First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan

First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
Contents

All New Astra Daihatsu Ayla menjadi salah satu model terbaru yang hadir perdana di ajang Gaikindo Jakarta Auto Show (GJAW) 2023. City car yang bermain di segmen LCGC ini membawa beberapa ubahan dengan tawaran mesin 1.0L dan 1.2L serta pilihan transmisi CVT juga manual.

KEY TAKEAWAYS

  • All New Daihatsu Ayla

    Ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.0L dan 1.2L
  • Pada pameran otomotif tahunan ini, Daihatsu menyertakan unit Ayla terbaru untuk dicoba pengunjung pameran di area test drive. Unit yang disediakan adalah All New Ayla 1.0L dengan transmisi manual serta 1.2L dengan transmisi CVT.

    Oto.com segera mengambil kesempatan menjajal kedua unit ini. Setelah melakukan pendaftaran di meja registrasi test drive, arahkan langkah menuju area test drive di bagian belakang JCC Senayan.

    Seperti apa impresi perdana mengemudikan LCGC Ayla terbaru? Berikut laporannya.

    Ayla X

    Posisi Duduk

    Berada di balik kemudi kedua model tidak memberikan perbedaan mencolok. Berkat desain dasbor yang kini menggunakan garis horizontal, hampir serupa dengan Rocky, tidak sulit menemukan kenyamanan duduk di balik kemudi.

    Saat duduk di balik kemudi Ayla terbaru, pengemudi bisa mengatur rebah tegak jok serta posisi maju dan mundur lewat tuas manual di samping dan bawah jok. Sayang pada varian 1.0L belum tersedia fitur tilt steering sehingga posisi pengemudi disesuaikan lewat jarak jok.

    Kembali soal posisi duduk, kedua varian mesin ini menawarkan jok berbahan fabric. Busanya terbilang nyaman dengan penopang pada area pinggang lebar serta ada tambahan lumbar support untuk menahan badan. Catatan tersendiri pada area headrest tidak terpisah alias masih menyatu. Ini diberikan di seluruh varian Ayla terbaru. Meski demikian tidak terlalu berdampak pada kenyamanan saat berkendara.

    Ayla R

    Impresi perdana ini juga menghadirkan pengalaman sudut pandang di Ayla terbaru. Jarak pandang nampak luas. Kesannya juga menjadi lebih tinggi dibanding model lawas bahkan terasa menyerupai SUV. Memang kesan Rocky sedikit terasa di sini.

    Soal sudut pandang yang luas ini juga berkat desain pilar A yang terbilang kecil. Posisinya juga sedikit di depan membuat area titik buta saat berkendara di area test drive terasa minim.

    Bahasan tersendiri soal desain kemudi. Bahannya plastik keras, diameternya pas dalam genggaman, dengan desain sudah menyerupai Rocky. Sayangnya, baik di varian 1.0L dan 1.2L, tidak menyertakan tombol di area lingkar kemudi. Membuat desainnya terasa kosong.

    Mesin Ayla 1.2

    Performa

    Bahasan ini dibagi dua, sesuai dengan tawaran mesin yang dicoba. Sedikit cerita mengenai kondisi jalur test drive di JCC Senayan ini. Rute yang ditawarkan mengitari gedung dengan jalur yang sempit serta jalan yang tidak terlalu rata. Area jalur yang lurus hanya ada di bagian depan gedung, namun terkadang terganggu dengan banyaknya mobil yang berlalu lalang. Ini membuat pengalaman mencoba tawaran tenaga mesin terbaru Ayla tidak bisa maksimal.

    Kembali soal performa Ayla terbaru. Pertama varian 1.2L dengan transmisi CVT. Di atas kertas mesin WA-VE DOHC Dual VVT-i 1.198 cc tiga silinder segaris ini menawarkan tenaga maksimum 88 ps di putaran 6.000 rpm dan torsi 113 Nm di putaran 4.500 rpm.

    Secara singkat, karakternya mirip dengan Rocky. Tenaganya terasa terisi di putaran bawah dengan cepat. Karakter yang pas digunakan di area perkotaan. Soal perpindahan transmisi terbaru ini, memang tidak terasa reaktif dengan penggantian di RPM tinggi. Terasa lebih halus menyalurkan tenaga, sesuai dengan injakan kaki pada pedal akselerator.

    Transmisi ini menawarkan pola P, R, N, D, S dan B yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Saat mencoba di area terbatas, transmisi banyak di posisi D. Jalan santai dengan keinginan mendapatkan tenaga, terasa cukup di posisi transmisi ini. Sedikit ingin merasakan asupan tenaga maksimal bisa mengarahkan tuas ke posisi S atau B. Derungan mesin akibat putaran tinggi terdengar hingga ke kabin.

    all new ayla

    Berlanjut ke bahasan Ayla 1.0L dengan transmisi manual 5-percepatan. Di atas kertas mesin 1KR-VE DOHC VVT-i 998 cc tiga silinder segaris ini menawarkan tenaga maksimal 67 ps di 6.000 rpm dan torsi 89 Nm di 4.400 rpm. Mesin ini berbeda dengan model lawas dengan peningkatan tenaga juga torsi yang disesuaikan.

    Feeling mesin terbaru ini terasa bertenaga di putaran rendah. Pergantian transmisi juga terasa cukup mudah dengan sentuhan knob bundar yang nyaman digenggam. Mengendarai Ayla 1.0L transmisi manual di tempat terbatas ini tidak menemui banyak kesulitan. Karakter tenaga juga terasa cocok untuk situasi kemacetan kota meski rasa penasaran sebenarnya di jalan menanjak.

    Pengendalian

    Kedua model ini menawarkan rasa pengendalian serupa dengan penggunaan jenis kemudi rack & pinion dengan power steering electric. Lingkar kemudinya terasa ringan, atau mungkin malah sedikit kosong, saat dibelokkan. Tidak terlalu tajam namun masih reaktif mengikuti arah keinginan pengemudi melewati rute berkelok seputar JCC Senayan.

    all new ayla

    Penggunaan platofm D-NGA juga membuat kenyamanan dan performa kestabilan kendaraan lebih diperhatikan. Ayla terbaru masih menggunakan suspensi Macphersen Strut dengan coil spring di depan dan torsion axle beam dengan coil spring di belakang. Daihatsu menambahkan stabilizer sebagai standar di seluru varian.

    Hasilnya, pengendalian stabili dirasakan di impresi perdana ini. Sedikit terasa keras, namun terasa rebound yang ditawarkan lebih lambat untuk membuat pengendalian kendaraan lebih presisi. Jika digambarkan model terdahulu, goncangan atau jalan bergelombang membuat bodi kendaraan bergoyang hebat. Pada Ayla terbaru ini situasi tersebut bisa dikatakan tidak ditemui lagi.

    Sedikit bicara performa pengereman. Ayla terbaru menggunakan rem cakram berventilasi di depan dan tromol di belakang. Spesifikasi ini tentu lebih dari cukup untuk membuat mesin 1.0L dan 1.2L melambat saat dibutuhkan di berbagai situasi.

    Pembaruan platform pada Ayla membuat peningkatan kedapnya kabin cukup terasa meski masih tidak terlalu kedap. Masih ada suara mesin masuk dan ban masuk ke dalam kabin.

    Ayla

    Simpulan

    Impresi perdana pada dua model Ayla terbaru cukup berkesan. Pembaruan dibanding model lawas terasa jauh meningkat. Utamanya jika melihat produk ini akan bermain di kelas mobil murah dimana konsumen mobil pertama serta peralihan pengguna roda dua akan menjadi miliknya. Setidaknya dari sisi kualitas produk, kenyamanan yang ditawarkan, juga soal mesin yang diklaim lebih irit, akhirnya mobil murah ini tidak terasa murahan.

    Sedikit bicara soal tawaran fitur keamanan dan keselamatan. Pada Ayla tipe teratas teratas terdapat LED headlamp, push start button, head unit 7 inci, pengaturan AC digital, serta meter cluster dengan MID. Fitur keamanannya hadir dual SRS airbag, key free entry, hill start assist, kamera belakang, ABS EBD, VSC, dan front pretensioner seatbelt.

    Pada Ayla 1.0L, standar fitur keselamatannya antara lain Dual SRS Airbag, seatbelt with pretensioner, pengereman ABS dan EBD, serta kehadiran fitur VSC dan HSA untuk transmisi CVT.

    Berikut harga Ayla terbaru
    1.0 M Rp134.000.000
    1.0 X MT Rp146.900.000
    1.0 X MT ADS Rp152.800.000
    1.0 X CVT Rp166.900.000
    1.0 X CVT ADS Rp172.800.000
    1.2 R MT Rp164.000.000
    1.2 R MT ADS Rp169.900.000
    1.2 R CVT Rp184.000.000
    1.2 R CVT ADS Rp189.900.000

    (STA/TOM)

    Baca juga: First Drive Citroen C3: Small SUV Baru Bercita Rasa Croissant

    Setyo Adi Nugroho

    Setyo Adi Nugroho

    Pemuda asal Yogyakarta yang gemar fotografi dan dunia otomotif. Adi, begitu ia disapa, sudah cukup lama berkecimpung di jurnalisme. Khususnya otomotif. Salah satu poin paling menarik dari dirinya, sang bapak mengoleksi motor Honda Supra. Berlanjut sampai dirinya yang tetap setia menggunakan moped atau motor bebek Honda Supra di tengah terpaan gelombang skutik.

    Baca Bio Penuh

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Daihatsu

    • Daihatsu Sigra
      Daihatsu Sigra
    • Daihatsu Ayla
      Daihatsu Ayla
    • Daihatsu Terios
      Daihatsu Terios
    • Daihatsu Gran Max PU
      Daihatsu Gran Max PU
    • Daihatsu Xenia
      Daihatsu Xenia
    • Daihatsu Rocky
      Daihatsu Rocky
    • Daihatsu Gran Max MB
      Daihatsu Gran Max MB
    • Daihatsu Luxio
      Daihatsu Luxio
    • Daihatsu Sirion
      Daihatsu Sirion
    Harga Mobil Daihatsu

    Promo Daihatsu Ayla, DP & Cicilan

    • Ayla 1.0L M MT DP Rp 6,84 Juta Angsuran Rp 3,44 Juta x 60 Bulan Rp 134 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.0L X MT DP Rp 7,49 Juta Angsuran Rp 3,75 Juta x 60 Bulan Rp 146,9 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.0L X MT ADS DP Rp 7,78 Juta Angsuran Rp 3,89 Juta x 60 Bulan Rp 152,9 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.2L R MT DP Rp 8,34 Juta Angsuran Rp 4,15 Juta x 60 Bulan Rp 158,3 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.0L X CVT DP Rp 8,49 Juta Angsuran Rp 4,22 Juta x 60 Bulan Rp 166,9 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.2L R MT ADS DP Rp 8,64 Juta Angsuran Rp 4,29 Juta x 60 Bulan Rp 169,9 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.0L X CVT ADS DP Rp 8,78 Juta Angsuran Rp 4,36 Juta x 60 Bulan Rp 172,8 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.2L R CVT DP Rp 9,34 Juta Angsuran Rp 4,63 Juta x 60 Bulan Rp 184 Juta OTR Lihat Promo
    • Ayla 1.2L R CVT ADS DP Rp 9,64 Juta Angsuran Rp 4,77 Juta x 60 Bulan Rp 189,9 Juta OTR Lihat Promo

    IIMS 2024

    Video Mobil Daihatsu Ayla Terbaru di Oto

    Oto
    • All New Astra Daihatsu Ayla, Pakai Platform DNGA Jadi Bikin Keren | Media Drive
      All New Astra Daihatsu Ayla, Pakai Platform DNGA Jadi Bikin Keren | Media Drive
      09 Jun, 2023 .
    • All New Astra Daihatsu Ayla 1.2L, Standar Baru Buat LCGC | First Drive
      All New Astra Daihatsu Ayla 1.2L, Standar Baru Buat LCGC | First Drive
      21 Mar, 2023 .
    • COBA PERDANA ALL NEW ASTRA DAIHATSU AYLA 1.0L, LCGC TERMURAH - First Impression
      COBA PERDANA ALL NEW ASTRA DAIHATSU AYLA 1.0L, LCGC TERMURAH - First Impression
      21 Mar, 2023 .
    • Di Perkenalkan Tanpa Harga, Ini Perubahan All New Astra Daihatsu Ayla 2023
      Di Perkenalkan Tanpa Harga, Ini Perubahan All New Astra Daihatsu Ayla 2023
      20 Feb, 2023 .
    • Daihatsu Ayla | Review | Kelebihan dan kekurangan | OTO.com
      Daihatsu Ayla | Review | Kelebihan dan kekurangan | OTO.com
      28 Jul, 2020 .
    • Honda Brio Satya vs Daihatsu Ayla | Review | Pilih Yang Mana? | OTO.com
      Honda Brio Satya vs Daihatsu Ayla | Review | Pilih Yang Mana? | OTO.com
      28 Jul, 2020 .
    • Daihatsu Ayla 2020 | First Impression | Apanya Yang beda? | OTO com
      Daihatsu Ayla 2020 | First Impression | Apanya Yang beda? | OTO com
      19 Mar, 2020 .
    • First Impression New Astra Daihatsu Ayla I OTO.com
      First Impression New Astra Daihatsu Ayla I OTO.com
      11 Apr, 2017 . 2K kali dilihat
    • Peluncuran New Astra Daihatsu Ayla I OTO.com
      Peluncuran New Astra Daihatsu Ayla I OTO.com
      07 Apr, 2017 . 93 kali dilihat
    Tonton Video Mobil Daihatsu Ayla

    Bandingkan & Rekomendasi

    Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Rp 134 - 189,9 Juta
    Harga Ayla
    Renault KWID
    Renault KWID
    Rp 161 Juta
    4.75 (4 Ulasan)
    Harga KWID
    Jenis Bahan Bakar Bensin
    Bensin
    Mesin 998
    999
    Tenaga 66
    67
    Torsi 89 Nm
    91 Nm
    Ground Clearance 160 mm
    184 mm
    Jenis Transmisi Manual
    Otomatis
    Mesin 1.0L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve DOHC
    1.0L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve
    Bandingkan Sekarang

    Tren Hatchback

    • Yang Akan Datang
    • DFSK Mini EV
      DFSK Mini EV
      Rp 220 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Suzuki Swift 2024
      Suzuki Swift 2024
      Rp 195,69 - 295,69 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Hyundai i20 2024
      Hyundai i20 2024
      Rp 270 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Wuling E100
      Wuling E100
      Rp 345,6 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Wuling E200
      Wuling E200
      Rp 480 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Nissan Note e-Power
      Nissan Note e-Power
      Rp 2,908 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Mobil Hatchback Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Daihatsu Ayla dari Carvaganza

    • All New Astra Daihatsu Ayla Menangkan Best Urban Car di Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
      All New Astra Daihatsu Ayla Menangkan Best Urban Car di Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
      Setyo Adi, 13 Okt, 2023
    • All New Daihatsu Ayla Kena Recall Karena ECU, Konsumen Dapat Perbaikan Gratis
      All New Daihatsu Ayla Kena Recall Karena ECU, Konsumen Dapat Perbaikan Gratis
      Setyo Adi, 15 Sep, 2023
    • GIIAS 2023: Daihatsu Ayla Sport Tampilkan Inspirasi Konsep Modifikasi, Calon Varian Baru?
      GIIAS 2023: Daihatsu Ayla Sport Tampilkan Inspirasi Konsep Modifikasi, Calon Varian Baru?
      Alvando Noya, 18 Agu, 2023
    • All New Daihatsu Ayla Punya Dua Varian Mesin, Mana yang Lebih Irit?
      All New Daihatsu Ayla Punya Dua Varian Mesin, Mana yang Lebih Irit?
      Tomi Tomi, 16 Mei, 2023
    • TEST DRIVE: Ajak All New Daihatsu Ayla CVT Lahap Jalan Berbukit Yogyakarta
      TEST DRIVE: Ajak All New Daihatsu Ayla CVT Lahap Jalan Berbukit Yogyakarta
      Tomi Tomi, 12 Mei, 2023

    Artikel Mobil Daihatsu Ayla dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • LCGC Indonesia Lewat! Kei Car di Jepang Jauh Lebih Canggih nan Murah
      LCGC Indonesia Lewat! Kei Car di Jepang Jauh Lebih Canggih nan Murah
      Anjar Leksana, 01 Nov, 2023
    • Daihatsu Recall 3.383 All New Ayla 1.0L untuk Pengecekan ECU
      Daihatsu Recall 3.383 All New Ayla 1.0L untuk Pengecekan ECU
      Anjar Leksana, 15 Sep, 2023
    • Tertarik Kredit Syariah Daihatsu Ayla 1.0 X CVT 2023, Cicilannya Murah
      Tertarik Kredit Syariah Daihatsu Ayla 1.0 X CVT 2023, Cicilannya Murah
      Anjar Leksana, 14 Sep, 2023
    • Rahasia Mesin WA-VE Milik Daihatsu Ayla Jago Nanjak dan Tetap Irit
      Rahasia Mesin WA-VE Milik Daihatsu Ayla Jago Nanjak dan Tetap Irit
      Ardiantomi, 17 Mei, 2023
    • Komparasi Suzuki S-Presso AGS Lawan Daihatsu Ayla 1.0 X CVT, Ini Hasilnya
      Komparasi Suzuki S-Presso AGS Lawan Daihatsu Ayla 1.0 X CVT, Ini Hasilnya
      Anjar Leksana, 04 Apr, 2023

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*