• Wishlist

Perodua Axia Facelift, Kembaran Daihatsu Ayla Mulai Menampakkan Diri

Perodua Axia Facelift, Kembaran Daihatsu Ayla Mulai Menampakkan Diri

Dalam situs resmi, Perodua tampilkan siluet Axia. Sebuah kendaraan hatchback yang juga kembaran Daihatsu Ayla. Baru-baru ini, muncul gambar unit gres yang tengah digendong truk. Lalu foto unit lain tampak sedang parkir dengan kelir orange. Terkuak adanya penyegaran ringan. Meski belum dirilis, namun perusahaan sudah membuka pemesanan.


ayla facelift


Munculnya gambar ini, menyibak sosok Axia. Melihat kelengkapan fisik, sepertinya bakal menjadi varian termahal. Lihat saja bagian depan, yang mengingatkan kita pada Daihatsu Sirion. Grille membentuk sudut hexagonal lebar. Lapisan krom menggaris di atas bersama logo Perodua. Lampu utama terlihat pakai LED plus DRL dan fog lamp.


Agar tambah memesona, tertempel lapisan plastik hitam di dekat rumah fog lamp. Menyatu dengan alis depan (fender), side skirt hingga ke bagian belakang. Ditambah roof rail gelap di atap mobil. Terdapat pula pelindung bumper depan dan belakang yang berlapis cat silver. Sementara komposisi seluruh bodi, terlihat masih sama dari model lama. Kesannya bak kendaraan crossover mungil yang bisa diajak melancong jauh. Bukan semata mobilitas perkotaan.


Kalau dari spesifikasi pabrikan, model tertinggi pakai pelek dual tone lima palang 15 inci. Menambah jarak pijak tanah 15 mm. Sayangnya tidak ada gambar interior di sini. Namun diprediksi, tatanan dalam tak banyak berubah. Paling sebatas penyegaran lapisan warna dan penutup jok yang dibalutkan.


ayla crossover


Mesin yang terpasang tetap pakai 1KR-VE 1,0 liter VVT-i. Unit daya menyuplai torsi maksimal 90 Nm dan tenaga 67 PS. Kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Di sana, klaim konsumsi bahan bakar (kombinasi) mencapai 22,5 km/liter untuk tipe manual. Sementara 21,6 km/liter pada gearbox otomatis.


Fitur dan Harga


Perodua sudah membuka data spesifikasi Axia 2019. Cuma menunggu peluncuran dan banderol resmi. Dan yang jadi unggulan Axia facelift ialah Smart Safety. Ia mendapatkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Advanced Safety Assist 2.0 (ASA 2.0) dengan deteksi pejalan kaki. Axia ditawarkan dalam enam varian: E, G, Style, GXtra, SE dan AV yang jadi kasta tertinggi. Untuk varian terendah, E sangat minim fitur. Bahkan tak tersedia audio speaker. Tipe E tetap menjadi mobil termurah buat konsumen Malaysia. Ini menjadi satu-satunya varian yang mengusung gearbox manual lima percepatan.


Sementara tipe G ke atas, sudah dibekali ABS dan EBD. Unit ini memakai pelek aluminium 14 inci. Dan sekarang, hanya tersedia dengan transmisi otomatis empat percepatan. Lalu varian GXtra (level tengah baru) dan di atasnya dilengkapi VSC serta peranti pengereman itu. Model facelift juga menambah varian Style baru. Ditempatkan di antara model GXtra dan SE. Sedangkan fitur ASA 2.0 ditawarkan pada tipe tertinggi.


Inilah kelengkapan fitur AV: VSC plus TRC, ABS+EBD, Anti Snatch Hook, Smart Entry, Star Stop Button, Reverse Camera, Front Corner Sensors, Reverse Sensor, Electric Side Mirror dan pedestrian detection. Estimasi harga Axia baru, mulai dari RM 24.090 (Rp 81 juta). Lalu varian Style sekitar RM 38.890 (Rp 131 juta) hingga tipe termahal RM 43.190 (Rp 145 juta). Bagaimana tampilan barunya menurut Anda? (Alx/Odi)


Sumber: Facebook Ajerulofficial


Baca Juga: Daihatsu Sigra 1.000 cc Masih Banyak Peminatnya

Jelajahi Daihatsu Ayla 2020

Daihatsu Ayla 2020 Rp 101,65 - Rp 159,4 Juta Cicilan : Rp 2,32 Juta

Bandingkan & Rekomendasi