jakarta-selatan

Membandingkan Dimensi Wuling Cortez Dan Toyota Kijang Innova

  • 18 Des, 2017
  • 15765 Kali Dilihat

Wuling Cortez, baru saja diperkenalkan hari ini (18/12) meski belum resmi meluncur. Melihat beraninya merek asal daratan Cina itu menggelontorkan produk dengan banyak keunggulan, sangat menarik mendalami berbagai kejutan apa saja yang terkandung di dalamnya.


Dimensi Wuling Cortez


Yup. seperti Confero, Cortez juga sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) yang disiapkan untuk “mengganggu” pasar sesak ini. Setidaknya dua kelas bisa digarap langsung, sama halnya seperti Confero.


Menarik jika mengambil sudut pandang dari segi dimensi bodi keseluruhan. Sudah pasti ukurannya lebih besar dari Confero, sehingga menyasar kelas yang juga lebih tinggi dari MPV bermesin 1,5-liter itu. Paling mendekati adalah Toyota Kijang Innova. Bagaimana perbandingan dimensi kedua mobil ini?


Cortez memiliki panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm dan tinggi 1.755 mm. Sedangkan Kijang Innova mempunyai panjang 4.735, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Dari bodi terlihat Innova lebih lebar 14 mm dan tinggi sedikit 40 mm. Perbedaan lebar hanya tipis sekali, tapi Innova bisa lebih tinggi karena menganut platform ladder frame alias sasis tangga.


Dari ukuran wheelbase, keduanya sama-sama 2.750 mm. Dari bagian ini, sedikit bisa disimpulkan ruang kaki penumpang yang hampir sama. Tapi jarak antara lantai dan plafon di Cortez bisa lebih tinggi karena memakai sasis monokok. Sehingga, duduk di kabin kedua dan ketiga Cortez lebih lega dari Innova. Alasannya, Innova menganut sistem penggerak roda belakang (RWD) yang berarti memakai gardan di as roda belakang. Drive shaft yang melintang ke belakang, membuat bodi terangkat lebih tinggi untuk penempatan penggeraknya. Sehingga lantainya tidak bisa serendah MPV monokok. Ini memang butuh pengukuran lebih lanjut. Namun platform yang berbeda walau dimensi sama, bisa menghasilkan perbedaan berarti.


Jenis kontruksi yang dipakai turut mempengaruhi jarak terendah mobil dengan tanah (ground clearance). Sesuai data yang didapat dari spesifikasi Baojun 730 (Cortez di Cina), ground clearance Cortez setinggi 170 mm, sedangkan Innova setinggi 178 mm. Ternyata beda tipis walau terlihat Innova lebih jangkung. Konstruksi ladder frame pada Innova, menghasilkan tongkrongan bodi yang lebih tinggi. Cortez dengan monokok, membuatnya terlihat lebih “membumi”.


Secara dimensi, ternyata hampir sama. Inilah mengapa Cortez disebut sebagai lawan tanding seimbang bagi Innova. Dari segi mesin kurang cukup bersaing, karena Cortez bermesin bensin 1,8-liter dan Innova ada pilihan bensin 2,0-liter dan diesel 2,4-liter.


Tapi masih ditunggu soal harga yang belum diumumkan pihak Wuling Motors. Bila bermain di kisaran Rp 200-250 jutaan, tidak hanya Kijang Innova saja bisa dibidik. MPV pintu geser seperti Toyota Sienta maupun LMPV paling gres Mitsubishi Xpander, bisa masuk dalam radar Wuling, karena berada dalam rentang harga sama. Kalau lawan mereka, jelas Cortez unggul dari segi kelegaan kabin dan akomodasi. (Odi/Van)


Baca Juga : Komparasi Mesin Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova

Komparasi Kijang Innova vs Cortez

Toyota Kijang Innova
Rp309,85 - Rp412,55 Juta
  • Mesin
  • Tempat Duduk
  • Tenaga
VS
Wuling Cortez
Rp202,8 - Rp271 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Kijang Innova vs Cortez
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi