• Wishlist

Nissan Serena Autech VS Toyota Voxy

Nissan Serena Autech VS Toyota Voxy

Nissan Serena, selalu menjadi pemain utama di segmen mid-size MPV (Multi Purpose Vehicle) berkonsep bodi boxy dengan pintu geser di Indonesia. Selama periode Januari sampai September 2017, terjual sebanyak 1.169 unit sekaligus menjadi yang terlaris di kelasnya. Menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualannya jauh mengungguli rivalnya seperti Toyota Voxy (386 unit), Mazda Biante (318 unit), Hyundai H1 (256 unit) dan Mitsubishi Delica (154 unit).


Toyota Voxy adalah rival paling baru. Voxy pun terhitung baru diniagakan sejak beberapa bulan terakhir. Ia datang dengan wajah lebih segar dan memiliki sejumlah fitur unggulan. Melihat spesifikasi dan fitur yang dimilikinya, apakah Voxy lebih baik dari Serena?


 


Harga


Harga-Nissan-Serena-Autech-VS-Toyota-Voxy


Toyota Voxy ditawarkan hanya dalam satu varian dengan harga Rp 446 juta. Sementara Serena dijual dalam tiga pilihan tipe mulai dari harga Rp 385,7 juta sampai Rp 469,5 juta. Sebetulnya, Serena yang paling dekat harganya dengan Voxy adalah tipe Highway Star (HWS) seharga Rp 436,1 juta. Tapi rasanya, lebih afdol kalau kita bandingkan Voxy dengan Serena versi termahalnya, Autech.


Dimensi


Dimensi-Nissan-Serena-Autech-VS-Toyota-Voxy


Dimensi keduanya tak begitu berbeda. Serena Autech memiliki dimensi panjang 4.770 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.865 mm. Voxy punya dimensi yang lebih pendek 60 mm dan lebih rendah 30 mm dari Serena. Begitupun jarak sumbu roda Voxy yang lebih pendek 10 mm dari Serena. Meski begitu, lebar keduanya identik. Menariknya, ground clearance Voxy justru lebih unggul 5 mm dari Serena yang ground clearance-nya 160 mm.


Performa


Performa-Nissan-Serena-Autech-VS-Toyota-Voxy


Baik Serena maupun Voxy, sama-sama menggunakan mesin bensin berkapasitas 2,0 liter. Cuma performa yang dihasilkan keduanya berbeda. Kalau Voxy (152 PS) lebih bertenaga dari Serena (147 PS). Serena (206 Nm) justru punya torsi lebih besar dari Voxy (193,1 Nm). Melihat figur performa keduanya, harusnya kemampuan kedua mesin ini tak berbeda jauh. Apalagi sama-sama menggunakan transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission).


Fitur & Kelengkapan


Membandingkan fiturnya memang asyik. Karena keduanya punya keunggulan masing-masing. Misalnya, Voxy datang dengan captain seat. Serena punya kursi kecil di koridor tengah yang multifungsi dan bisa digeser ke bagian depan. Lalu Voxy memasang dua sunroof, satu untuk penumpang depan dan satunya lagi penumpang belakang. Serena memilih menghibur penumpang belakang dengan roof monitor LCD berukuran 10-inci. Untungnya, Serena Autech juga punya panoramic roof meski tak bisa dibuka.


Fitur lain identik, seperti tombol start-stop, cruise control hingga fitur keselamatan kantung udara yang tersebar sampai penumpang paling belakang. Namun ada satu nilai lebih dari Voxy yang tak dimiliki Serena, jok berbalut kulit. Kalau ingin Serena Anda pakai jok kulit, silakan bawa ke toko aksesori spesialis sarung jok kulit. Tentunya dengan tambahan biaya lagi. (Rzk/Odi)


Baca Juga: Pilih Nissan March 1.5 Atau Suzuki Baleno? 

Bandingkan & Rekomendasi