Toyota Indonesia Rilis GR Supra Versi Beringas Rp 2,18 Miliar, Langsung Ludes

Toyota Indonesia Rilis GR Supra Versi Beringas Rp 2,18 Miliar, Langsung Ludes
Gambar
Review Pengguna

Sportscar legendaris kembali didatangkan Toyota Astra Motor. Mereka melansir GR Supra Special Edition. Sebelumnya mobil beraliran coupe ini dikenalkan di Thailand pada Juli 2020. Kalau versi standar 3,0 liter dilego Rp 2,158 miliar. Varian dengan tenaga lebih beringas dilepas Rp 2,179 miliar on the road Jakarta. Namun tersedia hanya 12 unit. Itupun menurut pabrikan langsung ludes diserbu konsumen.

“Toyota memang berupaya untuk secepatnya bisa membawa New GR Supra ke Indonesia. Sebagai bukti komitmen kami menghadirkan kendaraan terbaik bagi konsumen di semua segmen. New GR Supra Special Edition adalah persembahan terbaik bagi pengemar sportscar di mana pun berada, termasuk di Tanah Air. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk pasar sini, semuanya sudah habis terjual,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (22/9).

Toyota GR Supra family

Lantas apa yang membuatnya begitu spesial? Sebagai pembanding dari model eksis di sini. GR Supra reguler memiliki enjin 3,0 liter twin scroll turbocharger 6-silinder segaris, 24-Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing. Semburan tenaga maksimal 340 PS pada 5.000-6.500 rpm. Kemudian dorongan torsi optimal 500 Nm di rentang 1.800-5.000 rpm. Sedangkan di model Special Edition, jantung pemompa daya diramu ulang, hingga membuncahkan tenaga lebih besar. Yakni 285 kW (387 PS) rentang 5.000-6.500 rpm. Namun tonjokkan momen puntir tetap sama. Penyaluran power mengandalkan transmisi 8-speed Sport Automatic.

Baca Juga: First Drive Toyota GR Supra

Kemudian terdapat penambahan strut brace atau sturt bar. Peranti ini bisa meningkatkan stabilitas mobil kala digeber kencang serta bermanuver tajam. Para insinyur Toyota memutuskan memotong rasio wheelbase menjadi 2.470 mm, agar pusat gravitasi lebih rendah. Lantas distribusi berat kendaraan dibuat seimbang. Komposisinya 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Racikan inilah yang bikin Supra tetap stabil dalam berbagai kondisi lintasan, terutama saat melewati tikungan.

Toyota GR Supra

Agar makin asyik dikendarai, gardan GR Supra terbaru dilengkapi teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan dan bisa dipacu pada trek lurus. Kunci kehebatan Supra terletak pada tiga elemen stabilitas kendaraaan. Yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) serta pusat gravitasi (center of gravity).

Urusan tampilan, kedua model serupa tapi tak sama. GR Supra 2020 Edition juga tampak memesona plus kian aerodinamis. Bumper depan dan belakang tampil dengan lekukan sporty. Bagian samping terlihat lebih ramping, sehingga pelek 19 inci berkelir hitam terlihat lebih menonjol. Kaliper rem merah pun bertuliskan Supra, ala mobil balap betulan. Opsi warna baru juga tersedia: Horizon Blue.

Toyota GR Supra

Rancangan anyar diberikan guna mengurangi hambatan udara. Secara efektif juga menghasilkan downforce tinggi, hingga meningkatkan handling dan stabilitas. Ia juga punya desain double bubble, yang berfungsi supaya mengalirkan udara ke spoiler belakang untuk memberi gaya tekan. Spoiler belakang berbentuk duck-tail, terintegrasi dengan desain buritan. Kesan mobil legendaris tetap melekat kuat. Kalau semuanya diakumulasikan, GR Supra Edition 2020 punya daya tarik kuat, jadi barang koleksi.

Baca Juga: Liberty Walk Rilis Paket Body Kit Toyota GR Supra, Sarat Nuansa Balap

GR Supra dikembangkan oleh tim teknisi Gazoo Racing melalui serangkaian uji coba panjang. Baik di jalan raya maupun sirkuit. Bahkan meski ketika dalam bentuk prototipe, mobil ini turut diikutsertakan dalam lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nürburgring, Jerman. Selanjutnya, keikutsertaan protipe GR Supra di ajang motorsport memberi peluang untuk menguji batas maksimum kemampuan batas ini lebih jauh. Sehingga saat didagangkan menjadi produk unggulan. Semua itu bertujuannya agar menemukan komposisi seimbang antara kenyamanan berkendara sehari-hari maupun diajak ngebut.

“Dikembangkan melalui misi guna mencapai Supreme Fun To Drive. GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu namun menjanjikan performa kelincahan dan kenyamanan saat berada di jalan raya. Kehadiran Special Edition merupakan bagian dari semangat Toyota Let’s Go Beyond untuk senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan. Sejalan dengan upaya mewujudkan Total Ownership Experience melalui pilar Beyond Product, Beyond Techonology serta Beyond Service,” pungkas Anton. (Alx/Odi)

Baca Juga: Hypercar Hybrid Toyota GR Super Sport Tampil Perdana di Prancis

Jelajahi Toyota GR Supra

Toyota GR Supra Rp 2,15 Milyar Cicilan : Rp 48,99 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store