Jaguar F-Pace SVR 2021 Diduga Pakai Mesin V8 Lebih Bertenaga

Jaguar F-Pace SVR 2021 Diduga Pakai Mesin V8 Lebih Bertenaga
Gambar
Review Pengguna

Versi paling buas dari Jaguar F-Pace akan segera diremajakan. Belum lama ini, tertangkap kamera tengah diuji di sirkuit kejam Nurburgring. Mobil dipacu sangat kencang, memberikan gambaran terkait jantung mekanis yang dibenamkan.

Walau belum diketahui spesifikasi lengkapnya, diduga dapur pacu masih menganut konfigurasi V8 seperti dahulu. Karakter suara bulat dan geraman kasar mengisi sirkuit keramat di Jerman itu. Namun, ada peningkatan atau tidak belum dapat dipastikan. F-pace SVR sebelumnya menggendong mesin V8 berkubikasi 5,0 liter yang disempurnakan pembakarannya oleh supercharger. Alhasil tenaga puncak mampu menyentuh 550 PS dan momen puntir 680 Nm.

Baca Juga: Jaguar XJ Baru Tertangkap Kamera, Beralih ke Listrik?

Sistem penggeraknya mengandalkan all-wheel drive. Memastikan pergerakan tetap stabil karena penyaluran tenaga tersebar ke seluruh roda, dan dapat bekerja secara otomatis. Sementara sistem pemindah gigi menggunakan otomatis 8-speed. Rentang yang cukup panjang bagi F-Pace SVR bernapas. Adapun kemampuan melesatnya dari posisi nol ke 100 kpj dalam 4,3 detik, dengan kecepatan tertinggi 283 kpj.

Bila Jaguar mengikuti model lainnya, yakni F-Type. Besar kemungkinan terjadi peningkatan daya. Ya, coupe itu turut mengusung jantung mekanis V8 berkubikasi 5,0 liter yang menghasilkan dua varian tenaga. Salah satunya 575 PS dengan torsi 700 Nm.

Terkait rupa, masih menjadi misteri. Pasalnya jubah kamuflase yang ditempelkan pada F-Pace SVR sangat rapat. Dugaan ada ubahan pada tampang, terutama pada bagian bawah bumper. SUV ini sebelumnya dibentuk kokoh dengan desain muka tebal. Aksen mengotak mewarnai. Grille diperkirakan membawa corak baru. Kemudian sektor penerangan dibentuk ulang untuk merefleksikan bahasa desain baru Jaguar.

Fitur juga masih dirahasiakan. Ekspektasikan ada sistem infotainment baru. Sebelumnya terbilang canggih. Head unit layar sentuh 10 inci dapat dikoneksikan dengan smartphone lewat Apple CarPlay atau Android Auto. Di dalamnya terdapat navigation pro yang memudahkan pengguna mencari jalan. Kemudian area pengemudi ditunjang cluster instrument 5 inci dengan TFT display.

Kenyamanan berkendara diharapkan ikut meningkat. Tentunya ini menyangkut sistem peredaman, yang mempengaruhi handling. Begitu juga perangkat keamanan dan keselamatan. Model terdahulu dibekali fungsi Torque Vectoring yang membagi torsi ke roda secara tepat, mengikuti arah jalan. Mengurangi gejala understeer maupun oversteer. Kemudian mode berkendara tersaji dalam banyak pilihan. Dynamic mode menyajikan nuansa sporty, ECO untuk lebih hemat, Rain Ice Snow memberikan cengkraman mantap di jalan licin.

Baca Juga: Jaguar E-Pace Meluncur Secara Spektakuler

Sekilas tentang Jaguar F-Pace

Model yang dijual sudah beredar sejak 2017. Kini menggendong mesin lebih kecil. Banderolnya juga jadi lebih murah dibanding F-Pace V6 3.0 liter. Pembeda paling signifikan, jantung mekanis. Jaguar F-Pace 2.0 liter Prestige didukung dapur produksi baru, mesin Ingenium 2.0 liter dengan struktur aluminium. Mesin itu juga perdana masuk ke Indonesia melalui F-Pace 2.0. Mesin 4-silinder 2.0 liter twin-power turbo berdaya maksimal 250 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak besar 365 Nm pada 1.200 - 4.500 rpm.

Output dikirimkan ke penggerak empat roda AWD oleh transmisi otomatis ZF 8-speed. Pilihan mode berkendara masih tersedia seperti normal, eco dan dynamic. Untuk lebih merasakan sensasi sporty, transmisi menawarkan mode S yang lebih agresif responsnya. Itulah karakter utama F-Pace sebagai SUV sport. Klaim dari manufaktur, Jaguar F-Pace 2.0 dapat berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 6,8 detik dan konsumsi bahan bakar kombinasi didapat 13,5 km/liter.

 F-Pace 2.0 punya panjang 4.731 mm, lebar 2.175 mm dan 1.652 mm tinggi. Jarak antar poros roda 2.874 mm. Ruang kaki baris kedua bisa mencapai 945 mm dan bagasi menawarkan daya muat hingga 650 liter.

Untuk fitur dan kelengkapannya mirip dengan versi V6. Namun infotainment disegarkan dengan penampang lebih besar. Layar sentuh 12,3 inci dengan sistem InControl Touch Pro dan navigasi terintegrasi. Sistem audio masih sama, menggunakan Meridian 380 Watt. Kemudian, bangku depan bisa diatur posisinya secara elektrik 10-arah. (Hfd/Odi)

Sumber: Youtube cvdzijden - Supercar Videos

Baca Juga: Pasar Sedan Lesu, Jaguar Lirik Potensi Hatchback Listrik

Jelajahi Jaguar F PACE

Jaguar F PACE Rp 1,6 - Rp 2 Milyar Cicilan : Rp 36,48 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store