jakarta-selatan

BMW 3-Series G20 Meluncur, Berapa Harganya?

  • 10 Jul, 2019
  • 3241 Kali Dilihat

Setelah dinanti, BMW Group Indonesia resmi merilis 3-Series terbaru di Tanah Air. Peluncuran ini sifatnya perkenalan eksklusif pada media, sementara penjualan pada publik serta harganya baru dibeberkan di pameran GIIAS 2019 pekan depan.



Generasi terbaru BMW Seri 3 (G20) itu, membawa banyak ubahan dan peningkatan dibandingkan generasi pendahulunya. Jodie O'Tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, spesial preview dilakukan untuk media, berbarengan dengan training tenaga penjual. Sedang peluncuran resmi di GIIAS 2019. "Bertepatan dengan kegiatan training untuk para diler dan mitra pentingnya, BMW juga mengundang rekan media untuk dapat secara eksklusif menjadi yang pertama mencoba dan mengetahui lebih jauh seputar sang legenda all new BMW Seri 3," ungkapnya.


Pada sesi ini, hanya BMW 330i M Sport yang dipamerkan, unitnya sendiri masih keluaran Jerman. Sedang saat penjualan, dijanjikan bakal jadi rakitan lokal dan ada varian selain M Sport, yakni 320i. Sebagai varian tertinggi, BMW 330i M Sport dengan M Performance Parts.


Desain jauh lebih segar, dengan sejumlah elemen eksterior mengadopsi dari model lain yang ada. Misalnya dari bagian wajah dan grille, mirip kepunyaan X5 baru. Untuk lampu, 3-Series baru sudah dibekali laser yang sebelumnya eksklusif di model i8.


Secara ukuran, generasi baru sedan kompak BMW ini lebih panjang dan lebar dari sebelumnya. Jarak sumbu roda juga bertambah dan track roda dilebarkan. Pusat gravitasi dibikin lebih rendah, distribusi bobot seimbang dan kadar aerodinamika lebih tinggi dibanding sebelumnya. Paling signifikan, diet bobot. Diklaim 3-Series baru lebih ringan 55 kg, meski dari ukuran lebih besar. Angka itu didapat dari penggunaan material lebih ringan pada sasis, bodi dan mesin. Semua dilakukan BMW untuk kembali menggairahkan nilai sporty dari 3-Series.


Urusan mesin masih sama dari sebelumnya, hanya saja sudah ditingkatkan. Baik dari material bangun maupun setelannya. Tenaga yang dihasilkan juga meningkat. Mesin 4-silinder 2,0 liter TwinPower Turbo dengan TwinScroll Turbocharger, menyemburkan daya 258 hp dan torsi besar 400 Nm. Klaim akselerasi, 5,8 detik dari diam sampai menyentuh 100 km/jam. Tak cuma meningkat dari sisi tenaga, emisi dan efisiensi bahan bakar juga membaik dari sebelumnya. Penyalur daya, 3-Series baru menggunakan transmisi otomatis 8-speed.


Fitur canggih melekat pada 3-Series baru. Sebagai driver's car, 3-Series baru menggunakan Live Cockpit untuk fokus pada pengemudi. Terdiri dari sistem iDrive, layar sentuh 8,8 inci untuk infotainment dan panel instrument digital 5,7 inci. Sementara Live Cockpit Plus menambahkan Touch Controller, sistem navigasi, pengisi daya smartphone nirkabel dan dukungan Apple CarPlay yang bisa terhubung nirkabel.


Yang paling unik, fitur Reversing Assistant. Fitur ini bisa merekam manuver kendaraan dalam kecepatan rendah sejauh 50 meter. Dicontohkan, ketika masuk jalan sempit dan buntu, dengan fitur itu otomatis mobil mundur dengan jalur dan gerakan sama ketika maju. Pengemudi tinggal memantau keadaan sekeliling dan menjaga kecepatan. Kemudi dan pergerakan diambil alih oleh sistem sepenuhnya.


Berbekal segala kelebihan dari desain, fitur, dimensi dan performa, BMW 3-Series baru sewajarnya berbanderol lebih mahal. Meski begitu, belum ada bocoran sampai peluncurannya di GIIAS 2019. Kalau melihat fitur dan kelengkapannya, harga BMW 330i M Sport sepertinya bisa Rp 1 miliar termasuk pajak (OTR). (Tom/Van)


Baca Juga: Honda CR-V Turbo dapat Saingan Baru, Mitsubishi Eclipse Cross

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil BMW Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi