Nasib Penjualan Daihatsu di Tengah Pandemi COVID-19

Nasib Penjualan Daihatsu di Tengah Pandemi COVID-19
Gambar
Review Pengguna

Amat dimaklumi saat kondisi COVID-19, penjualan otomotif ikut melorot. Jelas tantangan global ini turut mencabik pasar nasional. Dan Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali merilis angka torehan selama kuartal pertama atau hingga Maret 2020. Sebetulnya perusahaan jua ikut terkoreksi, apalagi harus hentikan produksi mobil. Padahal mereka pula yang salurkan unit untuk Toyota.

Nah, akumulasi total penjualan sejak Januari hingga Maret 2020 belum terlalu merosot. Retail sales ADM mencapai 39.186 unit dengan raihan pangsa pasar 17,9 persen dari cuilan volume nasional 219.361 unit. Artinya selama satu bulan kemarin, perusahaan hanya mengantongi pengiriman ke konsumen 10.946 unit saja.

Belum terlalu berimbas, sebab sejumlah regulasi dan imbauan work from home (WFH) mulai digalakkan di tiga minggu terakhir selama Maret. Sementara pada sisi wholesales atau distribusi pabrik ke diler. Daihatsu meraih capaian sebesar 48.113 unit dengan pangsa pasar 20,3 persen dari volume wholesales nasional 236.825 unit.

Daihatsu sigra facelift jadi tulang punggung penjualan ADM

Mari kita bedah lebih perinci. Pemasaran retail Daihatsu periode Q1 selama tiga bulanan masih didominasi Sigra dengan 11.522 unit, atau berkontribusi sebesar 29,4 persen. Selama Maret ia hanya terjual 3.210 unit. Masih tergolong lumayan. Posisi kedua diduduki Gran Max (PU) 7.833 unit (20 persen) dan ketiga, Terios meraih 6.240 unit (15,9 persen).

Baca juga: Hidup Kembali, Daihatsu Taft Terbaru Sudah Bisa Dipesan

Kemudian disusul Ayla mencapai 4.604 unit (11,7 persen), Xenia 4.573 unit (11,7 persen) lanjut Gran Max (MB) 3.394 unit (8,7 persen). Untuk model Daihatsu lain seperti Luxio dan Sirion, mencapai 1.020 unit atau menyumbang 2,6 persen. Untuk diketahui, saat ini ADM menerapkan peraturan pemerintah soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mereka ikut menghentikan produksi sementara. Lalu seluruh outlet, bengkel resmi di Jakarta, beserta seluruh karyawan untuk tetap tinggal di rumah. Itu demi menghindari risiko terinfeksi Covid-19 sejak 10 sampai 24 April 2020.

Digital Marketing

Tak mau berpangku tangan, Daihatsu melakukan penyesuaian aktivitas penjualan. Misal kalau Anda ingin melakukan pembelian kendaraan. Itu semua dapat dilakukan via digital, yaitu melalui website serta aplikasi Astra Daihatsu Mobile. Untuk penggunaan aplikasi, pelanggan bisa memakainya dalam beragam keperluan. Seperti pembelian unit gres, permohonan test drive dan pemesanan waktu servis kendaraan. Bisa pula mengakses website OTO.com untuk mencari info detail spesifikasi mobil dan promo terbaru. Kemudian bisa dirahkan ke diler tertentu.

"Walau demikian, kami bersyukur kondisi penjualan hingga kuartal pertama. Daihatsu masih dapat mempertahankan market share di kisaran 17 persen. Untuk selanjutnya, keadaan bakal lebih menantang dan tidak mudah. Sebab dampak negatif dari pandemi COVID-19 ke perekonomian Indonesia dan global," tutur Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor dalam laporan bulanan. (Alx/Tom)

Baca juga: Toyota Indonesia Tak Produksi Ventilator COVID-19, Daihatsu Masih Pelajari

Jelajahi Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla Rp 102,15 - Rp 159,9 Juta Cicilan : Rp 2,33 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store