• Wishlist

Menakar Harga Nissan Terra VL 4x4

Nissan Terra terbilang pemain baru di segmen SUV 7-seater. Seperti pesaingnya, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, Terra juga punya varian tertinggi dengan penggerak roda 4x4. Nissan Terra VL, jadi yang termahal dari lini Terra yang ditawarkan. Dengan banderol Rp 665 juta, apakah harga Terra VL 4x4 kemahalan? Untuk mengetahuinya, kita intip spesifikasi yang dibawa.


Nissan Terra exterior


Sebelum melihat bekal spesifikasi, bandingkan harga lebih dulu. Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 dibanderol Rp 692 juta dan Toyota Fortuner VRZ 4x4 Rp 666,15 juta. Bisa dilihat, Terra VL masih punya harga lebih murah ketimbang dua kompetitor utamanya. Apalagi, ketiganya punya bekal kapasitas mesin sama.


Berbicara mesin, Terra VL punya titel yang paling bertenaga di kelasnya. Mesin turbodiesel 2,5 liter dengan torsi puncak 450 Nm pada 2.000 rpm dan tenaga 190 PS pada 3.600 rpm. Output besar itu, dikirim ke penggerak roda melalui transmisi otomatis 7-speed dan ada mode manual. Jelas sudah soal performa mesin, tak ada yang perlu dikomplain, karena soal tenaga lebih besar dari pesaing.


Performa tak berhenti sampai di situ. Kenyamanan Terra juga dijamin oleh perangkat andal bawaan dari Nissan Navara. Pikap kabin ganda Navara, terkenal dengan bantingan empuk meski tujuannya sebagai mobil pekerja. Itu dimungkinkan oleh suspensi double wishbone di depan dan 5-link di belakang. Baik untuk pengendaraan off road dan on road, Terra VL punya nilai kenyamanan baik.


Kemampuan off road juga tak perlu diragukan. Kami pernah menjajalnya langsung, membelah genangan air setinggi 50 cm, menanjak dan menurun curam serta melintas di permukaan jalan berlumpur. Semua bisa dilalui oleh Terra VL. Tentu berkat kemampuan dan teknologi pendukung off road seperti transfercase mode empat roda dan pengunci differential, hill start assist, hill descent control dan off road meter.


Tapi itu semua bisa dijumpai pada kompetitor. Yang unik dari Terra VL, around view monitor. Spion tengah yang menggunakan teknologi layar dan menampilkan hasil tangkapan kamera di belakang dan sekeliling bodi. Jadi, pengemudi cukup memanfaatkan spion tengah untuk melihat kamera parkir mundur dan tampilan 360 derajat sekeliling mobil. Layar itu terus aktif dan berfungsi layaknya spion pada umumnya.


Pelengkap lain dari Terra VL ada jok kulit, layar infotainment 7 inci dengan banyak konektivitas, layar MID digital 5 inci, cruise control, intelligent key + tombol start, roof monitor untuk hiburan penumpang belakang dan enam speaker. Dari fitur safety, Terra VL dibekali airbag depan+samping+model tirai, rem ABS+EBD+BA, vehicle dynamic control, sensor parkir, moving object detection, blind spot warning, lane departure warning dan immobilizer.


Berbekal kenyamanan, performa mesin, kemampuan off road dan fitur lengkap, banderol harga Nissan Terra VL 4x4 bakal jauh lebih murah. Apalagi ketika dibandingkan langsung dengan kompetitornya. Kalau desainnya sudah cocok, bisa mempertimbangkan Nissan Terra VL 4x4 ketika berminat meminang SUV 7-seater bongsor untuk mobil keluarga. (Tom/Van)


Baca Juga: BMW Seri 3 Generasi Terbaru Meluncur, Berapa Harganya?

Jelajahi Nissan Terra

Nissan Terra Rp 478,9 - Rp 680,8 Juta Cicilan : Rp 10,93 Juta

Bandingkan & Rekomendasi