Toyota Avanza Dari Masa Ke Masa

Gambar
Review Pengguna

Awal kemunculan Toyota Avanza di Indonesia, terjadi pada 11 Desember 2003 di event Gaikindo Auto Expo. Mobil ini hasil kolaborasi pertama PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Daihatsu menjual mobil serupa dengan nama Xenia. Selain di Indonesia, Avanza juga diproduksi di Malaysia oleh Perodua manufacturing Sdn. Bhd dan di Cina oleh FAW Jilin.

Avanza memuncaki penjualan segmen MPV

Avanza menjadi pelopor kelas baru di masa itu, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di tanah air. Kini, hampir empat belas tahun ia menemani konsumen Indonesia. Avanza telah berganti generasi dan mengalami banyak penyegaran. Jutaan Avanza yang terjual sukses, membius konsumen hingga kini. Avanza selalu menjadi barometer dan tauladan bagi setiap kompetitor barunya yang datang. Bagaimana perjalanan Avanza dari masa ke masa? Berikut perkembangan Avanza dari generasi pertama hingga sekarang.

Generasi Pertama (2003-2011)

avanza1

Generasi pertama Avanza diperkenalkan pada 2003 dalam dua tipe : 1.3 E dan 1.3 G bertransmisi manual 5-speed. Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini, hanya dijual dalam satu pilihan mesin, 1,3 liter dan satu jenis transmisi, manual. Tipe terendahnya sangat minim fitur, hanya menggunakan pelek kaleng, rumah spion tipis dan masih belum memakai AC double blower. Sedangkan tipe G sudah memakai double blower, pelek alloy, rumah spion yang lebih modern dan lainnya. Setahun berselang, tipe tertinggi Avanza itu mendapat tambahan varian baru dengan trasmisi otomatis 4-speed.

Perubahan dilakukan Toyota pada bagian mesin Avanza di 2006. Bulan Juli mereka membenamkan teknologi VVT-I (Variable Valve Timing Intelligence). Teknologi ini memungkinkan pengaturan asupan mixture udara dan bensin yang variable dengan memasangkan klep pintar di head mesin. Varian baru Avanza 1.3 S  juga diperkenalkan.

Varian terbaru adalah tipe tertinggi Avanza dengan sejumlah penambahan body kit untuk eksteriornya. Sejak saat itu, fitur keselamatan rem ABS (Anti-lock Brake System) mulai dipasangkan pada Avanza.

Akhir 2006, Toyota kembali memperkenalkan varian baru Avanza, yakni dengan pilihan mesin 1,5 liter VVT-I. Bila sebelumnya transmisi otomatis hanya tersedia pada tipe tertinggi saja, di 2009 Avanza tipe terendahnya pun diberikan pilihan transmisi otomatis 4-speed.

Generasi Kedua (2011-Sekarang)

2016-Toyota-Avanza-1

Full model change Avanza dilakukan di November 2011. Penambahan dimensi panjang membuat bagasi belakangnya dapat memuat galon air isi ulang, meski kursi baris ketiga berdiri tegak untuk diduduki penumpang. Tampilan eksterior dan interior pun berubah. Generasi keduanya tersedia dalam 2 pilihan mesin, 1,3 liter dan 1,5 liter. Keduanya juga ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Kenyamanan kabin juga ditingkatkan. Lapisan roof lining yang tadinya berbahan kulit semi sintetis diganti bahan yang lebih keras. Jadi kabin Avanza lebih dapat meredam panas sinar matahari dan suara berisik air. Sejak generasi kedua pula kursi baris keduanya bisa digeser maju mundur selain reclining.

Menandai mulainya generasi kedua Avanza, Toyota menawarkan varian teratas baru yang bernama Veloz. Tak cuma sekadar menambah body kit, Toyota bahkan memasang wajah yang berbeda untuk varian teratas. Mulai dari grille depan, bemper depan, hingga fitur yang terdapat di dalamnya.

Sukses Avanza menarik perhatian produsen mobil lainnya. Suzuki memperkenalkan Ertiga dan Honda mendatangkan Mobilio. Pada 2013, peningkatan kualitas terus dilakukan Toyota untuk mengimbangi kompetitornya. Fitur keselamatan ditingkatkan dengan menyematkan dual SRS Airbag dan menyempurnakan level NVH (Noise, Vibration dan Harshness). Toyota juga merancang kursi baru yang lebih tebal dan tiga head rest untuk kursi baris kedua. Setahun sesudahnya, Avanza Luxury diperkenalkan dengan sejumlah penambahan ornamen pada bagian eksterior dan interior.

Toyota_Avanza_facelift_1.5S_01-850x604

Peyegaran terakhir dilakukan pada 2015. Toyota menyebut mobil ini sebagai Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Avanza facelift ini, mengalami operasi ganti wajah karena memiliki penampilan yang berubah secara signifikan dibanding sebelumnya. Interiornya kini memakai warna dual tone yang elegan. Fitur hiburan ditingkatkan dengan head unit layar sentuh. Begitupun dengan fitur penunjang berkendara seperti ECO indicator lamp dan lainnya.

Penyegaran untuk Veloz malah lebih hebat lagi, sekarang memakai lampu utama model proyektor. Selepas Mobilio RS berganti wajah, Veloz kini menjadi satu-satunya small MPV di Indonesia selain Wuling Confero yang memakai lampu jenis ini. Grand New Avanza juga terbaru sudah dibekali mesin baru berteknologi Dual VVT-I.

Fitur terakhir merupakan pengembangan dari VVT-i yang membuatnya tersedia bukan hanya di klep intake saja namun juga pada klep exhaust. Hasilnya efisiensi Avanza dan Veloz dijanjikan lebih efisien. (Rzk/Van)

Baca Juga : Perbedaan Grand New Avanza dan Veloz

Jelajahi Toyota Avanza

Toyota Avanza Rp 202,7 - Rp 232,85 Juta Cicilan : Rp 4,62 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store