Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Kondisi PPKM, Peluncuran Vespa dan Motor Listrik BMW

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Kondisi PPKM, Peluncuran Vespa dan Motor Listrik BMW

Indonesia tengah darurat pandemi Covid-19. Penyebaran kian luas, jumlah korban makin banyak. Kondisi ini membuat pemerintah akhirnya harus mengambil langkah Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sektor transportasi. Ketentuan itu telah berlaku sejak 3 Juli dan berakhir 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. Kegiatan mobilitas masyarakat pun diatur. Tak hanya mobil pribadi dan transportasi umum, berkendara dengan motor juga wajib menunjukkan kartu vaksin sebagai syarat perjalanan.

Piaggio Indonesia tawarkan Vespa GTS Super 150 i-get ABS dan GTS Super Tech 300 HPE ABS dengan warna baru. Meski berkelir anyar, skema tidak berubah. Masih menampilkan nuansa semangat, energi, kegembiaraan dan jiwa sporty yang kuat. Masing-masing dijual Rp 62,7 juta dan Rp 154,2 juta OTR DKI Jakarta.

Sementara BMW motorrad akhirnya secara resmi meluncurkan CE 04. Ia merupakan versi produksi dari Definition CE 04 yang diluncurkan pada November 2020. Karya terbaru dari pabrikan Munchen ini dijual mulai dari $ 11.795 atau sekitar Rp 171 jutaan. Lantas apa bagian spesial skuter listrik berpenampilan futuristik ini?

JMC Touring Kemerdekaan 2020

Berkendara Motor Saat PPKM Darurat

Pemerintah keluarkan aturan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sektor transportasi. Ketentuan itu telah berlaku sejak 3 Juli dan berakhir 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. Kegiatan mobilitas masyarakat pun diatur. Tak hanya mobil pribadi dan transportasi umum, berkendara dengan motor juga wajib menunjukkan kartu vaksin sebagai syarat perjalanan.

Latar belakang diterbitkannya peraturan ini, telah terjadi peningkatan penularan Covid-19 di Indonesia. Hal itu ditandai dengan kenaikan kasus positif mingguan secara signifikan, penambahan positivity rate, dan tingginya angka kasus aktif di tingkat nasional. Oleh sebab itu, dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran virus berbahaya, maka mobilitas manusia atau perjalanan diperlukan pengetatan.

Seperti tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No. 14 Tahun 2021 butir 3 huruf k, yang isinya:

"Pelaku perjalanan dengan transportasi darat menggunakan sepeda motor wajib menunjukkan kartu vaksin pertama, dan surat hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Atau rapid tes antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, sebagai persyaratan melanjutkan perjalanan."

Sebab, sebagian besar kota di Pulau Jawa telah dilakukan penyekatan dan pemeriksaan bagi para pendatang, tak kecuali pengendara sepeda motor. Seluruh pengendara roda dua yang berasal dari luar daerah dan hendak masuk ke kota tersebut, akan dilakukan pemeriksaan dokumen perjalanan dan kepentingannya. Pemerintah mewajibkan warga yang berada di Jawa-Bali menunjukkan kartu vaksin jika hendak berpergian ke luar kota di masa PPKM Darurat. Wilayah-wilayah mana saja? Baca lengkapnya di sini.

Vespa GTS Super 150 i-get ABS Vespa GTS Super 150 i-get ABS Green Relax

Vespa GTS Series Punya Warna Baru

Vespa cukup getol dalam dua pekan terakhir. Pekan lalu, dalam rangka perayaan HUT ke-75, Vespa meahirkan Anniversary Edition buat Primavera dan GTS 300. Nah, pekan ini Piaggio Indonesia tawarkan Vespa GTS Super 150 i-get ABS dan GTS Super Tech 300 HPE ABS dengan warna baru. Meski berkelir anyar, skema tidak berubah. Masih menampilkan nuansa semangat, energi, kegembiaraan dan jiwa sporty yang kuat. Masing-masing dijual Rp 62,7 juta dan Rp 154,2 juta OTR DKI Jakarta.

Seri unggulan dari keseluruhan rangkaian produk Vespa ini memiliki karakteristik unik. Berbadan besar “Vespone” yang sporty dan bertenaga. Keduanya merupakan unit yang memadukan secara sempurna antara desain modern klasik dengan kesan elegan. Apalagi ketambahan warna menarik, makin mendominasi kala dipakai di jalan raya.

Vespa GTS Super kini menghadirkan tampilan lebih lembut dan kalem. Hadir dengan warna Green Relax. Cat ini terinspirasi dari campuran minuman sirup mint dan susu yang dikenal di Italia sebagai “Latte e Menta”. Memiliki filosofi menyejukkan hati, namun tetap tampil berbeda dengan performa berkendara maksimal. Sentuhan retro-klasik juga menunjukkan keanggunan berkelas. Dirinya mampu mewakili semangat muda serta ekspresi gaya modern pengendaranya.

Kemudian ada Black Vulcano yang disegarkan. Kalau sebelumnya ada aksen merah pada per suspensi depan, kini berganti kuning. Tak lupa pula strip dengan warna serupa di atas footpeg pembonceng. Diartikan sebagai pecinta tantangan. Untuk melengkapi varian ini, hadir pula White Innocenza, yang mampu memberikan nuasan elegan dan abadi.

Sedang GTS Super Tech 300 HPE ABS ketambahan Grey Delicato. Mencerminkan tampilan elegan serta ultra-modern bagi pengendaranya. Diperkuat dengan kehadiran detail aksen berwarna kuning yang semakin menciptakan nuansa megah dan gagah. Letaknya masih sama dengan model sebelumnya, di lubang klakson, per suspnesi depan dan di atas footpeg penumpang. Rangkaian versi ini semakin lengkap dengan kelir Black Vulcano yang memesona dan menonjolkan cita rasa teknologi tinggi. Baca lengkapnya di sini.

BMW CE 04

Motor Listrik BMW CE 04

BMW Motorrad umumkan line up MY2022. Beberapa model sepeda motor terlarisnya mendapat serangkaian perubahan. Penyegaran yang diterima termasuk warna baru, ban dan perangkat keras. Dari sekian unit yang mendapat transformasi, R18 dan R18 Classic mendapat ubahan paling menarik. Tapi yang paling menarik adalah peluncurkan skuter listrik CE 04. Ia merupakan versi produksi dari Definition CE 04 yang diluncurkan pada November 2020. Karya terbaru dari pabrikan Munchen ini dijual mulai dari $ 11.795 atau sekitar Rp 171 jutaan.

Tampilan umum CE 04 cukup konsisten. Bagian paling mencolok adalah bodinya yang rendah dan panjang. Faktor bentuk ini memungkinkan BMW untuk menempatkan modul baterai yang panjang dan rata di bagian bawah bodi motor, memberikan geometri tetap rendah. Desainnya juga dirancang untuk mengoptimalkan pembuangan panas yang dihasilkan dari baterai lithium-ion 147,6 volt. Dengan menambahkan pelat dan sirip pendingin yang diatur secara longitudinal di bagian bawah.

CE 04 membawa baterai memiliki kapasitas 60,6 Ah (8,9 kWh). Waktu pengisian dari 0 hingga 100 persen mencapai 4 jam 20 menit dengan kabel pengisian Level 1 yang disediakan. Dan 1 jam 40 menit dengan kabel pengisian Level 2 (opsional). Pihaknya juga mengklaim untuk pengisian Level 2 bisa menambah daya dari 20 ke 80 persen hanya dalam 45 menit.

BMW mengklaim CE 04 memiliki kecepatan maksimum 120 kpj (75 mph), dengan waktu 0 hingga 50 kph (sekitar 0 hingga 31 mph) hanya 2,6 detik. Pihaknya juga mengklaim baterai dalam keadaan penuh dapat memberikan jangkauan hingga 80 mil (128 Km).

Lalu apa saja fitur yang dimiliki BMW CE 04 ini? Baca ulasan lengkapnya di sini(Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor