Oto
jakarta-selatan

Pilih Nissan March 1.5L Atau Suzuki Baleno Hatchback?

  • 02 Nov, 2017
  • 10137 Kali Dilihat

Nissan March, city car berdesain kompak. Tapi dengan opsi mesin 1.5L, March juga bisa bersaing dengan segmen hatchback. Salah satu yang bisa dibandingkan dengan Suzuki Baleno sebagai pemain paling muda di segmen itu. Seperti apa perbandingan March 1.5L dengan Baleno hatchback? Keduanya punya pilihan transmisi manual dan otomatis.


 


Dimensi


Dimensi-March-vs-Suzuki-Baleno


Seperti disebutkan, March adalah city car kompak. Dimensinya tentu relatif lebih kecil dari hatchback standar. March 1.5L punya ukuran 3.780 x 1.667 x 1.525 mm (PxLxT) serta jarak sumbu roda 2.435 mm dan ground clearance 147 mm. Baleno membawa dimensi 3.995 x 1.745 x 1.510 mm, dengan jarak antar poros roda 2.520 mm dan 170 mm untuk jarak dari permukaan jalan. Dari angka itu, sudah bisa ditentukan Baleno punya dimensi lebih besar dan kabin lebih lega. Ground clearance juga lebih tinggi, untuk kenyamanan melewati berbagai kondisi jalan.


Mesin


Performa--March-vs-Suzuki-Baleno


Dapur produksi 1.5 liter March punya daya 102 PS dan torsi 104 Nm (varian AT). Sedang Baleno memakai mesin 1.4 liter. Tenaganya lebih kecil, 92 PS, tapi torsinya jauh lebih besar, 130 Nm. Pilihan transmisinya sama, manual 5-speed atau otomatis 4-speed.


Eksterior


Fitur&Harga-Baleno


Kelengkapan luar, March 1.5L punya grille berlapis krom, spion elektrik berwarna sama dengan bodi dan bisa terlipat otomatis, lampu siang hari, spoiler belakang dan pelek alloy 15 inci. Baleno kurang lebih sama, grille krom, lampu HID proyektor, lampu siang hari, spoiler, lampu belakang LED kombinasi dan pelek 16 inci. Soal desain eksterior kembali pada selera. Baleno diuntungkan karena masih berupa produk segar, sementara March sudah cukup lama beredar di Indonesia.


Interior


Fitur&Harga-March (1)


Kabin March, salah satu yang punya kualitas baik. Bisa dibilang bukan produk murahan. Warna hitam mendominasi dengan sentuhan silver sebagai pemanis. Efeknya, kabin serasa lebih lapang. Suzuki juga menerapkan prinsip sama, dengan warna hitam yang dipermanis silver. Tentu kabin Baleno lebih terasa nyaman karena lebih lapang. Bangku belakang March dan Baleno bisa dilipat 60:40 untuk menambah daya muat bagasi.


head unit march 2017


Harga & Fitur


Membuka perbandingan dengan harga, terkadang bisa menjawab pertanyaan. Soal harga, March 1.5L AT dibanderol Rp 219,4 juta dan versi MT Rp 209,1 juta. Baleno menawarkan banderol lebih murah. Pilihan Baleno AT ditawarkan Rp 207,5 juta dan Rp 195 juta untuk manual.


March unggul di perbandingan fitur. Harga lebih tinggi ditebus dengan infotainment berlayar sentuh 7 inci yang sarat fungsi, AC otomatis dan Intelligent key untuk akses keyless entry serta tombol Start/stop untuk menyalakan/mematikan mesin. Baleno juga punya kunci pintar dengan tombol Start/stop dan AC otomatis. Sayang audio masih standar head unit 2DIN. Untungnya masih bisa terhubung dengan telepon melalui Bluetooth.


GIIAS-2017-2nd-suzuki-baleno-detail (2)-036


Berbicara safety, March unggul tipis dari Baleno. Nissan melengkapi March 1.5L dengan dua kantung udara di depan, rem ABS+EBD+BA, kendali traksi vehicle dynamic control (VDC), ISOFIX dan empat sensor parkir belakang. Baleno dibekali dua kantung udara, rem ABS+EBD, ISOFIX dan empat sensor parkir mundur, tanpa ada kendali traksi.


Kesimpulan


March 1.5L punya fitur yang mumpuni untuk segmen hatchback. Tapi dengan harga lebih murah bisa dapat Baleno dengan fitur yang kurang lebih sama, kabin lebih lapang, torsi mesin lebih besar, ground clearance lebih tinggi dan desain yang tergolong lebih muda serta modern. Jika harus memilih dengan rasio harga dan fitur, jelas Baleno pilihan yang lebih baik.


Baca Juga: Suzuki Ignis vs Mitsubishi Mirage

Komparasi March vs Baleno

Nissan March
Rp185,8 - Rp225,6 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Suzuki Baleno
Rp213 - Rp225,5 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
March vs Baleno
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi