Raize dan Rocky Disebut Meluncur 30 April 2021, Dealer Buka Booking Order Rp 5 Juta

Raize dan Rocky Disebut Meluncur 30 April 2021, Dealer Buka Booking Order Rp 5 Juta
Gambar
Review Pengguna

Kabar kehadiran dua SUV kompak, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, kian santer. Selain beragam informasi yang beredar juga dengan masuknya nama keduanya dalam daftar penerima relaksasai PPnBM yang mengkuatkan sinyal tersebut. Satu pertanyaan yang masih menggantung adalah soal waktu, kapan peluncurannya kepada publik. Kami secara tidak sengaja mendapatkan jawabannya.

Baik PT Astra Daihatsu Motors maupun PT Toyota Astra Motor masih belum mengkonfirmasi tanggal peluncuran Raize dan Rocky. Beberapa kali kedua pihak mengelak menjawab pertanyaan yang diajukan media. Namun kami informasi dari sales salah satu dealer Toyota di bilangan Pasar Minggu, Jakarta, yang menyebut Raize akan segera meluncur pada 30 April 2021 alias akhir bulan ini.

"Toyota Raize sudah dipesan sekitar 30 unit (di dealernya) dan uang tanda pemesanan (panjer) sekitar Rp 5 Juta, rencananya sih peluncurannya akhir bulan ini, 30 April 2021," kata seorang tenaga penjual Toyota di dealer tersebut.

Sang Sales tersebut juga menyampaikan bahwa antusiasme konsumen pada Toyota Raize cukup tinggi dan sudah banyak yang bertanya soal unit baru ini bahkan melakukan pemesanan. Dipastikan keduanya akan diluncurkan dalam waktu bersamaan atau dengan waktu yang berdekatan. Hal yang selalu dilakukan Toyota dan Daihatsu saat memperkenalkan model kembarnya seperi Avanza - Xenia, Rush - Terios, Calya - Sigra, maupun Agya - Ayla.

Satu pertanyaan lain adalah soal harga. Sales juga tidak menyebut harga resmi keduanya. Sebagai informasi, Raize dan Rocky bermain di segmen pasar SUV kecil empat meteran. Segmen ini dihuni duluan oleh kendaraan macam Nissan Magnite, Kia Sonet di Tanah Air. Satu-satunya informasi didapatkan dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Ada 6 varian yang ditawarkan untuk Rocky dengan harga paling rendah Rp 130 juta dengan nomor koding 103091 27549, hingga A250RS-GBVVJ10R AT seharga Rp 168 juta. Perlu dicatat, harga itu belum termasuk perpajakan, Bea Balik Nama (BBN) serta margin keuntungan perusahaan. Itu semua tertera di Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama 2021.

Untuk Raize -- sama seperti Daihatsu Rocky -- ada dua pilihan mesin yaitu 1.0T dan 1.2L. Berdasar Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama 2021 Kemendagri. Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari T brand ini tercatat memiliki enam varian dengan harga mulai Rp 146 juta - Rp 198 juta.

Baca juga: Manfaatkan Momentum Relaksasi PPnBM, Alasan Daihatsu Daftarkan Rocky dan Segera Meluncur

Toyota Raize

Toyota Raize

Spesifikasi

Target utama mobil ini, konsumen yang berorientasi gaya, menikmati kehidupan muda nan aktif. Cocok dijadikan teman liburan, berkerja dan berbelanja. Ia memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm. Selain itu jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 185 mm. Ukurannya ringkas, sangat cocok bagi mobilitas kaum urban.

Raize dan Rocky mengandalkan mekanikal pacu 1KR-VET berkonfigurasi 1.0 liter tiga silinder segaris, 12 valve, DOHC plus dorongan turbo. Mesin menenggak bensin dengan sistem penyemprotan injeksi ke ruang bakar. Tenaga dihasilkan mencapai 98 PS pada 6.000 rpm. Kemudian torsi puncak 140 Nm, tersedia mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm.

Kemudian jantung mekanis kedua bervolume 1,2 liter yang disedot secara alami. Buncahaan mencapai 88 PS dan momen puntir maksimal diraih 118 Nm. Opsi penyaluran energi kinetik melalui D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission. Ada pula girboks manual lima percepatan. Memang hal tersebut akan dipastikan pada saat peluncurannya.

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky

Raize lebih tampan dari Rocky dari soal tampilan. Mukanya sangat mirip dengan RAV4 terbaru. Dibanding milik Daihatsu, grille trapesium besar disemprot cat hitam. Sudut kedua sisi mengotak, berpadu tonjolan bumper depan. Fog lamp bulat ditemani lampu strip LED di atasnya. Dalam gambar bocoran, semua fender dilapis plastik gelap, sambung dengan side skrit di seluruh tubuh.

Impresi sosok crossover begitu kuat. Penerapan spion dan atap mengambang serbahitam diberikan, demi mendapat karakter menonjol. Di bawahnya, pelek dual tone lima palang dipasang mempermanis tampilan. Daihatsu Rocky mengusung pelek alloy 17 inci dibalut ban 195/60 R17. Setidaknya Raize punya kemiripan ukuran. Peralatan interior dapat mencakup sisipan aksen perak, monitor layar sentuh mengambang dan ventilasi AC trapesium.

Besar kemungkinan Raize diproduksi lokal di fasilitas milik Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat. Sehingga ia bisa menyerap tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih banyak. Singkat kata, perusahaan dapat menyuguhkan angka lebih kompetitif dan bersaing dari lawan setingkat. (Ndo/Raju)

Baca juga: Selain Daihatsu Rocky, Toyota Raize Turbo pun Siap Masuk Pasar Indonesia