Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Kondisi Sirkuit Mandalika, Modifikasi Honda Vario 160 dan Launching BMW M 1000 RR

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Kondisi Sirkuit Mandalika, Modifikasi Honda Vario 160 dan Launching BMW M 1000 RR

Indonesia bakal punya gawean gede yaitu MotoGP Mandalika pada Maret 2022 mendatang. Namun berbagai kritikan muncul menyusul tes premusim awal Februari lalu. Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, mendapat banyak kritikan. Sirkuit ini bahkan dianggap tak pantas dan berbahaya bagi pembalap.

KEY TAKEAWAYS

  • Nama sirkuit MotoGP Indonesia

    Pertamina Mandlika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dibuka resmi 12 November 2021
  • Jadwal MotoGP

    20 Maret 2022
  • Modifkasi Hoda Vario jadi Big Skutik

    Dikerjakan Deddy Dermawamanto dari DJ Custom, Bekasi
  • Harga Honda Vario 160

    Rp 25.800.000 untuk tipe CBS dan Rp 28.500.000 untuk tipe ABS
  • BMW M 1000 RR resmi dijual di Indonesia

    Banderolnya Rp 1,6 miliar off the road
  • Yap selama tes pramusim pembalap mengeluhkan kondisi sirkuit yang kotor, becek, dan banyak kerikil. Bagaimana tanggapan pihak penyelenggara?

    Berita lain adalah ide modifkasi untuk All New Vario 160 yang baru saja diluncurkan. Modifikasi yang digarap oleh Deddy Dermawamanto dari DJ Custom, Bekasi ini menonjolkan fungsionalitas serta pengerjaan yang mudah untuk para pengguna Vario 160 agar tampil beda. Ubahannya juga memanfaatkan kehadiran genuine aksesori Honda untuk Vario 160 seperti panel step floor, garnish head light, garnish muffler, garnish air filter, garnish radiator dan hand grip rest.

    BMW Motorrad Indonesia resmi menjual motor gede (moge)-nya BMW M 1000 RR-nya pada hari ini Rabu (16/2/2022). Motor yang dibangun dari struktur superbike BMW di ajang World Superbike (WSBK) dan British Superbike Championship (BSB) itu dijual dengan banderol fantastis Rp 1,6 miliar off the road. Kehadirannya lantas menantang pemain lama, Honda CBR 1000RR-R SP yang lebih dulu meluncur di Tanah Air pada Agustus 2020 lalu.

    MotoGP Sirkuit Mandalika

    Sirkuit Mandalika

    Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika telah berakhir. Namun perhatian masyarakat terharap sirkuit bertaraf internasional tersebut tidak berhenti. Masyarakat masih mempertanyakan pihak pengelola, dalam hal ini Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Madalika Grand Prix Association MGPA, terhadap kondisi sirkuit yang selama tiga hari tes pramusim menyita perhatian mereka.

    Dalam tes tersebut, diberitakan bahwa para rider MotoGP mengeluhkan kondisi trek sejak hari pertama. Belum lagi kualitas kondisi aspal yang berterbangan dilalui motor MotoGP dan melukai pembalap. Meski patut diakuit banyak pihak juga menyenangi pemandangan indah di seputaran sirkuit Mandalika namun tetap perhatian ada pada kondisi trek.

    Belum lagi beberapa pemberitaan media asing yang menyebutkan bahwa trek Mandalika tidak cocok untuk gelaran MotoGP meski pergelaran WSBK November lalu terhitung berhasil. Ada juga yang mengungkapkan MotoGP Indonesia yang rencanannya akan berlangsung Maret 2022 mendatang akan ditunda atau batal dilaksanakan.

    ITDC dan MGPA sendiri telah mendengarkan dan mendapatkan masukan dari Dorna, FIM serta para rider untuk perbaikan trek dalam menyambut MotoGP Maret mendatang. Tes pramusim kemarin memang sejatinya digunakan untuk masukan juga perbaikan jika ada kekurangan yang ditemukan pada lintasan.

    Dorna menyampaikan ada kondisi aspal yang perlu diperbaiki terutama dari tikungan 17 sampai tikungan 1. Saat ini pihak ITDC dan MGPA segera melaksanakan masukan tersebut agar penyelenggaraan MotoGP Maret mendatang bisa terlaksana. Baca selengkapnya di sini.

    Honda Vario 160 Modifikasi

    Modifikasi All New Honda Vario 160

    Ide memodifikasi produk anyar selalu menarik untuk disimak. Salah satunya dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) dengan menghadirkan modifkasi pada produk baru All New Vario 160.

    Modifkasi ini diperlihatkan saat peluncuran All New Honda Vario 160 beberapa waktu lalu. Modifikasi yang digarap oleh Deddy Dermawamanto dari DJ Custom, Bekasi ini menonjolkan fungsionalitas serta pengerjaan yang mudah untuk para pengguna Vario 160 agar tampil beda. Ubahannya juga memanfaatkan kehadiran genuine aksesori Honda untuk Vario 160 seperti panel step floor, garnish head light, garnish muffler, garnish air filter, garnish radiator dan hand grip rest.

    Tampilan Vario 160 sekilas beralih menjadi premium a la PCX dan meninggalkan kesan sporty. Ini karena kehadiran windshield yang cukup tinggi, menutupi area setang kemudi yang mengesankan big skutik. Grafis bodi juga hadir cukup sederhana dengan balutan warna yang disebut dark blue dengan kombinasi akses gold pada beberapa bagian membuat aura elegan skutik ini semakin terasa.

    Ubahan lain terasa hadir di area depan seperti setang kemudi dan kaki-kaki. Ini karena penggunaan produk aftermarket seperti brake lever set RCB, kaliper depan S3 RCB, hand grip RCB, brake hose proliner dan spion terintegrasi. Ban standar Vario 160 yang aslinya lebih lebar dari model sebelumnya, diperlebar dengan penggunaan Pirelli Angel Scooter ukuran 120/70 14 inci di depan dan 140/70 14 inci di belakang.

    Bagaimana lengkapnya? Baca di sini.

    BMW M 1000 RR

    BMW M 1000 RR

    BMW Motorrad Indonesia resmi menjual motor gede (moge)-nya BMW M 1000 RR-nya pada hari ini Rabu (16/2/2022). Motor yang dibangun dari struktur superbike BMW di ajang World Superbike (WSBK) dan British Superbike Championship (BSB) itu dijual dengan banderol fantastis Rp 1,6 miliar off the road.

    Motor yang hadir dengan tampilan lebih sporty ini merupakan motor berperforma tinggi di jajaran BMW Global. Bila belum tahu, M 1000 RR merupakan model M pertama dari BMW Motorrad yang berbasiskan S 1000 RR produksi 2020. Pengembangan M RR sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018.

    BMW M 1000 RR yang diciptakan dari seri tertinggi produk M ini dibenamkan bahan material karbon pada beberapa komponennya. Bagian depan dilengkapi dengan sayap khusus (winglet) dan diklaim mendukung aerodinamika ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

    Dari segi mesin, BMW M 1000 RR dipersenjatai mesin dari basis RR berkubikasi tepat 999 cc 4-silinder, DOHC dengan BMW Shift Cam. Racikan bore x stroke-nya dia 80 mm x 49,7 mm dengan perbandingan kompresi mesin 13,5:1. Lantas dengan konfigurasi enjin tersebut, motor ini mampu mengempaskan tenaga maksimal 156 kW atau setara 212 daya kuda pada 14.500 rpm dan torsi puncak 113 Nm di 11.000 rpm. Bagaimana dengan spesifikasinya? Baca lengkap di sini.

    Kami juga membuat perbandingan BMW M 1000 RR ini dengan rivalnya. Kehadirannya lantas menantang pemain lama, Honda CBR 1000RR-R SP yang lebih dulu meluncur di Tanah Air pada Agustus 2020 lalu. Bagaimana perbandingannya? Baca ulasannya lengkapnya di sini(Raju)

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature