Ekspor Suzuki Ertiga Tak Terbendung Pandemi, Meksiko Serap Ratusan Unit Buatan Indonesia

Ekspor Suzuki Ertiga Tak Terbendung Pandemi, Meksiko Serap Ratusan Unit Buatan Indonesia
Gambar
Review Pengguna

Indonesia dipercaya menjadi basis produksi All New Ertiga. MPV andalan Suzuki tak hanya mampu menarik minat konsumen domestik, tapi juga mancanegara. Terlihat dari kontribusi ekspornya yang besar. Mobil ini memang tak cuma dikirim ke negara-negara tetangga, seperti Filipina, Vietnam dan Thailand, bahkan sampai ke Meksiko. 

Selama Agustus 2020, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) telah mengapalkan 5.132 mobil baik dalam bentuk Completely Built Up (CBU) maupun Completely Knock Down (CKD). Dari jumlah itu, 1.007 unit dikirim ke Meksiko. Ertiga setir kiri, mendominasi lebih dari setengahnya. Tak kurang 591 unit didistribusikan ke negeri Sombrero. 425 di antaranya, langsung diserap oleh konsumen ritel dengan pangsa pasar menyentuh 22 persen.

Ertiga sendiri, memang sukses diserap berbagai negara. Secara keseluruhan, ekspor Low MPV ini bulan lalu, mencapai 1.071 unit. “Meski pasar otomotif di beberapa negara termasuk Indonesia masih berjuang di tahun ini akibat pandemi. Namun, ekspor Suzuki sudah mulai pulih dan mencatatkan angka positif. Kalau di segmen SUV kami ada XL7, di segmen MPV angka ekspor kami masih didominasi All New Ertiga. Bahkan selama Januari – Agustus 2020, ia menjadi model dengan distribusi ekspor tertinggi,” ucap Aris Yuliyantoro, Assistant Dept. Head Production Planning Control PT SIM lewat siaran persnya, hari ini (23/9).

ekspor ertiga

Respon positif masyarakat Meksiko diyakini karena fungsionalitas dan performa All New Ertiga. Sebagai LMPV yang ditujukan untuk keluarga, mampu menawarkan beragam keunggulan. Seperti kabin luas, performa mesin irit berteknologi Heartect dan proteksi maksimal, serta keberhasilannya meraih rating lima bintang kategori Child Occupation Protection di uji tabrak New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries 2019 (ASEAN NCAP).

“Positifnya angka ekspor Suzuki membuktikan produk-produk buatan Indonesia diterima baik oleh dunia internasional. Hal ini memotivasi kami untuk selalu berinovasi menghadirkan produk dengan kualitas berstandar internasional. Serta terus meningkatkan volume dan pasar ekspor, sebagai upaya membantu pemerintah untuk memulihkan kembali ekonomi dan pasar otomotif Indonesia,” terang Aris.

Pasar Domestik

Untuk pasar domestik, performa All New Ertiga juga menjadi model paling diminati sebagai angkutan penumpang. Ia berada di atas XL-7. Berdasarkan data Gaikindo, kontribusinya secara retail hingga Agustus mencapai 6.870 unit atau 15%. Sementara versi SUV sejumlah 5.095 unit atau 11 persen. Tak dapat dipungkiri, tulang punggung Suzuki saat ini dipikul oleh Carry Pick Up. Mobil niaga ringan itu telah terjual sebanyak 23.856 unit, atau menyumbang 53% terhadap penjualan retail nasional Suzuki.

New Ertiga

Tahun ini memang berat bagi dunia otomotif. Semua pabrikan sempat mengalami penurunan penjualan drastis. Namun, mulai pertengahan tahun terlihat adanya peningkatan meski perlahan. Suzuki sendiri berhasil mengalami peningkatan pangsa pasar nasional. Naiknya 2,6%. Secara year-on-year (YoY) Januari-Agustus 2019 meraih 9,82%. Sementara tahun ini pada periode yang sama memperoleh 12,42% di sektor penjualan retail.

“Di tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang. Namun kami berusaha untuk terus memberikan produk dan pelayanan terbaik, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Peningkatan pangsa pasar Suzuki pada 2020 dipimpin Carry Pick Up. Ini membuktikan Suzuki menawarkan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat. Sehingga tetap menjadi pilihan pelanggan dalam kondisi apapun,” papar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Program Trade-In Ertiga Cashback Jutaan Rupiah

Trade-in atau tukar tambah dapat menjadi solusi ketika ingin membeli mobil baru. Cara ini cukup menguntungkan. Beda dengan menjual sendiri; prosesnya lebih cepat, praktis dan punya kemungkinan mendapat ganjaran lebih. Cara ini diklaim terus diminati, bahkan pada masa sulit belakangan. Menurut Suzuki terjadi pergeseran pola pembelian ke trade-in selama pandemi. Melihat hal itu, pabrikan berlambang S tergerak untuk memudahkan pelanggan lewat program khusus.

pilih XL7 atau Ertiga

Program yang ditawarkan berlaku untuk pembelian unit baru All-new Ertiga, SX4 S-Cross dan yang terbaru XL7. Periodenya mulai Juni hingga Juli 2020 untuk wilayah Jabodetabek, Surabaya dan sekitarnya. Adapun keuntungan yang disuguhkan berupa cashback. Untuk All-new Ertiga besarannya RP 3 juta, sedangkan XL7 dan SX4 S-Cross diberikan pengembalian uang mencapai Rp 4 juta.

Auto Value merupakan layanan jual-beli mobil bekas resmi dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang memanfaatkan platform digital. Ini mengizinkan konsumen dari berbagai daerah mengaksesnya kapan saja. Protokol yang diimplementasikan diklaim profesional dan transparan, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. (Hfd/Van)

Baca Juga: Mitsubishi Sajikan Ekstensi Program Smart Xpander

Jelajahi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga Rp 207 - Rp 262,5 Juta Cicilan : Rp 4,72 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store