Apa Saja Keunggulan Yamaha MX King 150

Apa Saja Keunggulan Yamaha MX King 150
Gambar
Review Pengguna

Beberapa pilihan motor bebek 150 cc hadir di Indonesia. Satu di antaranya, Yamaha MX King yang tak lain merupakan kompetitor terkuat. Lantas apa keunggulan dan kelebihan produk buatan Yamaha Indonesia ini?

Pionir Moped ala Sport Tulen

Dialah pionir moped bertampang motor sport tulen. Paling mencolok tentulah menyasar ke bagian wajah, disebutkan terinspirasi dari Yamaha R1. Nuansa itu kemudian diperkental lagi melalui penyematan cover bodi samping besar beserta under cowl. Lalu mendapatkan sentuhan akhir berupa lampu belakang hasil adopsi milik Yamaha R25. Agresif.

headlamp

Bahkan sejak 2015 ia terus bertransformasi. Penegasan modernitas dilakoni pihak pabrikan, lewat penggunaan headlamp. Tak lagi berupa bohlam seperti generasi pertama, MX King terbaru memakai penerangan jenis LED. Pola pendarannya sendiri terdiri dari dua unit low beam dan satu high beam di bagian tengah.

Pun demikian kala memandang panel meter. Tak ada lagi padu padan analog-digital, melainkan sudah sepenuhnya berganti ke tampilan full digital. LCD dengan latar berwarna biru. Berukuran lumayan besar dan nyaman dipandang. Terutama saat berkendara malam hari. Apalagi informasi mengenai putaran mesin, posisi gigi hingga kecepatan memiliki porsi dominan. Pengendara mudah membacanya, meski sambil melaju dalam kecepatan tinggi.

Keterangan tambahan lain jua bisa diperoleh dari panel meter digital. Mulai dari Odometer, Trip 1 dan 2 sampai konsumsi bahan bakar rata-rata. Cukup tekan tombol di bagian bawah layar untuk memilih menu dan lihat tampilannya tepat di bawah penampang transmisi. Sementara indikator seperti keterangan engine check, lampu sein, accu maupun lampu jauh, diletakan terpisah di bagian atas panel meter.

Panel Meter MX King

Performa Mesin

Sisi agresif MX King juga menular ke ranah performa. Mengandalkan mesin SOHC 4-tak satu silinder, kuda besi garpu tala sanggup mengail daya 15,15 hp pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Kemampuan tersebut disalurkannya melalui transmisi 5-percepatan. Memang bukan yang terbesar lantaran kompetitor yang diramu dengan jumlah transmisi lebih banyak (6-percepatan).

Baca juga: Ini yang Membuat Yamaha Xabre Kalah Pamor dari MT-15

Namun berkat konfirgurasi diameter x langkah: 57,0 x 58,7 mm (overstroke engine), MX King leluasa menjangkau tenaga dan momen puntir maksimal di putaran lebih rendah. Kelincahannya dapat diandalkan saat berjibaku di kemacetan. Ke depan, bukan tidak mungkin MX King-lah yang membalikkan keadaan. Terlebih sempat ada rumor moped ini bakal menggendong jantung mekanik terbaru, 155 cc VVA (variable valve actuation), seperti kepunyaan Yamaha V-Ixion R, YZF-R15 atau XSR 155. Bakal tambah menarik dapur performanya.

Kemudahan Handling

Tentu saja berkaitan dengan impresi berkendara. Motor bebek 150 cc ini dibekali rancang bangun sasis underbone. Yamaha mengklaim rangka tersebut ringan, sehingga mumpuni mengajak kuda besi berbobot 116 kg bermanuver baik di trek lurus maupun tikungan. Termasuk pula sokongan peredam kejut teleskopik di depan dan suspensi tunggal pada bagian belakang. Kapabilitasnya untuk melakoni tugas itu juga ditopang ban ukuran besar. Ban depan 90/80-17 dan belakang 120/70-17 (tubeless). Sedangkan untuk penghenti laju, mengandalkan disc brake jua pada kedua roda.

MX King

Harga Paling Kompetitif

Keunggulan terakhir sekaligus paling penting dari motor ini adalah mengenai banderol. Saat kami tilik dari laman website resmi, Yamaha MX King dipasarkan mulai dari Rp 24,075 juta (versi standar). Terdapat pula varian lain yakni MX King 150 Doxou Version (Rp 24,17 juta) dan versi Monster Energy Yamaha MotoGP Edition (Rp 24,375 juta). Pasarannya memang sedikit lebih mahal dari Honda Supra GTR 150 yang dilego Rp 24,050 - Rp 24,3 juta. Namun harga ini kompetitif dibanding lawan seperti Suzuki Satria F150 yang dijual Rp 25 jutaan. (Ano/Tom)

Baca juga: Ini Daftar Keunggulan Yamaha XMax

Jelajahi Yamaha MX King

Bandingkan & Rekomendasi