jakarta-selatan
kali dibagikan

Road Test New Nissan X-Trail VL: Bertabur Teknologi Cerdas

  • 08 Agt, 2019
  • 21873 Kali Dilihat


Satu dekade belakangan, Nissan melewati masa kejayaan SUV dengan baik bersama X-Trail. Agar semakin mengukuhkan eksistensi SUV gagah ini, generasi ketiga disegarkan untuk melanjutkan tongkat estafet Nissan di kelas yang semakin berat. Perubahannya amat berarti. Walau kulitnya tak banyak berubah karena masih dalam fase facelift, namun bersemayam banyak fitur canggih yang patut diperhitungkan lawan.



Wajah gres X-Trail dengan desain urban stylish yang dinamis, mengalir dari depan hingga belakang, semakin mempertegas karakter mobil ini. Mudah dibuat terkesima bila melihat langsung New X-Trail ini. Lekukan-lekukan modern yang mengalir halus, membentuk otot layaknya SUV masa kini. Dilihat dari depan, X-Trail menampilkan sepasang headlamp menyatu langsung dengan grille, ditengahi grille model baru yang menegaskan bahasa desain V-Motion. Berpadu apik bersama garis bodi samping yang luwes, membentuk otot kekar di area wheel arch. Tambah keren lagi, tipe VL ini menggunakan pelek ukuran 19-inci. Ruang roda yang besar makin terisi penuh. Fitment-nya pun enak dipandang. Begitu pula sisi belakang. Dihias lampu dengan lampu signature boomerang di dalamnya, lalu bagian putih dibuat menghitam. Makin sporty!


Selain kerapihan finishing dan penggunaan material berkelas, Nissan juga memperhatikan unsur penting ergonomi serta fungsionalitas tinggi di kabin. Setir model flat bottom tidak hanya bergaya sport, tapi juga menambah luas area kaki dan mempermudah akses keluar-masuk kabin. Daftar panjang fitur baru mulai terlihat jelas di kabin. Power Panoramic Sunroof menghias plafon sebagai standar di X-Trail VL. Mengakses bagasi semudah mengayunkan kaki ke arah kolong. Touchless Back Door with Foot Sensor, memastikan kemudahan membuka pintu belakang bila tangan sedang repot membawa banyak barang.



X-Trail masih diperkuat mesin peninggalan generasi pertama, QR25DE. Dapur pacu ini sudah teruji ketangguhannya dan terkenal bertenaga. Berbagai penyesuaian dan setelan yang perlu dilakukan, sehingga dapat menghasilkan daya 171 PS atau tidak berubah dari versi sebelumnya. Mesin ini menghasilkan tenaga berlimpah terutama di putaran mesin tinggi. Transmisi CVT berandil besar untuk menyalurkan tenaga seefektif dan seefisien mungkin berkat ekspansi rasio gear lebar serta fleksibel. Menghasilkan kombinasi terbaik antara performa maupun konsumsi bahan bakar.


Akselerasi berlangsung cepat. Torsi sudah mulai menyalak di kisaran 1.500 rpm. Penyaluran tenaga dan kehalusannya berlangsung sempurna. Sedikit injakan pada pedal gas dapat direspons spontan, diiringi laju yang terus meningkat. Apalagi ada mode manual di tuas, membuat pengendaraan bisa makin agresif, untuk mengeksplorasi torsi di tiap rentang putaran mesin.



X-Trail menawarkan pengendaraan layaknya SUV papan atas. Kenyamanannya tidak berbeda jauh dengan sedan medium. Bantingan lembut, bahkan lebih empuk dibanding X-Trail generasi terdahulu. Peredaman suspensi khas Nissan, mampu menyerap berbagai permukaan jalan. Pengendaraannya terasa mature dengan segala sesuatunya tertata rapi. Lebih menekankan kenikmatan mengemudi dalam hal kenyamanan dan mudah dikendarai.


Nissan menggelontorkan segudang fitur yang belum terpikirkan oleh para kompetitor di kelasnya. Tergabung dalam Nissan Intelligent Mobility, Nissan ingin memberikan pengalaman berkendara mutakhir untuk penggunanya. Ragam fitur baru tidak hanya cerdas, tapi juga mampu melindungi seluruh penumpang dari mara bahaya. Contohnya Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking. Sistem ini mampu mencegah terjadi benturan dengan objek di depan. Suara peringatan langsung berbunyi jika jarak dengan mobil depan terlalu dekat. Jika pengemudi terlambat menahan laju kendaraan, rem bekerja otomatis.



Fitur lain seperti Lane Departure Warning (LDW), Blind Sport Warning (BSW), Cross Traffic Alert (CTA) dengan Moving Object Detection (MOD) sangat membantu pengemudi agar terhindar dari insiden yang tak diinginkan. Lalu satu fitur baru pertama kali ada di kelasnya ini begitu menarik. Intelligent Cruise Control, amat menambah kenyamanan pengemudi kala berkendara jarak jauh di jalan tol. Sistem bakal menahan kecepatan sesuai mobil di depannya, sembari menjaga jarak aman. Kaki kanan bisa santai tanpa menekan pedal gas dan rem lagi. Bahkan mampu terus mengikuti sampai mobil depan berhenti. Asalkan tidak berhenti lebih dari 3 detik, X-Trail mampu kembali beranjak jalan secara otomatis.


Berbekal segudang teknologi baru, New X-Trail kembali mencuri perhatian besar di segmen mid-SUV. Plus segala kelebihan yang dibawa sejak generasi ketiga ini beredar, membuatnya makin komplet dibanding SUV lain. (ADV)


Baca Juga: Mengupas Fitur Safety Canggih Nissan X-Trail

  • Diterbitkan Oleh
    OTO

Harga dan Promo Varian X Trail

  • VL | Rp 542 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 108 Juta
    Angsuran Rp 11 Juta
    Tenor 59 Months
    Lihat Promo

Video Nissan X Trail

Lihat video terbaru Nissan X Trail untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Nissan Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi