jakarta-selatan

IIMS 2018: Komparasi Suzuki Ertiga Baru vs Wuling Cortez 1.5

  • 24 Apr, 2018
  • 6017 Kali Dilihat

Ada dua Multi Purpose Vehicle (MPV) baru di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, yang bisa menjadi pilihan pengganti mobil keluaga lama Anda. Perhatian utama tertuju pada All New Suzuki Ertiga. Karena generasi terbaru membawa rasa penasaran soal apa yang berubah atau berbeda. Pengembangan yang ada, seharusnya mampu meningkatkan keunggulan bersaing dari rival yang belum berganti generasi.


Komparasi Suzuki Ertiga Baru vs Wuling Cortez 1.5


Tantangan terberat, harus menghadapi fenomena baru, Mitsubishi Xpander. Namanya sedang beken belakangan ini, bahkan sudah mampu melampaui penjualan sang raja, Toyota Avanza. Tapi ada satu MPV anyar di IIMS 2018 yang bisa merebut perhatian pengunjung. Ialah Wuling Cortez 1.5, varian bermesin kecil yang lebih “apple-to-apple” jika melawan kelas Low MPV. Harganya pun sangat murah, hanya Rp 203,8 juta untuk Cortez 1.5C dan Rp 193,8 juta untuk Cortez 1.5S. Perbedaan dengan harga Ertiga sepertinya cukup mencolok. Walau belum dirilis oleh Suzuki, kemungkinan ada kenaikan harga sangat signifikan dari model sebelumnya. Lalu, apa yang menjadi pertimbangan memilih Ertiga atau Cortez 1.5?


Desain dan Dimensi


Desain keduanya sama-sama kurang natural dan tidak memiliki bahasa yang jelas. Tampilan Ertiga baru jadi mirip beberapa mobil terkenal lain. Sebut saja Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Xpander dan Honda CR-V. Cortez pun begitu. Inspirasinya lebih ke arah mobil-mobil Eropa. Terbersit bagian yang mirip Volkswagen Touran dan Audi Q5 di beberapa area.


Komparasi Suzuki Ertiga Baru vs Wuling Cortez 1.5


Soal dimensi, jelas sangat berbeda. Ukuran Cortez hampir menyamai Kijang Innova, sementara Ertiga seperti small MPV selayaknya. Hal ini bertautan langsung pada kelegaan kabin. Dimensi Ertiga yang bertambah panjang dan lebar dari sebelumnya, belum bisa menyamai kelapangan kabin Cortez. Jika lebih sering bepergian dengan jumlah penumpang 8 orang, Cortez lebih tepat dipilih. Tapi kalau hanya 5-6 orang dan sering dipakai sendiri, Ertiga pilihan yang praktis dan tidak kebesaran.


Fitur


Komparasi Suzuki Ertiga Baru vs Wuling Cortez 1.5


Varian yang lebih tepat untuk dibandingkan fiturnya adalah Cortez 1.5C dengan Ertiga GX. Beda harganya kemungkingan melebihi Rp 30 juta, tapi apa yang dimiliki Cortez, masih sedikit lebih banyak dari Ertiga. Contohnya, Cortez punya Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk memantau tekanan angin ban, headunit monitor berukuran lebih besar, power outlet hingga baris ketiga dan fog lamp belakang. Sementara Ertiga membanggakan tombol start/stop engine. Fitur keselamatannya seimbang, mulai dari dual SRS airbag dan ABS+EBD. Tapi Cortez sudah menerapkan rem cakram di bagian belakang, sedangkan Ertiga masih tromol. Ertiga GX punya opsi dengan Electronic Stability Program (ESP). Fitur itu tidak ada di Cortez 1.5, melainkan di Cortez 1.8. Jadi, bila Anda butuh mobil berfitur lengkap dengan dana terbatas, Cortez 1.5C pilihannya.


Performa dan Rasa Berkendara


Di atas kertas, performa mesin 1,5-liter milik Cortez lebih baik dari mesin baru K15B Ertiga. Basis mesin yang sama di Wuling Confero, menghasilkan tenaga 110 hp dan torsi 142 Nm. Sedangkan mesin Ertiga memproduksi 104,7 hp dan torsi 138 Nm. Belum tentu Cortez lebih kencang dari Ertiga, karena harus membopong bodi dan bobot berat. Transmisi Cortez hanya tersedia pilihan manual 6-speed. Sedangkan Ertiga tipe GL dan GX diberi dua opsi, manual 5-speed atau matik 4-speed. Bagi pengemudi yang kaki kirinya sudah bosan menginjak pedal kopling, pilihannya jelas Ertiga.


Komparasi Suzuki Ertiga Baru vs Wuling Cortez 1.5


Soal rasa berkendara, Cortez terbukti nyaman dan pengendaliannya sangat bagus. All New Ertiga belum dapat dipastikan karena kami belum mencobanya. Yang jelas, Ertiga lama terkenal sebagai salah satu LMPV paling nyaman, setidaknya lebih baik dari Toyota Avanza dan Honda Mobilio. Seharusnya ada peningkatan di mode terbaru ini. Dari format suspensi, keduanya sama saja. Depan pakai MacPherson strut, belakang torsion beam.


Kesimpulan


Sayang Suzuki belum merilis berapa harga sesungguhnya dari All New Ertiga. Sebab, valuenya dapat lebih dinilai apakah sesuai antara uang yang keluar dengan apa yang didapat. Namun seberapa murahnya model LMPV di Indonesia, tetap tidak bisa menandingi value milik Cortez. Jika ingin membandingkan dari harga saja, Cortez 1.5C seimbang lawan varian termurah seperti Ertiga GA, Mobilio S, Avanza E dan Xpander GLX.


Balik ke komparasi kali ini, manakah yang pantas Anda pilih? Semuanya kembali ke keputusan dasar dalam membeli mobil. Wuling terbukti mampu menciptakan mobil dengan value for money tinggi. Tapi durabilitas, reliabilitas dan resale value belum teruji. Bila Anda tidak mementingkan ketiga faktor tersebut dan butuh mobil keluarga yang nyaman, Cortez adalah jawabannya. Kalau tidak, Ertiga tetap pilihan paling aman. (Odi/Van)


Baca Juga: Promo Suzuki Ertiga, Hanya di IIMS 2018

Komparasi Ertiga vs Cortez

Suzuki Ertiga
Rp196 - Rp251,5 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Wuling Cortez
Rp202,8 - Rp271 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Ertiga vs Cortez
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Komparasi