Test Ride Suzuki Nex II: Tipe Standar Tanpa Keunikan (Part-1)

Test Ride Suzuki Nex II: Tipe Standar Tanpa Keunikan (Part-1)

Segmen skuter matik bermesin kecil, masih jadi pilihan utama konsumen. Harganya yang murah dan konsumsi bensin irit, menjadi alasan utamanya. Terbukti Honda Beat sukses merajai sepeda motor terlaris di Indonesia. Tahun ini Beat terjual lebih dari 420 ribu unit sepanjang Januari-Maret.

Bukan angka sembarangan, mengingat pesaing terdekatnya, Scoopy, hanya terjual 198 ribuan unit. Belum lama ini, Suzuki ingin menggoyahkan kemapanan Beat dengan mendatangkan generasi kedua Nex. Motor ini digadang memiliki sejumlah fitur unik yang tak dimiliki kompetitornya. Dijual mulai harga Rp 13,9 juta, Suzuki Nex II bertabur fitur, seperti smartphone charger, lampu depan LED juga LED lamp line berupa lampu LED di sisi bodi.

Nex II dijual dalam lima varian. Mulai dari standar, elegant, elegant premium, sporty runner dan fancy dynamic. Diferensiasi kelimanya, terletak pada warna yang membalut bodi dan ketersediaan fitur. Sayangnya, unit yang kami coba tipe standar. Tipe ini tanpa smartphone charger, lampu depan LED dan lampu LED di sisi bodi. Jujur tanpa keunikan itu, pengujian Nex II jadi terasa hambar. Tapi tak mengapa, karena kami bisa merasakan rasa berkendaranya yang pastinya tak berbeda dengan Nex tipe lain.

nex II

Sebelum masuk ke pengujian berkendara, kita bongkar dulu kepraktisan motor ini. Pertama dari dimensinya. Nex II berdimensi yang lebih besar dari pendahulunya. Panjang 1.890 mm, lebar 675 mm dan tinggi 1.045 mm. Tetap saja motor ini terasa begitu ringkas dan ringan. Tak sulit menyelip di kemacetan jalan Ibu Kota. Bobotnya yang hanya 93 kg pun begitu mudah dijinakkan di jalan raya. Namun yang paling penting, penambahan dimensi ini membuat jok Nex II menjadi lebih besar dan lebar dibanding sebelumnya. Walhasil, tubuh bisa duduk lebih nyaman.

Bicara soal nyaman, katanya desain motor ini dirancang sedemikian rupa, supaya posisi berkendara lebih rileks. Benar saja, berkendara berlama-lama di atas Nex II terasa begitu santai. Karena saya yang bertinggi badan sekitar 170 cm bisa duduk tenang. Badan tak terlalu membungkuk dan posisi handle pas. Tapi, busa joknya tipis dan keras. Jadi sedikit mengurangi kenyamanan itu tadi.

Nex II terlaris

Singkatnya, posisi berkendara Nex II memang sesuai janji Suzuki. Nex dibuat mudah dan asyik dikendarai, bahkan untuk pengendara motor pemula sekalipun. Uniknya, ground clearance motor ini cukup tinggi, 150 mm. Namun kaki masih bisa menapak permukaan jalan dengan sempurna. Ditambah bobotnya yang terasa begitu ringan di tangan, pokoknya tak salah memilih Nex II kalau Anda mencari motor ringkas yang nyaman dan mudah dikendarai.

Baca juga: Test Ride Suzuki Nex II: Si Gesit Yang Tak Begitu Irit (Part-2)

Jelajahi Suzuki NEX II

Model Motor Suzuki

  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki GSX S150
    Suzuki GSX S150
  • Suzuki NEX II
    Suzuki NEX II
  • Suzuki GSX 150 Bandit
    Suzuki GSX 150 Bandit
  • Suzuki Smash FI
    Suzuki Smash FI
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki NEX Crossover
    Suzuki NEX Crossover
Motor Suzuki

GIIAS 2021

Video Motor Suzuki NEX II Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Suzuki NEX II

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang