Honda City Hybrid Debut di Malaysia, Apa Kelebihannya?

Honda City Hybrid Debut di Malaysia, Apa Kelebihannya?

Honda memilih Malaysia untuk memperkenalkan All New Honda City bermesin hybrid. Menjadi varian tertinggi -- RS -- sedan ini didukung mesin hybrid dengan teknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Ia menjadi satu dari empat tipe City generasi kelima yang dijual di Malaysia. Khusus model Hybrid baru dijual pada Januari 2021 mendatang. Apa kelebihannya?

Pemilihan Malaysia lantaran Negeri Jiran ini termasuk menjanjikan untuk pasar elektrifikasi. Chief Officer Regional Operations (Asia & Oceania), Honda Motor Co., Ltd., President and Chief Executive Officer, Asian Honda Motor Co., Ltd., Masayuki Igarashi mengatakan Malaysia merupakan pasar penting bagi Honda. Selama 5 tahun terakhir, hampir 40% model hybrid yang dijual di wilayah Asia dan Oseania berasal dari Malaysia.

"Untuk lebih menawarkan produk elektrifikasi yang canggih, dengan bangga kami perkenalkan untuk pertama kalinya di kawasan Asia & Oceania, e:HEV dengan sistem hybrid 2 mesin yang sangat efisien yang didukung oleh Multi-Mode Drive (i-MMD). Saya yakin All-New City RS e:HEV akan semakin menggairahkan pasar Malaysia dan membawa kegembiraan bagi setiap pelanggan dengan teknologi canggih dan fitur terdepan di kelasnya,” katanya.

Honda City Hybrid

Honda i-MMD

Honda City ini menggunakan sistem hybrid Multi-Mode Drive (i-MMD) yang menggantikan i-DCD. Sistem ini menghasilkan tenaga sebesar 108 PS dan torsi sebesar 253 Nm yang merupakan tertinggi di kelasnya. Didukung mesin 1.5 liter Atkinson-cycle DOHC i-VETC yang menggelontorkan tenaga 98 PS dan 127 Nm.

Dikombinasikan dengan Electric Continuous Variable Transmission (e-CVT), sistem penggerak pada model ini akan menghasilkan akselerasi yang bertenaga dan halus. Honda mengklaim kemampuan mobil ini cukup apik. Sprint 0-100 km bisa dilakukan dalam 9,9 detik saja. Adapun kecepatan maksimal ada di angka 173 km/jam.

Seperti apa kerjanya? Fungsi ICE menjadi generator yang terintegrasi dengan motor lstrik, yang juga bertindak sebagai starter. MOtor kedua yang menghasilkan tenaga 108 PS dan 253 Nm, menyalurkan tenaga ke roda. Meski demikian mesin bisa menghasilkan tenaga langsung selama kecepatan tingi. Dan di situasi ini, lebih efisien dibandingkan menggunakan motor. Baterai sendiri menggunakan 1.3 kWh lithium-ion.

Baca juga: Pasar Naik Tipis, Honda Brio Jadi Model Paling Laris

Honda City Hybrid mesin

Mesin i-MMD dan sistem Intelligent Power Unit (IPU) dapat mengatur secara mulus tiga mode mengemudi, yaitu Drive EV, Drive Hybrid, dan Drive Engine untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan tenaga. Tak hanya itu, varian RS e:HEV juga dilengkapi dengan Deceleration Selector Paddles yang memungkinkan pengemudi untuk menggunakan pedal untuk meregenerasi tenaga serta memperlambat kendaraan tanpa menginjak pedal rem.

All New City RS e:HEV juga menawarkan fitur keselamatan terdepan Honda SENSING yang dikembangkan untuk mewujudkan visi Honda untuk keselamatan berkendara. Sistem keamanan Honda SENSING yang ada pada All New City Generasi 5 meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW), dan Auto High Beam (AHB).

Tampilannya juga beda dengan model lain, karena embel-embel RS. Lebih sporty dengan beberapa tambahan kosmetik. Selain itu bagian interior dan keamanan juga berbeda, lebih banyak dibandingkan varian lain.

Honda City Hybrid interior

Tipe Lain

Hanya saja model hybrid ini baru masuk dealer pada Januari mendatang. Saat ini yang dijual adalah All New Honda City juga tersedia dalam varian S, E dan V dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC baru, yang juga memberikan keseimbangan ideal antara performa dan efisiensi bahan bakar. Dipadukan dengan Continuous Variable Transmission (CVT), mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 121 PS pada 6000 rpm yang tertinggi di kelasnya serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm.

Kemampuannya cukup apik. Tipe S dan E mampu berlari 0-100 km/jam dalam 10.2 detik. Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai adalah 196 km/jam. Sedangkan yang lebih berat, tipe V, mencapainya dalam 10.4 detik. Plus kecepatan maksimal 195 km/jam untuk tipe V. Adapun Klaim konsumsinya adalah 5,4 liter per 100 km atau 18,5 km/liter.

Bagaimana dengan harga? Tipe V dijual RM 86.561 (Rp 306,7 juta), E dihargai RM 81.664 (Rp 289,4 juta) dan S dibanderol 74.191 (Rp 262,9 juta). Tipe ES e:HEV belum ada harga dijual mulai Januari 2021.

Baca juga: Sedang Cari Hatchback Irit Bensin, Ambil Honda Brio RS atau Satya E CVT?

Honda City Hybrid iMMD

Target

Managing Director dan Chief Executive Officer Honda Malaysia, Toichi Ishiyama menjelaskan bahwa setelah hampir 20 tahun sukses memperkenalkan Honda City di Malaysia, All-New City Generasi ke-5 ini diyakini akan menjadi model dengan teknologi dan kinerja yang canggih.

Ia bahkan mengklaim sudah mendapat banyak pesanan. "Sebelum peluncuran, Honda Malaysia juga telah membuka pemesanan dan menyelenggarakan tur roadshow nasional untuk All-New City dan telah menerima total 5.000 pemesanan," katanya.

Honda memang cukup berjaya di Malaysia. Mereka berain menargetkan angka penjualan 3.000 unit per bulan. Angka ini akan bertambah 500 lagi begitu tipe RS mulai dijual awal tahun depan.

Honda City V Type

Peluang Masuk Indonesia?

Pertanyaannya, bagaimana peluangnya masuk ke Indonesia? Rasanya berat. PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang merek Honda di Indonesia hanya menjual satu varian saja. New City E CVT yang dbanderol lebih mahal yaitu Rp 352,6 juta.

Menggunakan mesin 1.5L SOHC i-VTEC dengan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dan 145 Nm pada 4.600 rpm. Didukung transmisi CVT. Velg 16 inci alloy wheel, LED Headlamp with LED DRL, cruise control, dan Floating Capacitive Taouchsreen Dispay Audio berukuran 8 inci. Perangkat antara lain Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). (Raju)

Sumber: Honda, paultan

Baca juga: Honda Accord Facelift Bawa Penyempurnaan Teknologi di balik Revisi Gaya Minimalis

Jelajahi Honda City

Honda City Rp 355,5 Juta Cicilan : Rp 8,11 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store