Lister Garap Jaguar F-Pace jadi SUV Terkencang asal Inggris

Lister Garap Jaguar F-Pace jadi SUV Terkencang asal Inggris
Gambar
Review Pengguna

Memang sudah zamannya sebuah SUV dibikin bermacam keturunan. Kini keberadaannya tidak melulu identik dengan kendaraan penjelajah medan nan praktis. Banyak pabrikan hadirkan spesies ekstra kencang penjilat aspal. Pun kalau dirasa masih kurang kencang ada opsi alternatif. Seperti karya Lister, merek sportscar Inggris, dengan kanvas Jaguar F-Pace.

Bukan F-Pace biasa, melainkan tipe terbuas SVR. Basisnya saja sudah sangat mumpuni untuk sebuah SUV, dibekali pemacu V8 5,0 liter supercharger. Ekstraksi daya standar diklaim sanggup mencapai 550 PS dengan torsi puncak 680 Nm. Tersalur menuju empat roda melalui girboks otomatis delapan percepatan. Potensi mendasar F-Pace SVR sanggup menuntaskan akselerasi ke 96,6 kpj (60 mil per jam) dalam tempo 4,1 detik.

Jaguar Lister rear

Di mata Lister, semua itu mungkin belum cukup. Kemudian lahirlah model Stealth, duduk bersama racikan Jaguar lain – LFT-666 dan LFT-C berbasis F-Type. Kemampuan ekstraksi V8 5,0 liter Supercharged Jaguar-Land Rover didongkrak lewat perangkat cuci otak Lister Engine Management System. Termasuk pula di dalamnya penyempurnaan berupa intercooler custom berikut sistem filtrasi udara performa tinggi. Tujuannya jelas, demi mengoptimalkan temperatur dan kelancaran aliran udara ke ruang bakar. Juga supercharger padatkan angin lebih banyak berkat sentuhan pulley anyar.

Baca Juga: Modifikasi Jaguar I-Pace Gaya Lister, Wujudnya Makin Galak

Lebih liar, torehan output diklaim mencapai 675 PS dibarengi momen puntir 881 Nm. Waktu tempuhan akselerasi pun dipangkas dengan mencatatkan angka 3,6 detik (0-60 mil per jam). Dibejek habis, mobil akan terus berlari hingga denyut sinyal spidometer memuncak di 314 kpj – lebih kencang dari Bentley Bentayga Speed yang mentok di 306 kpj.

Lister stealth interior

Kapabilitas ini membuat Lister Stealth dinobatkan sebagai SUV terkuat sekaligus terkencang dari Inggris. Bahkan pabrikan secara gamblang menyebut Stealth bisa membunuh Lamborghini Urus, Aston Martin Vantage, dan McLaren 570 GT di trek lurus. Mereka buktikan semua itu di Testing Ground Vmax200.

“Menciptakan SUV terkencang Inggris tidaklah mudah. Namun, tim desain dan pengembangan in-house kami telah menciptakan produk unik dan berkelas dunia dengan Lister Stealth. Peluncuran Stealth melanjutkan kiprah kami dalam menciptakan mobil bespoke yang berfokus pada performa, kemewahan, dan tentunya kenikmatan pemilik dan pengemudi, dengan titik harga yang secara signifikan lebih rendah dari kompetitor di pasar ini,” ujar CEO Lister Motor Company, Lawrence Whittaker.

Baca Juga: Mobil Legendaris Yang Terpaksa Dipadamkan Tahun Depan

Tampilan dibuat ekstrovert memamerkan kemampuan. Sentuhan eksterior turut berkontribusi atas performa aerodinamika dan pendinginan mesin. Mudah dilihat desain ulang bumper serat karbon di depan. Melekat sepasang air intake gambot dengan splitter penunjang aliran udara.

Lister stealth

Sama halnya di buritan, diffuser carbon fiber suguhkan downforce ekstra, tandem bersama splitter. Melengkapi lenggokan gahar, Lister menjebloskan sistem exhaust dari stainless steel dan menancapkan pemanis serat karbon di ujung pipa. Selain tingkatkan performa, aransemen musik V8 5,0 liter dinyanyikan lantang dan bergemuruh. Gaya eksterior komplet dengan side skirt dan over fender ekstra demi ekspresi kuda-kuda kokoh. Tak ketinggalan penyesuaian sepatu biar tampil ‘matching’ lewat pelek Vossen 23 inci.

Konsumen bisa melakukan banyak kustomisasi dalam kabin dengan dasar Nappa Leather dari Bridge of Weir. Tersedia hingga 36 pilihan warna dan kombinasi 90 bentuk jahitan sesuai keinginan. Meliputi seat belt, sport seat, dasbor, lingkar kemudi, sampai roof lining. Tentu akan sangat unik menjelaskan cita rasa spesifik pelanggan. Eksklusivitas terjamin, Lister akan melahirkan Stealth sebanyak 100 edisi saja dengan harga mulai dari 109.950 Poundsterling atau sekitar Rp 2,1 miliar. (Krm/Odi)

Baca Juga: Jaguar F-Pace SVR 2021 Diduga Pakai Mesin V8 Lebih Bertenaga

Jelajahi Jaguar F PACE

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store