Oto
jakarta-selatan

Nissan Qashqai Dengan Fitur Swakendali Dijual Di Inggris, Ini Cara Mengoperasikannya!

  • 26 Mar, 2018
  • 1202 Kali Dilihat

Belum lama ini (23/3), Nissan meluncurkan Qashqai yang dilengkapi fitur swakendali di negerinya Ratu Elizabeth itu. Fitur swakendali yang memberi banyak kemudahan bagi pengemudi Qashqai terbaru, dinamai ProPilot. Bagaimana cara mengoperasikannya?


qasqhai dengan fitur propilot


ProPilot adalah teknologi bantuan berkendara paling mutakhir dari Nissan. Caranya, memberikan bantuan berupa input kemudi, akselerasi dan pengereman. Sistem ini dapat beroperasi saat melaju dalam kecepatan stabil di jalan tol ataupun saat menghadapi situasi stop and go di kemacetan lalu-lintas.


Di lingkar kemudi Qashqai, terdapat tombol-tombol pengaturan ProPilot. Tekan tombol SET dan mobil mempertahankan laju kendaraan pada kecepatan yang stabil sambil menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Pada mode ini, mobil mengambil alih pedal akselerator dan pedal rem. Tak hanya itu, mobil juga mengambil alih kemudi dan mengarahkan kendaraan selalu dalam jalurnya.


Qaqhai


Hebatnya, fitur ini bisa mengantisipasi kondisi jalan lalu-lintas yang padat. Ketika macet, mobil mengerem secara otomatis sampai berhenti total bila kendaraan di depan berhenti. Mobil melaju kembali dengan sendirinya bila kendaraan di depannya kembali melaju. Namun akselerasi otomatis ini hanya beroperasi bila mobil berhenti kurang dari 3 detik. Lebih dari itu, pengemudinya wajib mengaktifkan fitur dengan menekan tombol RESUME atau menekan pedal gas sedikit saja. Selanjutnya ProPilot kembali mengambil alih kendaraan.


Fitur yang menjadi cikal bakal sistem swakemudi Nissan ini, juga dapat mendeteksi kendaraan maupun obyek lain di sekitar kendaraan yang ditangkap oleh sensor dan kamera di sekeliling mobil. Multi Information Display (MID) di cluster meter, menampilkan status sekaligus peringatan bila ada potensi bahaya yang mengancam. Sistem ini juga memberikan bunyi peringatan.


fitur propilot


Nissan ProPilot menawarkan cara berkendara yang lebih rileks. Cara ini mengurangi lelah sekaligus meningkatkan faktor keselamatan. Meski demikian, karena bukan mobil swakendali sepenuhnya, pengemudi masih tetap harus menempelkan tangan pada lingkar kemudi dan wajib konsentrasi memperhatikan jalan saat mode ini aktif.


“ProPilot sebagai opsi yang bisa dimiliki oleh setiap varian Qashqai yang dijual di Inggris,” ujar Ryan Gains, general manager crossover Nissan di eropa. Fitur ProPilot tersedia sebagai opsi seharga USD 1.134 pada Qashqai bertransmisi CVT (Continuous Variable Transmission). Sementara untuk varian manual tersedia Driver Assist Pack yang sudah dilengkapi fitur Intelligent Lane Intervention, Intelligent Cruise Control dan Lane Keep Assist seharga USD 705.


Nissan juga menawarkan varian khusus Qashqai Pilot One Edition SV yang dijual seharga USD 47.483 atau sekitar Rp 651,8 juta. Selain ketambahan fitur ProPilot, tipe ini juga memiliki pembeda, yakni interior berbalut kulit Nappa, Xtronic Sports Pedal, sejumlah ornamen krom di bagian eksterior, emblem Pilot One Edition di interior, serta pilihan warna spesial storm white pearlescent. (RS/Odi)


Baca Juga: Visi Nissan Ingin Jadi Pemimpin Pasar Mobil Listrik, Cocok Untuk Indonesia?

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Nissan X Trail

Lihat video terbaru Nissan X Trail untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi