New Vespa Sprint S 150 TFT Segera Mendarat ke Indonesia, NJKB-nya Sudah Terdaftar

New Vespa Sprint S 150 TFT Segera Mendarat ke Indonesia, NJKB-nya Sudah Terdaftar

PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai pemegang merek motor Vespa di Tanah Air dikabarkan segera meluncurkan Sprint S 150 berlayar instrumen canggih TFT (Thin-film Transistor). Informasi ini bisa dilihat dalam laman resmi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta.

Dari laman tersebut, tertera NJKB dari Vespa Sprint S 150 TFT dengan nominal harga Rp 43,8 juta. Namun perlu dicatat, angka itu bukanlah OTR yang artinya akan lebih mahal ketika dijual secara massal karena akan dikenakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan pajak pertambahan nilai.

Bukan cuma ada di situs NJKB Samsat DKI Jakarta saja, nama Vespa Sprint S 150 TFT juga terpampang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 40 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Tentu ini jadi angin segar, bagi para konsumen yang ingin memiliki Sprint dengan teknologi panel meter canggih.

Vespa Sprint 150 TFT

Di Juni 2021 lalu saat peluncuran Vespa edisi ulang tahun ke-75, President Director PID, Marco Noto La Diega sebenarnya sudah memberikan kisi-kisi soal peluang Sprint S 150 dengan layar TFT. Namun memang tidak menjawab secara spesifik.

"Pada dasarnya kami selalu berkomitmen untuk menghadirkan inovasi pada setiap produk. Ini adalah sebuah misi dari Piaggio Indonesia, layar TFT pada Primavera memberikan pengalaman terbaik untuk konsumen," kata Marco beberapa waktu lalu.

Jika benar nanti diluncurkan di Indonesia, bisa jadi modelnya akan dijual secara terbatas. Berkaca dari peluncuran Vespa Primavera edisi ulang tahun ke 75 dengan panel TFT di Tanah Air yang dijual selama periode 1 tahun saja.

Vespa Sprint S 150 sebenarnya sudah diniagakan di Malaysia dengan harga RM 19.900 atau sekitar Rp 67,9 jutaan. Di Indonesia masih meniagakan Sprint S dengan panel meter analog digital yang harganya Rp 51,5 juta OTR.

Baca juga: Genova Design Hadirkan 2 Model Pelek Premium Khusus Vespa, Satu Set Rp 17 Juta

Vespa Sprint 150 TFT

Karena dibekali fitur baru, sudah barang tentu Vespa Sprint S 150 TFT nanti akan memiliki banderol lebih mahal dibandingkan 2 varian Sprint yang ada saat ini di pasar domestik. Saat peluncuran Primavera edisi terbatas dengan TFT harganya bahkan ditawarkan lebih mahal Rp 16 sampai 18 juta.

Namun perbedaan harga tersebut membuat Primavera 75 Th Anniversary saat itu terasa spesial. Ya motor ini dijual terbatas, bagi Anda yang memilikinya tentu jadi kesenangan tersendiri.

Di model ini memang tak ada ubahan besar di sektor dapur pacunya, dia masih mengemas mesin 154,8 cc berteknologi i-get dengan tenaga maksimum 11,6 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi 12 Nm di 5.000 rpm.

Vespa Sprint 150 TFT

Panel meter bisa jadi navigasi

Selain tampilan panel meter yang terlihat lebih modern, fitur pada layar juga dibekali dengan konektivitas gawai. Ya, pemilik bisa mendapatkan seluruh informasi penting kendaraan hanya lewat satu sentuhan smartphone saja.

Dengan bentang layar 4,3 inci semua mekanisme tersambung langsung dengan onboard komputer yang mampu mendiagnosis dalam bentuk quick view. Layarnya juga memiliki pengaturan otomatis siang dan malam, jadi ketika berkendara pada situasi tertentu akan menyesuaikan dengan cahaya sekitar.

Cara menyambungkannya cukup mudah, pertama mengunduh lebih dulu aplikasi MIA yang tersediA untuk smartphone tipe Android maupun IOS. Setelah aplikasi berhasil diunduh, nyalakan Bluetooth yang ada pada smartphone. Kemudian koneksikan (pairing) antara Bluetooth pada smartphone dengan yang layar instrumen. Setelah smartphone Anda terkoneksi dengan panel meter, maka Anda dapat menentukan apa yang ingin dilakukan.

Baca juga: Diler Premium Motoplex 4 Brand Hadir di Surabaya, Ini Fasilitasnya

Vespa Sprint 150 TFT

Nantinya panel meter ini bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon, pesan, sampai e-mail yang masuk. Bisa juga menerima panggilan dengan bantuan alat komunikasi intercom. Untuk menerima panggilan juga cukup mudah, tinggal tekan tombol joystick yang berada di panel sebelah kiri dengan tombol klakson.

Nah untuk melakukan panggilan, bisa dilakukan dengan perintah suara (voice command). Caranya dengan menekan tombol joystick sebanyak 2 kali dan sebutkan nama orang yang akan Anda hubungi.

Dan yang paling canggih layar TFT pada Vespa bisa dijadikan navigasi. Untuk menggunakan fitur ini pemilik harus membuka lebih dulu sistem navigasi pada aplikasi MIA atau Vespa. Selanjutnya tinggal pilih lokasi mana yang ingin dituju.

Jika sudah, secara otomatis sistem akan mengarahkan pengendara ke tujuan melalui tampilan petunjuk arah yang ada di panel meternya. Di Indonesia, baru 2 model Vespa saja yang dibekali fitur ini, pertama Primavera dan GTS 300.

Menarik buat ditunggu kehadiran Vespa Sprint S 150 TFT di pasar domestik! (Kit/Raju)

Baca juga: Vespa GTS Punya Varian Baru Super Sport 150 i-get ABS, Ini Istimewanya

Jelajahi Vespa Sprint

Model Motor Vespa

  • Vespa Sprint
    Vespa Sprint
  • Vespa LX
    Vespa LX
  • Vespa S
    Vespa S
  • Vespa Primavera
    Vespa Primavera
  • Vespa GTS 300 Super Tech
    Vespa GTS 300 Super Tech
  • Vespa GTS 150
    Vespa GTS 150
  • Vespa 946 Red
    Vespa 946 Red
  • Vespa GTV
    Vespa GTV
Motor Vespa

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Vespa Sprint Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Vespa Sprint

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang