jakarta-selatan

Kawasaki Ninja 250 vs Honda CBR250RR, Komparasi Fitur Varian Termahal

  • 10 Apr, 2019
  • 4045 Kali Dilihat

Segmen motor sport 250 cc cukup diminati masyarakat Indonesia. Beberapa pabrikan, berlomba-lomba menghadirkan produk terbaiknya. Kali ini kami membandingkan varian termahal dari dua model yang berbeda, Kawasaki Ninja 250 SE ABS MDP dan Honda CBR250RR ABS.



Varian ini ditentukan dari opsi warna yang diberikan. Ninja 250 SE ABS MDP yang punya kelir Passion Red Metallic Magnetic Dark Grey ditawarkan Rp 75,5 juta. Sedangkan CBR250RR ABS berwarna Honda Racing Red dipatok Rp 71,325 juta (OTR Jakarta). Selisihnya cukup jauh. Apa saja bedanya?


Rupa keduanya tentu sangat menarik. Tapi Ninja 250 varian tertinggi, punya keunikan berupa MDP (Magnetic Design Painting), teknik pengecatan khusus yang memakai cat mengandung magnet. Teknologi ini dibubuhkan pada tulisan Ninja di fairing, sehingga memberikan efek tiga dimensi.


Masih dari wujudnya, kedua motor mengaplikasi lampu berbasis dioda pada headlamp dan tail light. Selain membuat desainnya menjadi lebih atraktif, pemakaian LED dapat meningkatkan kemampuan penerangan jalan di malam hari. Teknologi canggih juga diterapkan pada panel instrumen. Baik CBR250RR maupun Ninja 250, sudah diperkuat layar LCD. Informasi lengkap seputar motor ditampilkan di sini.



Bicara kemudahan, khususnya akses untuk menyalakan mesin, Ninja 250 SE ABS MDP lebih unggul karena ada KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System). Pada dasarnya, fitur ini merupakan sistem smart key, yang memungkinkan aktivitasi kunci utama dan stang melalui remote. Teknologi canggih ini diadaptasi dari model sport tourer Kawasaki, 1400GTR atau Concours 14.


Lanjut ke fitur penunjang performa berkendara. CBR250RR dilengkapi 3-step Riding Mode, yang membuat pengendalian optimal di berbagai kondisi dan sesuai kebutuhan. Ada tiga pilihan gaya berkendara yang bisa dipilih, yakni Comfort untuk mengejar kenyamanan, Sport yang mampu mendorong mesin menghasilkan power maksimum mengikuti putaran gas dan Sport+ yang menyebabkan keluaran tenaga lebih cepat dan responsif.


Ninja 250 tidak punya itu. Tapi ada slipper clutch dan assist clutch, yang membantu perpindahan gigi agar terasa lebih halus dan cepat, karena engine brake yang diminimalisir. Selain itu, tuas kopling juga lebih ringan dioperasikan. Dampak lainnya, risiko ban belakang selip akibat entakan saat gigi berpindah sangat kecil terjadi.


Pada kaki-kaki, CBR250RR memakai teleskopik upside down. Kemampuan manuver harusnya lebih mantap dibandingkan Ninja 250, yang menggunakan teleskopik standar. Sektor pengereman keduanya juga mumpuni, lantaran sama-samai terdapat ABS (Anti-lock Braking System). Penghentian laju menjadi semakin aman dan terhindar dari ban mengunci.


Bila ditarik ke belakang, bisa terlihat ada perbedaan dari bentuk sistem pembuangan gas. Motor sport besutan pabrikan berlambang sayap mengepak diaplikasikan model dual pipe, sementara Kawasaki memilih single pipe di ujungnya. Penggunaan knalpot ini diklaim Honda dapat memberikan torsi optimal di berbagai rentang putaran mesin. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Kenali Perbedaan Kawasaki Ninja 250R dan 250 SL

Komparasi CBR250RR vs Ninja 250 2019

Honda CBR250RR
Rp59,96 - Rp71,25 Juta
  • Kapasitas
  • Tenaga Maksimal
  • Opsi start
VS
Kawasaki Ninja 250 2019
Rp67,8 - Rp75,5 Juta
  • Kapasitas
  • Tenaga Maksimal
  • Opsi start
CBR250RR vs Ninja 250 2019
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Komparasi