Toyota Wigo Facelift Meluncur di Filipina, Apa Bedanya dengan Agya di Indonesia?

Gambar
Review Pengguna

Maret lalu Toyota Indonesia memperbarui Agya. Model itu tampil makin sporty dengan ubahan pada wajah dan menambah banyak fitur baru. Tak hanya menarik minat pelanggan Tanah Air, mobil ini juga jadi perhatian konsumen luar negeri. Filipina mengimpor Agya, tapi di sana lebih dikenal dengan nama Wigo. Bulan ini, versi facelift pun resmi meluncur.

Perubahan yang diberikan tak berbeda dari segi rupa. Wajahnya sudah lebih modern dengan bumper mengotak. Sektor penerangan menganut lampu senja LED yang membentuk garis panjang. Serupa, tapi ada beberapa perbedaan ditawarkan antara Wigo dengan Agya. Berikut detailnya.

2020 Toyota Wigo Orange Metallic

Jantung mekanis cuma tersedia satu opsi. Ya, Toyota Filipina hanya menyajikan Wigo dengan mesin 1,0 liter berkonfigurasi tiga silinder. Sementara di Indonesia ada dua, 1,0 liter dan 1,2 liter. Namun, keluaran tenaga puncaknya sama 67 P di 6.000 rpm dan momen puntir maksimum 89 rpm yang muncrat pada 4.400 rpm.

Baca Juga: Fitur New Toyota Agya yang Tidak Dimiliki Kompetitor, Apa Saja?

Selanjutnya varian yang tersedia. Wigo ada tiga: E, G dan TRD S. Untuk G dibagi lagi menjadi dua pilihan transmisi, manual dan otomatis. Sementara E cuma ada manual dan TRD S berupa otomatis. Sedangkan Agya tak memiliki varian E. Hanya ada G dan TRD. Mesin 1,0 liter dan 1,2 liter dibenamkan pada G, yang masing-masing mempunyai dua tipe transmisi. Begitu juga TRD, tapi dapur pacu hanya 1,2 liter. Pemindah gigi tetap terdiri dari dua opsi: manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Toyota Wigo Cabin

Dari segi rupa, variasi warna lebih banyak dihadirkan Toyota Indonesia. Pada dasarnya beberapa kelir juga dimiliki kedua negara, seperti Yellow, Orange Metallic, Black, Silver Metallic, White dan Grey Metallic. Cuma di Tanah Air ketambahan Red. Selain itu, Toyota Filipina membagi corak berdasarkan varian.

Fitur ikut didiferensiasi. Seperti keyless dengan start/stop button yang mengeliminasi anak kunci, untuk membuka-mengunci pintu dan menyalakan-mematikan mesin. Ini diaplikasikan pada varian G dan TRD S untuk Wigo. Konsumen Indonesia yang ingin merasakannya harus membeli model tertinggi, TRD. Lalu keselamatan berkendara ditambah sensor belakang untuk E, G dan TRD S. Mempermudah proses parkir, bahkan bagi pemula.

2020 Toyota Wigo TRD S rear quarter

Makin menarik karena dua varian atas diimbuhi kamera belakang. Khusus untuk TRD S dilengkapi kamera dasbor. Memang perangkat ini tak akan melindungi seluruh penumpang dari kecelakaan. Tapi berkatnya, pemilik bisa merekam insiden. Untuk dijadikan bukti ketika dibutuhkan. Sayang Agya Cuma dipasangkan sensor, padahal layarnya sudah jenis layar sentuh. 

Wigo disuguhkan dengan banderol lebih mahal dari Agya. E sebagai yang termurah dibanderol Rp 160 jutaan. G manual Rp 175 jutaan dan AT Rp 185 jutaan. TRD S yang punya kelengkapan fitur mumpuni di angka Rp 197 jutaan. Terpaut sangat jauh dari Agya yang dilego mulai Rp 143,8 juta hingga Rp 169,290 juta. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Evolusi Fitur Toyota Agya Setelah Dua Kali Facelift Selama Tujuh Tahun

Jelajahi Toyota Agya

Toyota Agya Rp 143,8 - Rp 169,29 Juta Cicilan : Rp 3,28 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store