jakarta-selatan
kali dibagikan

Skutik Murah Meriah, Pilih Suzuki Nex II atau Honda Beat?

  • 24 Mei, 2018
  • 4410 Kali Dilihat

Honda Beat dan Suzuki Nex II, sama-sama berada di kelas skutik pemula 110 cc. Kemiripan keduanya tampak dari berbagai aspek. Mulai dari bentuk mungil, irit, sampai dengan harga di bawah Rp 16 jutaan.



Lalu di antara Nex II dan Beat, motor mana yang paling pas untuk dibeli? Cek informasi berikut:


1. Desain


Beat punya spesialisasi tema sportif khas anak muda yang kental. Tampak dari penggunaan cat warna-warni mengilap, bodi dibalut grafis berdesain tajam layaknya anak panah. Pilihan warnanya ada delapan: fusion magenta black, electro blue white, soul red white, techno blue white, garage black, funk red white, hard rock black dan dance white.


Dari sisi dimensi, motor berlambang sayap punya panjang 1.856 mm, lebar 666 mm dan tinggi 1.068 mm. Ground clearance 146 mm serta bobot total 92-93 Kg tergantung varian. Nex II lebih besar dibanding Beat. Dimensi panjangnya 1.890 mm, lebar 675 mm dan tinggi 1.045. Skutik pabrikan S ini juga punya keunggulan ground clearance lebih tinggi, mencapai 150 mm. Bobotnya mirip dengan Beat, cuma 93 Kg.



[caption id="attachment_11055" align="alignnone" width="852"]Suzuki Nex II Suzuki Nex II[/caption] [caption id="attachment_9802" align="alignnone" width="852"]warna baru beat Honda Beat 2018[/caption]

Kelebihan lain dari Nex II, tampilannya unik dengan desain lampu agak tersembunyi. Ada pula opsi warna bodi elegan untuk varian Elegant dan Elegant Premium. Cirinya, tidak memiliki grafis di tubuh. Kelir yang dipakai membalut tubuhnya berjenis matte atau tidak mengilap: mat stellar blue dan solid black. Bagi yang suka sosok sportif ada varian sporty runner, fancy dynamic dan standar. Sayang pilihan warnanya cuma tiga: stronger red titan back dan brilliant white.


2. Fitur


Beat unggul lewat fitur penghemat bahan bakar. Di panel instrumennya ada eco indicator. Khusus varian tertinggi ada idling stop system (ISS), mengirit bensin dengan cara menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Fitur lain, combi brake system (CBS) berguna mengintegrasikan rem depan dan belakang agar bekerja optimal.


Kesamaan fitur Beat dan Nex II tampak dari penggunaan ban tubeless dan kunci bermagnet. Karet bundar tubeless lebih praktis saat perlu diganti, karena tidak memiliki ban dalam. Semetara kunci bermagnet untuk keamanan lebih dari ancaman maling.


Skutik Suzuki memang tidak punya ISS dan CBS, tapi dibekali lampu depan LED dan USB charger khusus varian sporty runner, fancy dynamic dan elegant premium. LED berfungsi meningkatkan visibilitas berkendara terutama di malam hari. USB charger bisa dimanfaatkan mengisi ulang daya smartphone ketika berkendara. Kedua fitur ini belum dimiliki Beat.


3. Mesin


Kapasitas murni mesin Beat cuma 108,2 cc. Meski begitu, performa di atas kertas tidak bisa dibilang jelek. Jantung mekanisnya sanggup memuntahkan torsi 9,01 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 8,68 PS pada 7.500 rpm. Soal irit, skutik ini diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 59 Kpl dengan pengujian internal metode ECE R40 dan fitur ISS diaktifkan.


Nex II yang punya kapasitas murni lebih besar, 113 cc. Ternyata tidak otomatis performanya lebih baik dari Beat. Torsinya kalah, cuma 8,5 Nm pada 6.000 rpm. Keunggulan ada di tenaga yang keluar, sampai 9,1 PS pada 8.000 rpm. Soal irit, klaimnya 49 Kpl dengan pengujian internal metode WMTC. Kekurangan skutik ini kapasitas tangki bensinnya kecil, 3,6 Liter. Beat lebih baik karena bisa menampung 4 Liter.


4. Harga dan Simpulan


Simpulannya, Nex II cocok untuk yang ingin tampil beda, terutama karena lampu depannya agak ke dalam. Opsi warnanya lebih luas dengan pilihan tema: elegan dan sportif. Fitur USB charger untuk memenuhi kebutuhan masyarakat gadget masa kini. Harga Suzuki Nex II standar dan elegant dijual Rp 13,95 juta (OTR Jakarta). Varian elegant premium Rp 14,4 juta (OTR Jakarta). Sementara Fancy Dynamic dan Sporty Runner Rp 14,65 juta (OTR Jakarta).


Beat pas untuk Anda yang mencari motor berpenampilan sportif. Keunggulan lain, konsumsi bahan bakar irit karena adanya fitur eco indicator dan ISS. Harganya lebih mahal dari Nex II, mulai dari Rp 15,45 juta (OTR Jakarta) tanpa CBS dan ISS. Varian dengan CBS Rp 15,65 juta (OTR Jakarta), serta untuk yang dibekali CBS ISS Rp 16,15 juta (OTR Jakarta). (Lod/Van)


Baca Juga: Beda Varian Suzuki Nex II

Harga dan Promo Varian NEX II

  • Standard | Rp 14 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 4 Juta
    Angsuran Rp 464.000
    Tenor 33 Months
    Lihat Promo

Video Suzuki NEX II

Lihat video terbaru Suzuki NEX II untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Suzuki Pilihan

  • Populer
  • Komparasi