Datsun Siapkan Varian Bertransmisi Otomatis, Redi-GO Tidak Masuk Indonesia

Datsun Siapkan Varian Bertransmisi Otomatis, Redi-GO Tidak Masuk Indonesia
Gambar
Review Pengguna

Bandung: Rencana awal ketika brand Datsun kembali dihadirkan di Nusantara adalah setiap tahun akan memperkenalkan satu model. Bila ditelisik dari tahun ke tahun, Datsun Indonesia yang bernaung dibawah PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah meluncurkan GO+ Panca di 2014 dan GO Panca di tahun 2015 kemarin. Nah, bagaimana dengan tahun 2016? Kabarnya, Datsun Indonesia memang tengah mempersiapkan model terbaru, akan tetapi bukan Redi-GO yang baru-baru ini diperkenalkan di India dengan harga terjangkau, namun, disinyalir sebuah varian dengan sistem transmisi otomatis yang memang belum pernah tersedia di kedua model GO series.

“Belum bisa dibocorkan mobil ketiga itu. Tetapi itu pasti benar karena komitmen kita dalam tiga tahun kita akan meluncurkan tiga model. Bisa tiga tahun sekian bulan. Mobil matic (transmisi otomatis. red) sudah pasti akan kita 'launch' tetapi waktunya belum bisa diberitahukan. Yah, biasa matic itu perbedaan harganya sekitar Rp 10 Jutaan selisihnya,” jelas Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia ketika ditemui dalam acara Datsun Day 2016 'Funventure' di Bandung.

Go edisi Persib

Bila merujuk pernyataan di atas, maka bisa diprediksi bila banderol harga yang dikenakan dari varian pemindah daya otomatis dari GO+ Panca dan GO Panca akan menempati kisaran Rp 120 Jutaan. Pasalnya, edisi tertinggi dari GO series saja, sekarang ini sudah dibanderol diatas kisaran Rp 110 Juta. Namun demikian, kisaran harga tadi masih saja tergolong kompetitif dengan para rival di kelas LCGC yang telah dulu dilengkapi varian transmisi otomatisnya, seperti Daihatsu Ayla yang diniagakan mulai dari Rp 113,55 Juta sampai dengan Rp 128,35 Juta dan Toyota Agya, pemimpin pasar, ditingkatan Rp 125,76 Juta hingga Rp 136,66 Juta.

Lalu kapankah Datsun bertransmisi otomatis ini akan muncul? Perihal waktunya, memang masih di tutup rapat oleh PT NMI dan Datsun Indonesia. Tetapi bila memperhatikan agenda otomotif Tanah Air, setidaknya terdapat dua 'timing' yang tergolong potensial yakni Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016 di pertengahan tahun dan juga perhelatan otomotif paruh kedua tahun ini yaitu GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada bulan Agustus mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, wanita yang akrab disapa Indri ini pun menuturkan beberapa alasan mengapa model Redi-GO tidak dipasarkan ke Tanah Air. “Pertama, struktur pajak di India berbeda, jadi kalau masuk kesini harga beda. Kedua, memang kami tidak ada rencana untuk (Redi-GO) masuk ke Indonesia dan apakah lokalisasinya bisa memenuhi persyaratan LCGC? harus melihat produksinya mau di sini atau mau import dari India, kan itu mempengaruhi terhadap harga,” imbuhnya.

Redi-GO, menurut rekan kami di CarDekho, India, merupakan line-up terbaru Datsun yang berukuran bodi lebih compact dan menggendong depot tenaga 3-silinder berkapasitas lebih kecil yang 0,8 Liter dengan kompetensi menyemburkan tenaga 53 PS dan momen puntir sebanyak 74 Nm yang dikawinkan dengan pemindah daya manual 5-percepatan. Yang menjadi menarik, bukan saja dimensi dan jantung mekanisnya yang 'mungil', tetapi harga jualnya yang sungguh menggoda yakni 260 Ribu Rupee sampai 370 Ribu Rupee atau ketika diterjemahkan ke mata uang Indonesia menjadi Rp 50 Jutaan hingga Rp 70 Jutaan.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia merupakan negara terbesar yang menyokong kontribusi penjualan Datsun di dunia,”Nomor satu saat ini. Indonesia 45%, Rusia 40%, India 10% dan sisanya Afrika Selatan. Indonesia, kami punya produk yang sesuai dengan pasar Indonesia dan marketnya positif. Kami punya MPV dan kalau di Russia itu Sedan,” tutupnya.

Baca Juga: NMI Bersiap Sambut Produk Baru Tahun Depan

Jelajahi Datsun GO +

Datsun GO + Rp 120,27 - Rp 157,91 Juta Cicilan : Rp 2,74 Juta

Model Mobil Datsun

Bandingkan & Rekomendasi