Suzuki Edukasi Siswa SMK Tentang Green Technology di GIIAS

Suzuki Edukasi Siswa SMK Tentang Green Technology di GIIAS
Gambar
Review Pengguna

Tangerang: PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar Student’s Day di Gaikindo Indonesia Intrnational Auto Show (GIIAS) 2016 dengan mengundang siswa dari SMKN 5 Jakarta. Acara ini berisi talkshow untuk mengedukasi siswa mengenai ‘Green Technology’ Suzuki yang ramah lingkungan dan disertai dengan serah terima donasi berupa 1 unit APV pada sekolah tersebut untuk dijadikan bahan praktikum para siswa.


“Kami melihat ini belum banyak siswa yang mengikuti perkembangan teknologi di dunia otomotif salah satunya mengenai Green Technology. Padahal, dunia pendidikan dan dunia industri harus selaras agar menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk kemajuan industri otomotif tanah air. Oleh karena itu kami mengadakan acara ini agar para pelajar mengetahui lebih dalam mengenai ‘Green Technology’ yang diterapkan melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle yang sudah digunakan di mobil Suzuki,” ujar Dwi Tjahayanto, Department Head Strategic Planning PT SIS, Kamis (18/8) di hall 9B ICE BSD.



Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari corporate social responsibility yang rutin digelar SIS. Menurut Arviane D.B., CSR and Internal Communication SIS, pihak Suzuki merasa terpicu melihat perkembangan kurikulum di SMK yang terbilang lambat “Para siswa saat ini masih mempelajari karburator, padahal teknologi di industri sudah berkembang sangat jauh, bukan hanya injeksi namun di Suzuki saja sudah sampai Smart Hybrid.”


Untuk memaparkan ini, mereka pun menunjuk Editor Liputan6.com, Sigit Santoso untuk berbicara mengenai perkembangan terbaru “Green Technology” di dunia otomotif yang dijalankan Suzuki kepada para pelajar dan mahasiswa tersebut.


Dalam talkshow, Sigit menerangkan bahwa saat ini tren dunia otomotif ke depan menggunakan produk ramah lingkungan melalui konsep “Green Technology”. Teknologi ini hasil pengembangan dan penerapan produk yang dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan meminimalisir bahkan menghilangkan polutan dalam prosesnya.



Lewat teknologi yang dikembangkan Suzuki, para siswa mendapatkan informasi mendetail tentang sistem hybrid terandal yang dimiliki Suzuki, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). SHVS merupakan sistem hybrid ringan (mild hybrid system) yang terdiri dari mesin bakar internal dan ISG (Integrated Starter Generator). Teknologi ini mirip dengan hybrid konvensional, namun lebih maju lagi dan lebih visibel untuk penggunaan masyarakat.


ISG merupakan generator dengan fungsi sebagai motor listrik yang akan meringankan kerja mesin selama akselerasi. Pada saat kendaraan berdeselerasi atau idle, ISG akan mendapatkan asupan tenaga listrik yang akan dihimpun dan dikirim ke baterai lead-acid dan baterai Lithium-ion. Tenaga listrik yang tersimpan inilah yang akan digunakan untuk meringankan kerja mesin selama akselerasi. SHVS telah digunakan di mobil-mobil kecil seperti Suzuki Ciaz, iK-2 dan iM-4 Concept Car.


Meski saat ini mobil produksi Suzuki di Indonesia belum ada yang menggunakan teknologi ini, namun SIS ingin menunjukkan pada masyarakat, utamanya lewat para siswa SMK yang akan menjadi garda terdepan perkembangan teknologi di Indonesia, bahwa teknologi terdepan sudah tersaji di depan mata.


Baca Juga: Toyota Gelar Konser Musik Klasik untuk Dana CSR

Jelajahi Toyota Vios

Toyota Vios Rp 321,75 - Rp 343,65 Juta Cicilan : Rp 7,34 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store