• Wishlist

Sprocket Cam Berpotensi Rusak, Honda Recall PCX 150

Sprocket Cam Berpotensi Rusak, Honda Recall PCX 150

Jika Honda PCX 150 Anda sempat mengalami mati mesin, boleh jadi ada yang salah pada komponen mekanikal. PT Astra Honda Motor (AHM), mengumumkan ke beberapa konsumen untuk melakukan diagnosa di bengkel resmi. Tertera dalam surat panggilan, gigi sentrik atau sprocket cam Honda PCX berpotensi rusak.


Keluhan semacam ini pun kami temukan di beberapa forum. Bahkan seseorang menggagas petisi pada platform digital, untuk menuntut beberapa aspek kekurangan Honda PCX. Salah satunya, tentang mesin mati mendadak. Tak disebutkan motor produksi tahun berapa yang bermasalah. Namun yang pasti, unit buatan lokal. Bukan yang CBU generasi awal.


Sayang, pihak AHM belum bisa memberi konfirmasi hingga berita dinaikkan. Namun melansir dari Liputan6, Rina Listiani, Corporate Communication AHM sempat buka suara. “Undangan kami ke konsumen, untuk diperiksa dulu motornya. Lalu kami analisa lagi seperti apa. Kalau sudah, baru dilihat hasilnya untuk melakukan tindakan. Jika memang mengalami kerusakan, pekerjaan ini selesai dalam satu hari,” katanya.


Honda PCX Recall


Dalam surat memang terpapar jelas, proses pengerjaan hanya memakan waktu dua jam. Pun tidak dipungut biaya tambahan. Namun, semua bakal dianalisa lagi lebih jauh. Karena kemungkinan, tak ditemukan kerusakan sama sekali. Sementara kalau ada, lama penanganan bakal disesuaikan dengan masalah yang ditemukan lebih lanjut. Tergantung kondisi unit masing-masing.


Menyoal jumlah Honda PCX kena recall, tak ada angka pasti. Namun ia menegaskan tidak terlalu banyak, bahkan cenderung sedikit. Undangan itu pun disebar langsung secara personal ke masing-masing pemilik. Jika sudah menerima panggilan itu, ada baiknya langsung membawa unit ke bengkel yang ditunjuk. Ditakutkan semakin menjalar ke komponen lain.


Cacat pada sprocket cam bisa berakibat fatal. Karena secara fungsi, roda gigi itu tersambung rantai untuk memutar cam. Sementara bagian ini juga bertanggung jawab atas gerak klep di silinder. Nah, jika ada yang tak sesuai, seiring berjalan waktu, rangkaian komponen tadi malah rusak. Gejala awal pun bisa terasa dari mesin yang tiba-tiba mati.


Saran kami, andai kata surat belum datang, tapi gejala sudah terasa, segeralah datang ke AHASS untuk melakukan pengecekan menyeluruh. Kejelasan informasi soal penggantian komponen jika memang rusak, biasanya terakomodasi lebih baik saat datang langsung. Terakhir, kalau Anda ingin melakukan penggantian sendiri, sila konsultasikan dulu dengan mekanik. Harga Sprocket cam Honda PCX sendiri sekitar Rp 30 ribuan.(Hlm/Ano)


Sumber: Liputan6


Baca juga: Ini Modifikasi Honda PCX Anti-Mainstream