Pilih Suzuki Ertiga atau Daihatsu Xenia?

Pilih Suzuki Ertiga atau Daihatsu Xenia?

Memilih LMPV, ternyata gampang-gampang susah. Pasalnya, dengan harga yang beda-beda tipis, fitur yang ditawarkan juga berbeda. Cara memilih paling benar, sesuaikan kebutuhan dan budget. Bagaimana dengan Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia? Lebih baik yang mana?

Ada beberapa poin unggul dari Ertiga, meski secara keseluruhan Xenia menawarkan fitur lebih banyak. Sebelum itu, kita lihat dulu perbandingan fitur dan harga Ertiga dengan Xenia. Supaya lebih adil, kita ambil varian tertinggi dari kedua model. Ertiga GX AT dan Xenia R AT Sporty.

Dari sisi performa mesin, memang keduanya tak jauh berbeda. Mesin Ertiga lebih besar dari Xenia. Tapi Xenia sudah pakai mesin baru dual VVT-i. Ertiga menggendong mesin 1.4 liter VVT berdaya 92 PS dan torsi puncak 130 Nm, sedang Xenia 1.3 liter bertenaga 97 PS dan torsi 121 Nm. Jadi Ertiga unggul di torsi, sementara Xenia lebih bertenaga.

Xenia favorit taksi online

 

Mesin baru dual VVT-i Xenia diklaim lebih irit dibanding sebelumnya. Tapi menurut data yang kami dapatkan, pengujian konsumsi luar kota jalan tol Ertiga lebih baik dengan 19,2 km/liter sementara Xenia 16,8 km/liter. Memang hasil konsumsi dipengaruhi banyak faktor. Yang jelas, keduanya termasuk irit untuk digunakan sehari-hari.

Dari segi penampilan, Xenia varian tertinggi bertabur krom seperti grille, bingkai jendela samping dan gagang pintu. Ertiga juga melekatkan sejumlah krom di eksterior. Sedang penampilan dalam, keduanya harus kami serahkan ke selera masing-masing. Yang pasti, meski jarak sumbu roda Ertiga lebih panjang sedikit dari Xenia, entah karena alasan apa kabin Xenia terasa lebih lega.

Ertiga berada di posisi kelima penjualan MPV Indonesia

Dukungan hiburan dalam kabin juga lebih lengkap Xenia. Pada varian R AT Sporty infotainment, Xenia menawarkan layar sentuh yang bisa memutar cakram CD/DVD/MP3 dan sudah ada GPS terintegrasi. Layar itu, juga bisa menampilkan tangkapan kamera parkir mundur. Sementara Ertiga selain varian Dreza masih menggunakan head unit audio 2DIN.

Soal safety, Xenia lumayan lengkap. Ada dua kantung udara di depan serta sensor di bagian depan dan belakang. Sayangnya, belum ada ABS untuk meningkatkan keselamatan. Ertiga juga punya dua kantung udara dan sudah punya rem ABS, cuma sensor parkir dan kamera mundur plus layar infotainment harus menambah pembelian aksesori.

Terakhir dari segi harga. Ertiga GX AT dibanderol Rp 226,5 juta sementara harga Xenia R AT Sporty Rp 215,1 juta. Melihat harga dan fitur, kami sangat ingin memilih Xenia. Namun, mempertimbangkan safety, Ertiga dengan ABS jauh lebih baik ketimbang Xenia. Bagaimana dengan Anda? Pilih fitur hiburan banyak atau safety first?

Baca Juga: Pilih Suzuki Ertiga Bensin atau Diesel?

Komparasi Suzuki Ertiga vs Daihatsu Xenia

Suzuki Ertiga
  • Rp 201,9 - Rp 255,15 Juta
Daihatsu Xenia
  • Rp 170,65 - Rp 218 Juta
Ertiga vs Xenia

Model Mobil Suzuki

  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
  • Suzuki APV Luxury
    Suzuki APV Luxury
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Karimun Wagon R GS
    Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Suzuki Karimun Wagon R
    Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki SX4 S Cross
    Suzuki SX4 S Cross
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno
Mobil Suzuki

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Suzuki Ertiga Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Suzuki Ertiga

Bandingkan & Rekomendasi