Jaguar F-Pace SVR Siap Menerkam Porsche Macan Turbo

Jaguar F-Pace SVR Siap Menerkam Porsche Macan Turbo
Gambar
Review Pengguna

Jaguar F-Pace baru, tertangkap kamera sedang melakukan pengujian. Meski masih berbalut stiker kamuflase, dipastikan mobil itu adalah Jaguar F-Pace SVR. Dihasilkan dari tangan terampil divisi Special Vehicle Operation, F-Pace SVR mendapat performa yang lebih tinggi dibanding versi standar. Dengan begitu, jagoan Crossover Jaguar itu siap menantang Porsche Macan Turbo.

Jaguar F-Pace SVR 2017 01

Situs Motor1.com mewartakan, Jaguar F-Pace SVR mendapat sepasang intake udara besar di depan. Bentuknya masih dapat terdeteksi meski terhalang stiker kamuflase. Diharapkan aliran udara menjadi lebih optimal untuk mendinginkan mesin F-Pace SVR.

Secara siluet penampakan dan dimensinya, F-Pace SVR masih sama dengan versi standar. Untuk mendukung mesin yang lebih besar, hanya penyesuaian tertentu saja yang diberikan. Seperti di buritan yang menampilkan dua corong knalpot ganda. Sementara kaki-kaki didukung roda alloy lebih besar dan lebih lebar. Ubahan minor atau fitur baru lainnya, masih harus menunggu informasi lebih lengkap karena tidak terdeteksi pada unit pengujian dengan kamuflase ini.

Seperti versi standarnya, F-Pace versi SVR juga mengadopsi jantung mekanis dari Jaguar F-Type SVR, yakni mesin V8 5.0 liter dengan supercharger. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 575 hp. Sementara ketika dipasangkan pada F-Pace, diperkirakan menghasilkan daya paling tidak 500 hp atau 120 hp lebih besar dari F-Type S dengan mesin V6 3.0 liter.

Mesin itu jelas menghasilkan performa yang hebat. Klaim catatan akselerasinya, F-Pace S hanya memerlukan 5,5 detik untuk menyentuh angka 100 kpj dari posisi diam. Ekspektasinya, F-Pace SVR bisa mencatatkan sekitar 4 detik-an. Sebagai perbandingan, Porsche Macan Turbo yang sudah didukung paket performa berhasil berakselerasi 0-100 Km/jam dalam 4,4 detik.

Jaguar F-Pace SVR 2017 02

Kecepatan puncaknya sepertinya tidak akan dibatasi. Tak seperti pada F-Pace S dengan limiter pada 250 km/jam, versi kencang SVR kemungkinan tidak mendapat limit top speed. Sementara Porsche Macan Turbo dengan performance pack nya bisa menyentuh angka 270 km/jam.

Belum tersedia informasi jelas lainnya untuk Jaguar F-Pace SVR, termasuk peluncuran dan harganya. Nampaknya ajang Frankfurt Motor Show September nanti, dimanfaatkan sebagai debut publik dunia dari Jaguar F-Pace SVR.

Baca juga: SUV Bermesin listrik Jaguar E-Pace tertangkap kamera

Foto: autoexpress