jakarta-selatan

Test Drive Toyota Agya 1.2 (Part 2): Nanjaknya Makin OK

  • Mei 13, 2017
  • 3338 Dilihat

Bandung - Toyota Agya terbaru kini sudah ada yang bermesin 1.2 liter 4-silinder dual VVT-i. Mesin ini sama dengan yang terpasang di Toyota Calya. Mesinnya ini bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 107,8 Nm pada 4.200 rpm. Bagaimana kemampuannya?


 Selama dua hari pada 12-13 Mei 2017 saya mengujinya di Bandung dalam Toyota Agya Journalist Test Drive. Rute yang disiapkan Toyota, untungnya sangat menantang bagi Agya. Terutama saat rombongan melewati daerah Maribaya dari arah Dago Giri.




Toyota Agya Test Drive Bandung 2017 02
Interior Toyota Agya TRD S AT

Tanjakannya sangat terjal, sambil berkelok-kelok pula. Awalnya saya sempat khawatir, tapi ternyata Toyota Agya 1.2 bertransmisi otomatis yang saya uji menanjak dengan mulus. Memang harus injak pedal gas lebih dalam supaya transmisinya secara otomatis menurunkan giginya.


Bahkan saat tiba-tiba harus berhenti di tengah tanjakan, Agya tetap bisa merayap naik secara perlahan tapi pasti. Itupun Agya tak sempat mundur waktu saya memindahkan pijakan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Tapi kalau Agya mau Anda pakai lebih banyak di daerah yang seperti ini, saya sarankan lebih baik pilih yang bertransmisi manual. Karena Anda bisa lebih leluasa memilih posisi gigi yang sesuai kebutuhan Anda saat menanjak.




Toyota Agya Test Drive Bandung 2017 05
Mesin Toyota Agya 1.2 TRD S AT

 Hebatnya, Toyota Agya bermesin 1.0 liter 3-silinder yang berada di belakang saya juga sukses melewati jalanan terjal. Tak ada satupun Agya yang gagal nanjak. Mesin lamanya ini sudah disempurnakan dan sekarang pakai teknologi VVT-i. Teknologi ini juga menjadikan efisiensi BBM Agya semakin lebih irit lagi. Mesin 1.0 liter ini bertenaga 67 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 89,2 Nm pada 4.400 rpm.


Saat memasuki area Mulberry Hill kami harus melewati jalanan semi offroad. Agya pun tak kesulitan melewatinya. Salah satu faktornya juga karena ground clearance Toyota Agya yang setinggi 180 mm. Ini juga membuat Agya bisa melindas lubang-lubang kecil di sepanjang jalan dengan selamat. Baik Toyota Agya bermesin 1.0 liter ataupun 1.2 liter keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed ataupun otomatis 4-speed. [RS]


Baca Juga: Test Drive Toyota New Agya 1.2 (Part 1): Sudah Bercita Rasa Calya

Shares

Video Toyota Agya

Lihat video terbaru Toyota Agya untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer