakang, ada lengan ayun berbahan aluminium yang kokoh dan memiliki bobot yang ringan, memberikan pengendalian sepeda motor yang lebih stabil.

Handling, adalah salah satu faktor yang sangat diperhatikan Yamaha Indonesia. Suspensi depan R15 model up side down yang mampu menyajikan pengendalian yang lebih rigid dan stabil saat bermanuver di kecepatan tinggi. Melahap tikungan S kecil di Sentul bukan perkara sulit.

Tapi, biasanya ada konsekuensi dari penggunaan supensi jenis ini. Redaman yang lebih keras, umumnya memberikan performa tak maksimal saat bertemu jalan rusak. Sayang kami belum sempat menjajalnya lebih jauh, karena pengujiannya di lintasan tertutup.

Dari sektor mesin, kini terbenam 155cc LC4V VVA SOHC. Mesin berkapasitas mesin 155cc, 6 percepatan, 4 katup, dan dilengkapi Variable Valve Actuation yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin dan didukung dengan pendingin cairan yang membuat suhu mesin stabil dan performa tetap optimal.

Salah satu kelebihan mesin R15 adalah hadirnya teknologi VVA atau Variable Valve Actuation. Fitur yang memberikan dua level asupan udara berbeda ini bekerja berdasarkan tingkat putaran mesin, sehingga pasokan bahan bakar tetap optimal pada putaran tinggi dan tetap hemat di putaran rendah.

Ketika kami mencobanya, fitur ini membuat motor menjadi sangat fungsional. Saat berjalan dengan putaran mesin rendah, grafik peningkatan tenaga pun terasa cukup lambat. Hal ini bermanfaat untuk menjaga efisiensi saat Anda melaju di perkotaan dengan kondisi stop and go.

Namun, begitu membutuhkan tenaga maksimal, maka tinggal pelintir saja tuas gas ke putaran 7.000 rpm, katup langsung menyesuaikan dan ditunjukkan dengan munculnya aksara VVA di bawah tachometer. Tenaga pun melontar lebih banyak dan akselerasi terasa lebih cepat.

Serta ada fitur Assist & Slipper Clutch. Fungsi fitur Assist membuat kopling lebih ringan dan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Saat ini R15 dipasarkan seharga Rp 37.080.000 OTR Jakarta.

Sudah hadir dengan tampilan keren dan mesin bertenaga, bukan berarti R15 tak bisa dimodifikasi. Apalagi motor ini hadir sebagai motor full fairing yang sejatinya dapat digunakan untuk ajang trackdays. Saran kami modifikasi yang dilakukan lebih ke arah racing look, atau motor harian yang bergaya balap. Sehingga selain masih aman dipakai harian, juga bisa digunakan untuk trackdays atau sekadar sunday morning ride (sunmori).

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Populer Modifikasi Yamaha YZF R15

Modifikasi yang jamak dilakukan oleh pengguna R15 adalah dengan meningkatkan performanya serta juga menghadirkan tampilan yang makin sporty dan berbeda dari R15 lainnya. Untuk itu, sederet ubahan perlu dilakukan khususnya pada bagian mesin dan kaki-kaki.

 

Pada bagian mesin, penggunaan knalpot aftermarket menjadi cara paling instan dalam mendongkrak performa dan tampilan R15. Beragam merek dan tipe mengisi pasar. Termasuk yang dimasukan secara resmi oleh Yamaha melalui jaringan bengkel resmi mereka sebagai genuine accessories.

 

Jika belum puas dengan penggantian peranti knalpot, komponen selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengganti ECU dan busi. Sama seperti knalpot, terdapat beberapa merek ECU stand alone yang bisa digunakan oleh R15 secara plug and play dengan setelan performa yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sedangkan busi, meski terlihat remeh namun cukup punya pengaruh dalam mendongkrak performa motor.

 

Kelar urusan mesin, giliran kenyamanan berkendara yang diupgrade. Standarnya dengan mengganti ban dengan versi kompon lunak, atau semi racing. Langkah selanjutnya bisa dikembangkan dengan ubahan suspensi hingga sistem pengeremannya.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Ecu Yamaha R15
Ecu Tuning

Peningkatan performa juga bisa dilakukan dengan mengganti ECU. Meski diciptakan khusus untuk R15, namun sederet fitur settingannya bisa dimaksimalkan. Seperti meningkatkan debit bahan bakar, lalu penyetelan AFR (air to fuel) ratio. Alhasil, kemampuan motor akan makin optimal. Oleh Yamaha, tersedia genuine accessories berupa ECU Daytona yang asyiknya bisa di setting melalui aplikasi Daytona Power Pack. ECU tersebut dilengkapi dengan tiga mode settingan, mulai EZ untuk quick tuning bagi pemula. Lalu mode Sport untuk fine tuning harian yang lebih advance dan Racing mode untuk balap atau trackdays. Harga jualnya Rp 1,5 juta. Selanjutnya ada brand BRT yang dilepas lebih ekonomis namun sudah plug and play pada varian terbaru yang bermesin 155 cc VVA. Harga jual pada ECU BRT Juken 5 sekitar Rp 1 jutaan. Selain itu ada brand ARacer yang memiliki dua tipe ECU, yakni aRacer RC Mini 5 yang dijual Rp 2,9 jutaan serta Rp 6 jutaan untuk Super 2. Secara fungsi sama seperti ECU lainnya, namun perbedaan ada di pilihan settingan yang lebih banyak dan detail pada varian Super 2.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Pengapian dan Pasokan Udara

Meski terkesan remeh, namun busi ternyata berperan juga untuk meningkatkan performa motor dengan menghasilkan api yang stabil pada ruang bakar. Untuk itu, meski sudah mengganti sederet komponen, namun performa motor akan lebih optimal jika sudah mengganti busi. Khususnya dengan tipe busi yang diperuntukan untuk motor-motor yang sudah dimodifikasi mesinnya. Diantaranya NGK iridium yang menjaga agar suhu mesin lebih stabil. Ini karena busi tersebut memiliki elemen logam yang keras, anti korosi dan tahan panas. Selain itu, bahan elektroda meterial yang memiliki titik didih yang cukup tinggi berkisar antara 2500 derajat celcius. Harga jualnya sekitar Rp 90 ribuan. Ada juga produk baru, NGK MotoDX yang dibanderol berkisar Rp 200-300 ribuan. Busi ini dengan fokus peningkatan durabilitas busi dan performa mesin motor. NGK MotoDX mampu membersihkan diri dari penumpukan karbon dengan cara pengaplikasian desain ruang Thermo Edge yang lebih lebar. Hasilnya akselerasi lebih baik. Dari merek Brisk, ada varian Brisk X-Line yang dibuat dari bahan dasar perak. Hal ini membuat api cukup dihasilkan dari daya listrik yang kecil. Selain itu, busi ini memiliki daya tahan hingga 30.000 km. Harga jualnya Rp 220 ribu.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Subtitusi Ban

Bicara performa, tak lengkap rasanya jika hanya urusan mesin. Kenyamanan berkendara harian juga patut diperhatikan. Salah satu yang dapat diupgrade untuk meningkatkan rasa percaya diri saat berkendara adalah ban. Patut diketahui, generasi pertama R15 yang hadir di Indonesia sejak 2014 dibekali ban 90/80-17 di depan dan 130/70-17 untuk belakang. Sedangkan versi terbaru yang lahir 2017 memiliki ukuran lebar yaitu di depan 100/80-17 dan belakang 140/70-17. Banyak tipe ban yang ditawarkan untuk R15. Mulai dari brand IRC, Pirelli hingga Michelin. Produk paling baru adalah ban IRC tipe RX-02 yang dirilis April 2021. Ban ini memiliki kompon dengan pola linier yang memberi performa pengereman maksimal saat jalan basah maupun kering. Harga jualnya mulai Rp 300-550 ribuan. Selain itu, ada juga merek asal Perancis, Michelin yang kerap dipakai penggemar trackdays atau sunmori. Tipenya Michelin Pilot Street, untuk R15 harga jual ban tersebut dimulai Rp 450-600 ribuan. Sedangkan ban merek Pirelli menawarkan paket penjualan berupa sepasang ban Diablo Rosso Sport seharga Rp 1,3 juta. Atau varian lain seperti Pirelli Angel City yang dibanderol Rp 550-600 ribuan perbuah.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Aksesoris Yamaha YZF R15

2019 Yamaha YZF-R15

Menyasar tampilan racing, aksesoris yang dapat dipilih pada R15 tentu juga masih berhubungan dengan dunia balap. Misalnya pergantian knalpot sebagai penunjang performa mesin agar pembuangan gas buang makin optimal. Lewat pergantian knalpot sendiri saja, performa motor bisa langsung terdongkrak, tanpa ubahan yang rumot. Apalagi saat ini banyak tersedia R15 bersifat plug and play yang bisa langsung dipasang tanpa mengubah bagian mesin dan sasis. Selain itu, pemasangan suspensi aftermarket juga bisa dilakukan untuk menunjang kenyamanan berkendara, baik harian atau untuk trackdays. Cukup menyesuaikan settingan, bantingan motor bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Knalpot Racing

Sektor yang kerap diganti pengguna R15 untuk mengubah tampilan dan performanya adalah knalpot. Maraknya permintaan ini juga yang direspon oleh banyak produsen knalpot aftermarket yang menawarkan produk mereka untuk R15. Bahkan dealer resmi Yamaha juga mengakomodasi dengan menghadirkan sederet knalpot aftermarket yang dapat dipasang untuk R15. Seperti Sakura, Daytona hingga Akrapovic. Selain itu, merek-merek seperti Pro Liner dan WRX juga tersedia di gerai modifikasi motor. Urusan harga bervariasi, tergantung merek dan tipenya. Seperti knalpot lokal merek Sakura, Daytona, Pro Liner hingga WRX yang ditawarkan dengan rentang harga harga Rp 1-2,5 jutaan. Knalpot tersebut bersifat full system yang dilengkapi pipa dan pemasangannya plug and play. Sedangkan merek asal Slovenia, Akrapovic yang kondang di arena balap dunia hanya dijual silencer saja atau slip on dengan harga sekitar Rp 4 jutaan. Yang patut diperhatikan, saat ini kepolisian tengah gencar melakukan razia knalpot dengan suara besar. Untuk itu, pilih knalpot yang sudah dilengkapi dengan DB killer untuk meredam suaranya. Sehingga meski suaranya tak terlalu bising, namun performa yang didapat tetap lebih baik.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Suspensi R15
Suspensi Yamaha R15

Dalam kondisi standar suspensi R15 terbilang nyaman dan stabil untuk harian. Tapi kebutuhannya tentu berbeda jika digunakan trackdays yang membutuhkan kestabilan lebih baik saat berbelok di kecepatan tinggi. Hal ini yang coba diakomodasi oleh merek-merek suspensi aftermarket. Kelebihan yang ditawarkan diantaranya settingan kekerasan yang dapat disesuaikan untuk kondisi trek, bobot pengendara atau kebutuhan perjalanan jauh. Seperti yang ditawarkan merek-merek YSS, Ohlins dan KYB. Untuk merek YSS dan Ohlins dilengkapi tabung untuk udaranya, harganya pun lebih tinggi. Di mana sokbreker YSS G Series dibanderol Rp 2 jutaan. Sedangkan Ohlins mencapai Rp 7,5 juta. Mau lebih murah, pilih sokbreker KYB Zeto, meski tak dilengkapi tabung tapi sudah ada setelan keempukan pernya. Harganya cukup Rp 500 ribuan saja.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Modifikasi Yamaha R15
Part Orisinil

Untuk menunjang kebutuhan konsumen setia, mereka menawarkan beragam aksesori pendukung mulai dari engine slider, double bubble screen, seat cowl belakang dan lainnya. Harga yang ditawarkan adalah sebagai berikut. Double Bubble Screen: Rp. 400.000. Fuel Cap: Rp. 100.000. RR Seat Cowl: Rp. 585.000. Lever Guard: Rp. 335.000. Tank Pad: Rp. 270.000. Engine Slider: Rp. 440.000.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Seller Aksesoris Modifikasi Yamaha YZF R15

Artikel Modifikasi Yamaha YZF R15

Berita Motor YZF R15

Bandingkan Varian Yamaha YZF R15

  • Semua
  • Bensin
  • YZF R15 Standard
    Rp 37,55 Juta
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • Indikator Standar Samping
    • Dimmer Switch
    • Indikator Lampu
    • Adjustable Headlights
    • Side Wings
    • Layar Display
    Lihat Lainnya Lihat Promo
  • YZF R15 Standard
    Rp 37,55 Juta
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • Indikator Standar Samping
    • Dimmer Switch
    • Indikator Lampu
    • Adjustable Headlights
    • Side Wings
    • Layar Display
    Lihat Lainnya Lihat Promo

Video Yamaha YZF R15

Lihat video terbaru Yamaha YZF R15 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

  • Yamaha All New R15 vs Honda All New CBR150R 2022 | OTO Rival
    Yamaha All New R15 vs Honda All New CBR150R 2022 | OTO Rival
    19 Jan, 2022 .
  • Review Motor Balap R15 di Yamaha Endurance Festival 2021
    Review Motor Balap R15 di Yamaha Endurance Festival 2021
    06 Jan, 2022 .
  • All New Yamaha R15 & R15M 2021 | Circuit First Ride | Mudah Dikendalikan!
    All New Yamaha R15 & R15M 2021 | Circuit First Ride | Mudah Dikendalikan!
    23 Dec, 2021 .
  • All New Yamaha R15M Connected ABS | Varian Termahal, Lebih Lengkap Dari CBR150R & GSX-R150
    All New Yamaha R15M Connected ABS | Varian Termahal, Lebih Lengkap Dari CBR150R & GSX-R150
    06 Dec, 2021 .
  • All New Yamaha R15 Connected | Naik Cuma Rp 1 Jutaan, Makin Ganteng & Canggih! | First Impression
    All New Yamaha R15 Connected | Naik Cuma Rp 1 Jutaan, Makin Ganteng & Canggih! | First Impression
    06 Dec, 2021 .
  • Yamaha R15 V4 & R15M Meluncur di Indonesia Tahun ini? | OTO Upcoming
    Yamaha R15 V4 & R15M Meluncur di Indonesia Tahun ini? | OTO Upcoming
    12 Oct, 2021 .
  • Yamaha R15 | Bike Review | Irit Tapi Pegal | OTO.com
    Yamaha R15 | Bike Review | Irit Tapi Pegal | OTO.com
    16 Apr, 2018 .
  • Peluncuran Yamaha All New R15 Bersama Maverick Vinales & First Impression
    Peluncuran Yamaha All New R15 Bersama Maverick Vinales & First Impression
    25 Jan, 2017 .
Video YZF R15

Bandingkan Yamaha YZF R15 Dengan Motor Sejenis

Honda CBR150R
Honda CBR150R
Rp 36,74 - 41,73 Juta
Spesifikasi CBR150R
Suzuki GSX R150
Yamaha YZF R25
Yamaha YZF R25
Rp 62,76 - 70,06 Juta
Spesifikasi YZF R25
Yamaha Vixion R
Kawasaki Ninja 250
Jumlah silinder 1
1
2
1
2
Kapasitas 149.16
147.3
250
155.1
249
Tenaga Maksimal 16.8
18.9
35.5
19
38.46
Torsi Maksimal 14.4 Nm
14 Nm
23.6 Nm
14.7 Nm
23.5 Nm
Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, 4 Valve, DOHC, Liquid Cooled Engine
4-Stroke, Liquid Cooled, DOHC
Inline 2 Cylinder, 4-Stroke, 4-Valve, Liquid-Cooled DOHC
4-Stroke, SOHC Engine
Parallel Twin Cylinder, 8 Valves, 4-Stroke, Liquid Cooled Engine

Ceritakan tentang desain, kenyamanan, dan fitur keselamatan kendaraan Anda. Bantu teman Anda membuat keputusan yang tepat.

S&K* Tulis Review

Modifikasi Motor

Modifikasi Motor

Pertanyaan & Jawaban Yamaha YZF R15 (FAQ)

Apakah ada aksesoris resmi Yamaha untuk R15?

Sebagai motor yang mudah dimodifikasi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing turut menawarkan aksesoris resmi dari Yamaha R15. Aksesoris yang ditawarkan bersifat plug and play, meski ada juga peranti pendongkrak tenaga seperti ECU dan knalpot aftermarket.

Apakah modifikasi mesin di R15 akan menggugurkan garansi?

Untuk pemasangan ECU hingga knalpot racing, konsekuensinya memang mengugurkan garansi mesin dari Yamaha. Meski pemasangan dilakukan di bengkel resmi sekalipun.
Dapatkan pinjaman dana untuk Motor Angsuran mulai dari Rp 856.757 /bulan Dapatkan Pinjaman
Dapatkan penawaran eksklusif di YZF R15 OTR mulai dari Rp 37,55 Juta Lihat Promo