Jadi Motor Sport Entry Level Paling Canggih, Ini Lima Keunggulan Utama All New Yamaha R15M

Jadi Motor Sport Entry Level Paling Canggih, Ini Lima Keunggulan Utama All New Yamaha R15M

Yamaha Indonesia resmi merilis dua tipe R15 terbaru pada Desember tahun lalu, yaitu All New R15 Connected dan Yamaha R15M Connected-ABS. Masing-masing dijual Rp39,2 juta dan Rp43,8 juta OTR DKI Jakarta. Model anyar ini mampu mencuri perhatian penggila kuda besi full fairing. Bahkan buat varian termahal menyandang predikat motor sport entry level paling canggih. Bagi Anda yang tertarik untuk memboyongnya, simak dulu lima keunggulan utama yang dimilikinya.

KEY TAKEAWAYS

  • Khusus trim termahal mendapat lebih banyak fitur dan komponen layaknya moge (motor gede)

    ia menjadi pionir yang memakai TCS (Traction Control System)
  • Desain Agresif

    Yamaha R15M

    Untuk menarik perhatian penggemar motor sport Tanah Air, pabrikan Garpu Tala membungkusnya dengan desain agresif dan mendapat banyak pembaruan fitur canggih. Buat R15M yang didapuk sebagai versi tertinggi punya kelengkapan lebih komplet. Generasi anyar ini merupakan perwujudan dari racing DNA dalam bentuk “The True Supersport 155cc Engine”. Garis desainnya mirip Yamaha YZF-R7, YZF-R1 dan YZR-R1M. Alhasil dirinya mampu menciptakan tampilan supersport sejati yang aerodinamis dengan big bike look.

    Bagian depan atau fascia berubah total. Kini mengusung desain M-Shape intake duct yang dilengkapi LED proyektor. Serta dilengkapi dengan twin eyes DRL (Daytime Running Light) yang menyatu dengan cowling sebagai wajah generasi terbaru R Series. Desain agresif ini bukan sekadar kosmetika namun punya fungsi soal aerodinamika juga.

    Desain fairingnya kini lebih atraktif. Lubang di bodi samping itu juga punya fungsi menekan angin (downforce) yang membuat motor lebih stabil ketika di kecepatan tinggi. Hasil percobaan dengan CDA (Coefficient of Aerodynamic) Analysis yang dilakukan pabrikan, tercatat berkurang dari 0.307 menjadi 0.293. Memberikan keuntungan untuk mencapai top speed dengan lebih cepat.

    Rancang Bangun Kokoh

    Yamaha R15M

    Pabrikan tetap bertahan dengan penggunaan rangka deltabox. Kontruksi ini terbuat dari bahan alumunium yang ringan dan kuat. Ia bersifat kaku dan memiliki fungsi untuk mendukung tingkat stabilitas berkendara. Distribusi bobot dari sasis model ini diklaim 50:50 antara depan dan belakang.

    Detail dimensinya panjang 1.990 mm, lebar 725 mm, dan tinggi 1.135 mm. Untuk set jarak sumbu roda adalah 1.325 mm, ground clearance 170 mm, dan tinggi jok mencapai 815 mm. Angka itu dinilai cukup sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Sehingga mudah dikendarai tanpa perlu jinjit. Sedang berat total untuk varian M adalah 140 kilogram. Sementara kapasitas tangkinya bisa menampung bahan bakar hingga 11 Liter.

    Mesin Berperforma Tinggi

    Yamaha R15 2017 mesin

     

    Ia menggendong mesin berkapasitas 155cc satu silinder SOHC, 4-stroke, 4 Valve, liquid-cooled dan berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Berkat teknologi andalannya itu, torsinya merata di setiap putaran mesin. Jantung pacunya mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 19,3 Hp di 10.000 rpm dan torsi mencapai 14,7 Nm di putaran 8500rpm. Dayanya disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan.

    Bagian jeroan juga tak luput dari teknologi canggih. Disematkan Forged Piston dan Diasil (die aluminium silicon) Cylinder. Inovasi ini diklaim lebih kuat, ringan dan durability yang baik. Karena menggunakan piston yang dibuat dengan sistem tempa, dan diasil dari material alumunium dengan silikon untuk ruang pembakaran.

    Ragam Fitur Canggih

    Yamaha R15M

    Khusus trim termahal mendapat lebih banyak fitur dan komponen layaknya moge (motor gede). Ada Traction Control System. Buat kelas motor sport 150-155cc di Indonesia, boleh dibilang ia menjadi pionir yang memakai TCS (Traction Control System). Fungsinya mengurangi kemungkinan terjadi spin roda belakang ketika melintasi jalan yang licin atau berbatu.

    Kemudian Assist & Slipper Clutch. Dengan adanya assist pada kopling, handel jadi lebih ringan, sehingga tangan tidak mudah lelah ketika di kemacetan. Keuntungan lainnya bisa dirasakan ketika engine brake. Roda belakang tidak mudah skid atau mengunci. Kemudian dengan adanya slipper clutch, maka efek tadi tereduksi seakan kita menarik kopling. Efeknya tentu saja laju motor lebih mudah dikontrol. Fitur ini juga biasa ditemui di mesin-mesin besar, namun sekarang sudah ada motor sport entry level. Komponen ini juga sudah ada dari model sebelumnya.

    Lalu Quick Shifter Up. Umumnya fitur ini tersedia di motor sport full fairing 250cc ke atas. Tapi sekarang telah dibenamkan ke YZF-R15M. Teknologi ini tentu saja dapat membantu pengendara memindahkan transmisi tanpa harus menarik tuas kopling. Tetapi, fitur Quick Shifter di motor ini hanya untuk menaikkan gigi atau up-shift saja. Untuk menurunkan gigi pengendara masih harus menekan tuas kopling.

    Yamaha R15M

    Buat keamanan diberikan Dual ABS Channel. Teknologi Anti-lock Braking System (ABS) saluran ganda melengkapi fitur yang lazim ditemui di moge. Tentu saja pengereman bersensor ini dapat diandalkan dalam hal keamanan dan kenyamanan.

    Lebih lanjut ada Big Bike Engine Switch Off. Tombol starter menyatu dengan engine cut off. Tinggal tekan bagian paling bawah. Benar-benar memberikan kesan moge look yang kental. Kemudian Triple Clamp & Blue Fork Caps yang terisnpirasi dari YZR-M1. Komponen ini untuk memberi keseimbangan antara kekakuan dan kekuatan secara optimal. Bagian atas atau fork caps diberikan warna biru, lengkap dengan logo R15M.

    Mengingat harganya yang sudah menembus Rp40 jutaan, pabrikan memberi komponen layaknya sebuah motor sport full fairing berkapasitas besar. Ya, terdapat special seat atau jok yang dilapisi dengan kulit bermotif carbon look. Ada pula 3D Emblem Logo, buat mempertegas ciri khas dari R series. Terdapat di ujung cover tangki bahan bakar. Wujudnya mirip dengan R1M.

    Yamaha R15M

    Dirinya mengusung panel instrumen bergaya racy dan luxury. Lagi-lagi mirip kepunyaan R1M. Sudah full digital dan memberikan informasi lengkap terkait speedometer. Menariknya ia memiliki dua tampilan yang dapat dipilih, yaitu Street mode dan Track mode. Penyetelan bisa dilakukan dengan menekan tombol yang berada di konsol stang kanan. Tepatnya di bawah tombol hazard.

    Yamaha Indonesia lagi-lagi menjadi pionir dalam hal teknologi konektivitas. Seperti yang telah dilakukan pada All New NMax, kini fitur Y-Connect juga dapat dinikmati oleh pengguna motor sport full fairing dikelas 150-155cc.

    Berkat Fitur Y-Connect, pengendara bisa mengetahui kondisi motor dari smartphone yang sebelumnya sudah tersambung dengan aplikasi via buletooth. Informasi yagn didapat antara lain; notifikasi telepon dan pesan masuk di dasbor motor, informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan Revs Dashboard.

    Selain itu, aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur Rank yang menghibur bagi konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya. Mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna sistem Communication Control Unit / CCU (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding.

    Kaki-kaki

    Yamaha R15M

    Ia termasuk motor sport 150cc paling komplet. Selain mesin dan fiturnya, di bagian ini pun dirinya lebih unggul dibanding kompetitor. Suspensi depan sudah upside down dan diameternya cukup besar yaitu 37 mm. Penggunaan peranti ini selain menghindari bunyi ‘jedug’ atau bottoming, juga membuat redaman terhadap getaran jadi lebih baik.

    Belakangnya pakai swing arm alumunium model banana. Lengan ayun ini dikombinaksikan dengan monoshock sistem link. Efek getaran dari jalan tak rata bisa teredam maksimal. Kedua part ini membuatnya kental aura moge. Selain itu, dampak langsung yang bisa dirasakan yakni manuver lebih presisi terutama di kecepatan tinggi

    Apalagi didukung dengan ban lebar, membuat area kontak dengan aspal makin luas, jadi handling lebih stabil. Depan pakai 100/80-17 dan belakang 140/70-17. Kulit bundar itu dipasang pada pelek dengan tapak 2.50 di depan, dan 4.00 belakang.

    Untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju, dipasangkan rem cakram depan maupun belakang. Depannya pakai Wide Front Disc Brake berdiameter 282 mm dengan kaliper 2 piston, dan belakang 220 mm yang dijepit 1 kaliper piston. (BGX/RS)

    Baca juga: First Ride Yamaha R25 2018: Ini Hasil Pengujian Kami di Sirkuit Sentul!

    Model Motor Yamaha

    • Yamaha Fazzio
      Yamaha Fazzio
    • Yamaha Nmax
      Yamaha Nmax
    • Yamaha MX King
      Yamaha MX King
    • Yamaha TMAX DX
      Yamaha TMAX DX
    • Yamaha XSR 155
      Yamaha XSR 155
    • Yamaha YZF R15
      Yamaha YZF R15
    • Yamaha Aerox Connected ABS
      Yamaha Aerox Connected ABS
    • Yamaha Lexi
      Yamaha Lexi
    • Yamaha WR155 R
      Yamaha WR155 R
    • Yamaha Mio M3 125
      Yamaha Mio M3 125
    • Yamaha XMax
      Yamaha XMax
    • Yamaha E01
      Yamaha E01
    • Yamaha FreeGo
      Yamaha FreeGo
    • Yamaha YZF R25
      Yamaha YZF R25
    • Yamaha Vixion
      Yamaha Vixion
    • Yamaha Fino 125
      Yamaha Fino 125
    • Yamaha Aerox 155VVA
      Yamaha Aerox 155VVA
    • Yamaha Gear 125
      Yamaha Gear 125
    • Yamaha Nmax Connected
      Yamaha Nmax Connected
    • Yamaha R15 Connected
      Yamaha R15 Connected
    • Yamaha XRide 125
      Yamaha XRide 125
    • Yamaha Aerox Connected
      Yamaha Aerox Connected
    • Yamaha YZ125X
      Yamaha YZ125X
    • Yamaha YZ250
      Yamaha YZ250
    • Yamaha Vixion R
      Yamaha Vixion R
    • Yamaha Jupiter Z1
      Yamaha Jupiter Z1
    • Yamaha Vega Force
      Yamaha Vega Force
    • Yamaha MT-25
      Yamaha MT-25
    • Yamaha Mio S
      Yamaha Mio S
    • Yamaha MT07
      Yamaha MT07
    • Yamaha MT-09
      Yamaha MT-09
    • Yamaha MT-15
      Yamaha MT-15
    Motor Yamaha

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Yamaha YZF R15 Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor Yamaha YZF R15

    Tren Sport

    • Yang Akan Datang