Toyota Raize Dikenalkan, Jadi Compact SUV Murah Paling Canggih di Indonesia?

Toyota Raize Dikenalkan, Jadi Compact SUV Murah Paling Canggih di Indonesia?

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky baru saja diperkenalkan di Indonesia, Rabu (28/4). Pihak prinsipal pusat hingga stakeholder setempat turun tangan dalam menghantarkan dua compact SUV ini sebagai ajang prelaunch sebelum rilis resminya, Jumat nanti (30/4).

“Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri otomotif,” tutur Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki dalam event Sinergi untuk Negeri yang digelar secara Virtual, hari ini (28/4).

Raize Rocky

Astra sebagai mitra jangka panjang Toyota dan Daihatsu senantiasa mendukung penuh kolaborasi ini sejak awal untuk dapat menghadirkan mobilitas yang sesuai bagi masyarakat Indonesia. “Kami bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia selaras dengan cita-cita Astra, yakni Sejahtera Bersama Bangsa. Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” jelas Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Buah Kerja Bareng, Toyota – Daihatsu Mulai Kenalkan Raize dan Rocky di Indonesia

Bagi Toyota Astra Motor, kemunculan Toyota Raize ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company. Yang tidak hanya akan didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang, tapi juga layanan yang variatif menyesuaikan tren dan kebutuhan yang berkembang.

Seiring dengan perkenalan ini, info-info dari sumber terpercaya pun datang. Misalnya, brosur resmi Toyota Raize. Dalam brosur ini, disebutkan bahwa ada 3 varian utama di Toyota Raize dengan dua pilihan mesin. Ada tipe 1,2 G, 1,0 Turbo G. Yang sangat mengagetkan 1,0 Turbo GR Sport. Ya, trim GR Sport pada Raize merupakan kali pertama nomenklatur ini digunakan pada model yang diproduksi di Indonesia. Betul, Raize merupakan produksi bersama hasil kolaborasi PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor seperti halnya Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra.

Brosur Toyota Raize

Sebelumnya, varian GR Sport memang sudah pernah hadir di Indonesia, namun dalam format mobil sport yang diimpor utuh (CBU), GR Supra. Trim sejenis pada level kendaraan murah meriah, baru ada di Raize. Dan sesuai prediksi, varian ini mengemban ragam fitur pendukung keselamatan dalam paket Toyota Safety Sense.

Baca juga: Toyota Raize dan Rocky Pakai Mesin Serba Baru, Bukan Ambil dari Daihatsu Sigra

Pada Raize trim GR Sport, sejatinya memang ada dua varian; CVT dan TSS. Untuk varian lainnya, fitur keselamatan ini tak tersedia. Sebagai gantinya, dua opsi Raize lain punya pilihan transmisi manual.

Toyota Safety Sense pada Raize mencakup aneka peranti keselamatan untuk menjaga pengendaraan dan meningkatkan keamanan seluruh penumpang. Lane Departure Assist, fitur yang biasanya bisa memberikan peringatan jika kendaraan terdeteksi keluar lajur tanpa intensi pengemudi, jadi lebih canggih. Selain notifikasi pada layar depan, suara, ada pula pemandu Steering Control yang siap memberikan koreksi pada kemudi agar Raize kembali ke jalur seharusnya.

Pedal Misoperation Control, sigap menjaga pengendaraan saat berada di lahan parkir. Sistem akan aktif bekerja saat terdeteksi ada objek di depan mobil dan menahan respon pedal gas agar tidak terjadi akselerasi mendadak. Jika Anda ingat ada kejadian mobil yang menabrak pembatas saat parkir dan terjun bebas keluar gedung, inilah tujuan fitur ini ada, mencegah kaki yang salah memijak agar mobil tidak bergerak menghantam bidang tembok.

Brosur Toyota Raize

Kamera terintegrasi dan sistem radar juga meningkatkan keselamatan lewat sistem Pre Collision System. Fitur seperti ini akan memberikan notifikasi jika ada kendaraan di depan mengerem mendadak atau jika Raize melaju terlalu cepat menuju mobil di depannya. Saat notifikasi dirasa diabaikan oleh pengemudi, biasanya sistem akan mengambil alih pengereman dan memberikan deselerasi bahkan hingga berhenti sempurna.

Dalam paket TSS juga, Raize jadi punya fitur Adaptive Cruise Control. Sistem peringan kerja kaki kanan ini siap mengendalikan kecepatan mobil agar selalu menyesuaikan dengan kecepatan mobil di depannya. Efek yang diharapkan dari sistem ini adalah pengemudi jadi tak cepat lelah saat perjalanan jauh dan konsentrasi jadi bisa tetap terjaga.

Satu fitur pengendaraan aktif unik yang juga masuk dalam keseluruhan sistem TSS adalah Front Departure Alert. Yup, nama fitur ini memang kurang sering kita dengar, soalnya fungsinya cukup remeh namun punya bakti sosial yang sangat tinggi. Cara sistem ini bekerja adalah mendeteksi adanya pergerakkan mobil di depan Raize saat berada di tengah lalu-lintas. Sistem akan memberikan notifikasi, agar Raize bisa mengikuti pergerakkan arus lalu-lintas. Remeh bukan? Namun bayangkan bagaimana sistem ini bisa menghindarkan terjadinya kemacetan akibat penumpukkan kendaraan di persimpangan padat.

SIstem keselamatan mutakhir pada Toyota Raize GR Sport menjadikan mobil ini sebagai SUV kecil paling aman dikendarai dengan harga yang terjangkau. Kami berani memprediksi harganya terjangkau tentu dengan dasar yang cukup. Pada NJKB Permendagri No 1 Tahun 2021, disebutkan nominal varian ini mulai Rp 198 juta. Dengan aneka pajak pendukung dan biaya lainnya, kami prediksi banderolnya tak akan lebih dari Rp 250 jutaan. (Van/Tom)

Baca juga: Toyota Sumringah, Berkat Keringanan PPnBM Pemesanan Rush dan Avanza Melonjak

Jelajahi Toyota Raize

Model Mobil Toyota

  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Avanza Veloz
    Toyota Avanza Veloz
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Alphard
    Toyota Alphard
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser
  • Toyota CHR
    Toyota CHR
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
  • Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross
  • Toyota Vios
    Toyota Vios
  • Toyota Camry
    Toyota Camry
  • Toyota 86
    Toyota 86
  • Toyota CHR Hybrid
    Toyota CHR Hybrid
  • Toyota Vellfire
    Toyota Vellfire
  • Toyota GR Supra
    Toyota GR Supra
  • Toyota Camry Hybrid
    Toyota Camry Hybrid
  • Toyota Voxy
    Toyota Voxy
  • Toyota GR Yaris
    Toyota GR Yaris
  • Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis
Mobil Toyota

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Toyota Raize Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Toyota Raize

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang