jakarta-selatan
kali dibagikan

R nineT Urban G/S Lengkapi Varian Heritage BMW

  • 15 Nov, 2016
  • 1775 Kali Dilihat

Layaknya sebuah kanvas, BMW Motorrad, produsen otomotif roda dua asal Jerman, menyajikan varian terbaru lagi untuk R nineT. Setelah sebelumnya memiliki tipe Scrambler, Pure dan Racer, brand ini turut meluncurkan R nineT Urban G/S dalam perhelatan Milan Motorcyle Show (EICMA) 2016. Dibandingkan dengan edisi standarnya, motor BMW terbaru ini memiliki tampilan yang berbeda dan beberapa angka spesifikasinya pun ikutan berubah.


Varian baru dalam keluarga motor Heritage BMW ini menyandang konsep enduro. Hal tersebut terpancar dari penggunaan ban besar, suspensi depan teleskopik, lampu utama yang dibalut oleh penghalang angin, spakbor tinggi dan panjang serta stang palang lebar.


BMW R nineT Urban G/S Tampak Samping


Sedangkan untuk warnanya, memadukan unsur putih, gradasi biru dan lapisan jok berkelir merah. Bila diperhatikan, tema tersebut pernah familiar di BMW R80 G/S. Kemudian blok mesin dan rangka berlabur aksen hitam sehingga warna di bagian atasnya menjadi lebih menyala.


Mendukung kompetensinya dalam melibas medan off-road, varian motor R nineT terbaru ini dipasangkan ban bermotif 'tahu' berukuran 120/70 R19 di depan dan 170/60 R17 dibelakang. Lalu, ketinggian jok juga bertambah 45 milimeter dari biasanya serta dimensi tinggi yang lebih jangkung 90 milimeter. Sebentar, angka tadi memang tergolong tinggi bagi orang Asia, namun tenang saja, karena BMW Motorrad sudah mengatasinya dengan menyiapkan aksesoris jok yang 'ramah' untuk semua pengendara.


Pindah ke pabrik tenaga, BMW memasangkan mesin R nineT Urban G/S dengan konstruksi 2-silinder, berpendingin udara dan bervolume 1.170 cc. Kompetensi yang dimilikinya sama seperti varian heritage standar yakni mengeluarkan daya maksimal 111,5 PS dan menyajikan momen puntir 116 Nm melalui pola distribusi manual 6-percepatan.


BMW R nineT Urban G/S Tampak Belakang


Motor yang menggendong tangki bahan bakar 17 liter ini diklaim sanggup dipacu hingga 200 kpj. Nah untuk konsumsi bahan bakar rata-ratanya menurut pengujian hanya meminum 5,3 liter dalam menempuh jarak 100 kilometer atau setara dengan 18,8 kilometer per liter.


Berbicara perangkat pendukung berkendara R nineT Urban G/S dilengkapi oleh perangkat deselerasi Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah ban terkunci saat melakukan pengereman mendadak.


BMW R nineT dan Urban GS


Bagi konsumen yang ingin mendandani motor BMW ini, tersedia beragam aksesoris mulai dari velg model jari-jari sampai dengan lampu sein berteknologi LED. Lalu, jika membutuhkan fitur tambahan, tersedia juga pemanas grip yang menjaga tangan tetap hangat dan ASC atau Automatic Stability Control.


Sekilas membahas R80 G/S merupakan motor penjelajah di dua alam yang pernah dipasarkan dalam kurun tahun 1980 hingga 1987. Bisa dikatakan, motor ini merupakan 'eyang' dari segmen BMW adventure bike yang Anda jumpai sekarang. Dibekali oleh depot tenaga flat-twin boxer berkubikasi 797.5 cc dan bertransmisi manual 5-percepatan, lini produk ini tidak hanya handal digunakan untuk membelah hutan, tetapi berprestasi juga di ajang rally Paris Dakkar tahun 1985.


Baca Juga : Ducati Scrambler Desert Sled dan Cafe Racer Meluncur

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video BMW R Nine T

Lihat video terbaru BMW R Nine T untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor BMW Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi