Harga Toyota Fortuner Facelift Naik Rp 11 -20 jutaan, Simak Fitur Barunya

Gambar
Review Pengguna

New Toyota Fortuner datang dengan penyesuaian harga. Ada kenaikan sekitar Rp 11 juta sampai hampir Rp 20 jutaan dari model sebelum tergantung trim. Namun, tentu bukan sebatas lebih mahal. Toyota mengotak-atik lagi daftar kelengkapannya agar semakin memikat. Berikut bisa disimak berbagai penyesuaian dalam keluarga Fortuner.

Penampilan

Seluruh jajaran Toyota Fortuner sekarang memiliki paras anyar. Sedikit disederhanakan dari model sebelum tanpa melunturkan kesan tangguh. Mengutamakan guratan tegas dan ornamen hitam menyerupai kanal udara menganga – bisa dilihat pada area lampu kabut. Dimensi grille pun tampak sedikit menjorok ke bawah sehingga terlihat semakin besar. Tak ketinggalan penggantian lampu dengan outline lebih simple mengurangi lekuk.

Toyota Fortuner 2020

Diferensiasi paling terasa adalah fitur lampu. Mulai dari tipe terendah, tugas penerangan utama dilaksanakan headlamp LED Bi-Beam. Menyuguhkan sinaran terang nan hemat energi dihiasi grafis DRL manis – menegaskan bagian dari proyektor lewat lekukan garis. Sama halnya di buritan. Set penerangan anyar dengan grafis simpel bisa ditemui. Mengurangi kesan sibuk bokong sang High SUV Toyota. Pancarkan aura futuristis dan mewah di seluruh tipe.

Pelek anyar menyudahi revisi eksterior. Adalah sepatu berukuran 18 inci dikelir finishing Super Chrome Metallic. Mejeng di trim VRZ ke atas. Begitu pula varian TRD Sportivo, ia mengenakan pelek 18 inci dwiwarna dengan motif enam palang sabit. Cukup menyibukkan rancangan keseluruhan.

Bicara soal TRD Sportivo, set bodikit menyesuaikan desain baru. Mengelilingi sebagai add on di bumper depan, dan bumper spoiler belakang. Menjadi penegas trim sporty lain adalah grille tiga palang tebal, ornamen bumper dark chrome, spion hitam, dan side decal spesifik TRD Sportivo. Cocok kalau senang punya banyak perhiasan tubuh mobil.

Kelengkapan Kabin

Rancangan kabin tetap mempertahankan komposisi lama. Hanya saja, nuansa gelap beralih dari coklat tua ke hitam. Lalu, pernak pernik kelengkapannya ditingkatkan tergantung trim. Misal di varian G, spion tengah sudah menganut teknologi electrochromic yang dapat mengurangi silaunya pantulan lampu di malam hari. Auto dimming istilahnya. Mendongkrak nilai dari varian termurah meski belum kebagian smart entry atau jok elektrik.

kabin fortuner baru

 

Barang baru melekat di balik tudung panel instrumen. Adalah desain cluster segar berisi layar MID 4,2 inci berkemampuan lebih. Termasuk di dalamnya animasi pembuka, status sakelar power back door (aktif atau tidak), display status dari sensor sonar di sekeliling tubuh, indikator arah ban, dan display Sport/Eco mode. Semua menambah suguhan informasi berkendara bagi pengemudi.

Urusan hiburan, setidaknya head unit touchscreen 9 inci sudah menjadi komponen standar. Berisi fungsi miracast berikut pengaturan di palang setir (Audio Steering Switch, Telepon, dan Voice Command). Menariknya, mulai VRZ 4x2 ditemukan kemampuan yang perdana mejeng di Corolla Cross. Yep, Near Field Communication alias NFC pembaca kartu uang elektronik (e-money). Diisi pula teknologi koneksi smartphone (SDL). Tak ketinggalan Rear Seat Entertainment anyar dengan hiasan illuminated melekat di langit-langit.

Fitur interior TRD Sportivo dan VRZ 4x4 lebih memikat lagi. Masing-masing yang mewakili model paling komplet di tipe 4x2 dan 4x4 membawa fitur Surround Monitor dan wireless charging. Sebuah terobosan baru di kelasnya. Surround Monitor sendiri berguna membantu pemantauan area sekitar mobil lewat jahitan gambar dari tangkapan kamera di keempat sisi. Pantas dipakai Fortuner yang bertubuh gambot.

Tapi bukan hanya bertugas sebagai penampil visual dari kamera. Disuntikkan juga fungsi peringatan lain. Sebut saja Blind Spot Detection (BSD), Moving Object Detection (MOD), dan Headway Monitoring Warning (HMW). Masing-masing berfungsi sebagai alat deteksi jalur, objek bergerak di sekitar mobil, dan memantau keberadaan mobil lain di area safety kendaraan. Peringatan bakal diberikan ketika sistem merasa tidak aman.

Fitur Keselamatan Standar

Nah, satu hal penting dalam setiap kendaraan adalah seberapa baik sanggup memberikan perlindungan berkendara. Mengenai peranti penjaga handling, sebelumnya kontrol stabilitas elektronik dan traction control baru tersedia di trim VRZ. Kabar gembira, kini safety features itu disetarakan untuk seluruh varian. Tidak menjadi barang khusus tipe yang lebih istimewa.

Adalah satu paket safety features serupa kita temui di Hilux Double Cabin teranyar. Termasuk Vehicle Stability Control (VSC), Trailer Sway Control (TSC), dan Traction Control (TRC). Mereka bertugas menjaga sikap mobil terbaik sesuai arahan pengemudi. Meminimalisir terjadinya selip di berbagai kondisi. Baik saat menikung, berakselerasi, atau sedang menarik anhang. Ketiganya pun ditemani oleh Hill Start Assist dan Emergency Brake Signal. Terkait peranti pengereman ABS + EBD tak perlu ditanyakan lagi. Akan mengherankan jika mobil mainstream kelas atas seperti Fortuner belum memiliki alat yang memaksimalkan daya pengereman.

Lungsuran fitur turut terjadi dalam sektor keselamatan pasif. Airbag tujuh titik kini tidak spesial di Fortuner Termahal VRZ 4x4. Ketujuh kantung udara ikut bersembunyi di dalam kabin trim G berpenggerak empat roda. Meliputi dua airbag frontal, sepasang side airbag depan, sepasang curtain airbag di jendela, dan tambahan satu untuk kaki pengemudi. Ya, disayangkan belum semua kebagian. Namun setidaknya, penjaga handling komplet ada di seluruh tipe.

Mekanikal Pacu

Dua pemacu disiapkan sebagai senjata Fortuner. Mayoritas trim menggendong enjin turbo diesel empat silinder 2.400 cc 2GD-FTV. Ia menjadi jantung paling kuat. Total torsi 400 Nm dapat dimuntahkan sejak 1.600-2000 rpm. Baru setelahnya tenaga 149 PS memuncak di 3.400 rpm. Penyaluran ke roda terlaksana lewat girboks manual 6-speed atau otomatis enam percepatan berisi fungsi paddle shift.

Sementara itu, mejeng pula mesin bensin empat silinder 2.700 cc 2TR-FE. Eksis di balik trim SRZ 4x2, menyiapkan tenaga 163 PS saat jarum tachometer menyentuh 3.400 rpm. Tentu dalam alunan lembut mesin bensin. Baru setelah itu giliran torsi 242 Nm memuncak di 4,000 rpm. Penyaluran kemudian terlaksana ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Penyempurnaan sebenarnya terletak di mekanikal pacu diesel. Dijebloskan komponen Variable Fluid Control (VFC) Power Steering. Fungsinya mengatur bobot putar setir tergantung velositas. Semakin kencang maka semakin berat, begitupun sebaliknya. Yang jelas bantu menjaga kestabilan pengendalian. Kian mudah dan nyaman saja di berbagai tingkat kecepatan. Termasuk saat melibas medan berat.

Kapabilitas Handling VRZ 4x4

Toyota cukup serius membekali Fortuner dengan sistem penggerak 4x4. Penguncian transfercase mudah terlaksana lewat Easy 4x4 Switch. Lalu, bukan sekadar menyalurkan ke dua poros, differential lock siap membantu di kala sulit mendapatkan cengkeraman. Terletak di gardan belakang, ia bertugas menyetarakan kecepatan roda sisi kiri dan kanan. Agar bagian yang memiliki traksi tetap berputar.

Peluncuran Toyota Fortuner

Itu merupakan barang lama, memang. Kendati begitu, ada satu dukungan ekstra bagi VRZ 4x4. Adalah Limited Slip Differential. Handling di berbagai kondisi jalan turut disempurnakan. Lantaran secara teori, LSD berfungsi membatasi selisih putaran roda kiri dan kanan guna memberikan traksi optimal saat menikung. Sebagai informasi, kenaikan harga trim termahal ini paling tinggi. Sampai Rp 19,45 juta. Tampak wajar karena selain penambahan fitur kenyamanan, ada sokongan ekstra di sisi performa. (Krm/Van)

Baca Juga: Honda City Hybrid Meluncur di Malaysia, Apa Kelebihannya?

Jelajahi Toyota Fortuner

Toyota Fortuner Rp 504,9 - Rp 704,5 Juta Cicilan : Rp 11,52 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store