• Wishlist

Daftar Lengkap 9 City Car Kurang Dari Rp 200 Juta (Part-1)

Daftar Lengkap 9 City Car Kurang Dari Rp 200 Juta (Part-1)

Mungil, lincah dan irit. Itu karakteristik umum yang dipunya city car. Cocok untuk berbagai keperluan berkendara perkotaan. Praktis. Gampang bermanuver di kemacetan, mudah mencari ruang parkir. Ia jadi pilihan masuk akal, bila tidak perlu mengangkut banyak barang atau penumpang. Segi harga pun relatif terjangkau, Anda disuguhi banyak pilihan dengan anggaran di bawah Rp 200 juta.


DAihatsu Ayla 2018


Daihatsu Ayla, Rp 98,15 – 151,8 juta


Status Ayla sebagai LCGC menjadi senjata tersendiri. Bayangkan, masih ada mobil dibanderol kurang dari Rp 100 juta. Tepatnya Rp 98,5 juta untuk tipe 1.0 D. Anda mendapatkan inti mendasar dari sebuah mobil tanpa basa-basi. Hanya ada bodi dan mesin untuk mengangkut penumpang tanpa fitur tambahan apapun. Peranti keselamatan cuma seat belt ELR 3 titik bagi seluruh penumpang. Jangan harap audio, AC saja tidak terlihat batang hidungnya.


Daihatsu menawarkan pilihan 1.000 cc dan 1.200 cc. Mesin 1.000 cc berkonfigurasi 3-silinder polos tanpa VVT-i. Tenaganya hanya 65 PS. Unit 1.200 cc mengusung konfigurasi 4-silinder dual VVT-i. Ekstraksi daya pun berbeda jauh, catatkan 88 PS/108 Nm di atas kertas. Total terdapat enam kasta (empat 1.0L, dua 1.2L).


Menambah anggaran Rp 12,2 juta bisa meminang trim D+ dengan tambahan AC dan audio single DIN serta door card dari cetakan plastik. Pilih varian lebih atas demi pelek alloy serta body kit tambahan. Jika tak mau tanggung-tanggung soal fitur, varian tertinggi bisa ditebus tanpa perlu menjebol anggaran. Model 1.2 R AT Deluxe, dibanderol Rp 151,8 juta. Ada lampu LED di depan, tambahan aerokit, polished alloy dan interior bertabur elemen fabric. Di titik ini pun banyak yang bisa dinikmati seperti console box, audio 2 DIN dan Steering Switch.



Datsun GO, Rp 111,09 - 154,24 juta


Bermula di Rp 111,09 juta untuk Datsun GO (Tipe D). Soal fitur terbilang manusiawi lantaran dipasang AC serta door card berupa cover plastic. Sarana hiburan pun diperhatikan dengan head unit single DIN dilengkapi konektivitas USB dan AUX. Setelah Tipe D, dilanjut oleh Tipe A, T, dan T-Active. Pada tipe T ke atas, sistem infotainment mengusung monitor 6,75 inci dengan ragam fitur konektivitas. Selain itu, dilengkapi power window belakang, electric door mirror, lampu otomatis dan sensor parkir.


Sebagai pembeda eksterior, mulai tipe A punya ekstra wiper + washer belakang dan pelek alloy lebih besar. Sebagai varian tertinggi berlabel Rp 150,36 juta, T-Active punya kelengkapan seperti ornamen pemanis di knalpot, garnis plat nomor, electric mirror serta body kit gondrong di sisi bawah. Uniknya, semua mendapatkan DRL.


Kalau ingin bergaya mencolok, ada satu edisi nyentrik : Datsun GO-Live. Aksen kuning dilaburkan pada eksterior dan interior, menguatkan nilai jiwa muda dan sporty. Anda dapat menebus Live Rp 138,99 juta untuk transmisi manual atau Rp 154,24 bertransmisi CVT. Jenis mesin cuma unit 3 silider 1.200 cc berdaya 68 PS dan torsi puncak 104 Nm, berpadu transmisi manual 5-percepatan. Berbeda bila terpasang CVT, mesin sanggup mengail tenaga hingga 78 PS bertorsi serupa.



Suzuki Karimun Wagon R, Rp 115,5 – 146 juta


Suzuki menawarkan Karimun Wagon R yang dilego mulai dari Rp 115,5 juta. Tak perlu banyak berharap kala meminang mobil murah kasta terendah. Kurang lebih sama seperti pemain lain, Penampilan cukup polos? mengenakan bumper plastik telanjang tak dikelir sewarna bodi. Spion juga bernasib sama.


Kala ditilik, Wagon R punya tiga kepribadian berbeda. Tipe GA dan GL berwajah melengkung, sementara GS seolah lebih premium dengan segala elemen serbakotak di muka. GS ditujukan sebagai kasta pembeda, mana yang jelata dan mana yang tidak. Paling mahal dibanderol Rp 146 juta, berarti tidak perlu membobol batas anggaran. Varian tertinggi dibekali kemudahan akses tanpa interaksi kunci (keyless entry). 


Urusan dapur pacu berasal dari mesin 3-silinder 1.000 cc saja. Angka output 68 PS ditorehkan, dikirim oleh transmisi 5-percepatan manual atau yang perpindahannya diotomatiskan (Auto Gear Shift).



Toyota Agya, Rp 138,2 – 158,6 juta


Agar tidak terjadi kanibalisasi, Toyota selalu mengarahkan produk kembaran satu kelas di atas Daihatsu. Maka dari itu, tidak ada Agya bertubuh standar serta bersandalkan pelek kaleng. Tak seperti langkah Daihatsu, city car termurah Toyota, Agya 1.0 G, mengikuti fascia anyar. Ia mendapat dekorasi tubuh side moulding serta spoiler belakang. Frame kaca dikelir hitam seakan bersolek dengan eyeshadow, demi tampil maksimal. Sepatu pun mengenakan alloy, terlihat pantas sekaligus rapi.


Kenyamanan serta hiburan bukan lagi menjadi barang tersier seperti Ayla D. Audio bawaan merupakan sistem 2 DIN lengkap AUX dan USB. Dilengkapi pula intermittent wiper, sensor parkir, serta keyless entry dan immobilizer. Walau mempertahankan jantung 1.000 cc, kemampuan ditingkatkan melalui katup variabel VVT-i. Ekstraksi daya sedikit lebih baik dari sang kembaran dengan catatan 67 PS. Untuk unit 4-silinder 1.200 cc sama, 88 PS.


Di atas 1.0 G, ada tipe 1.2 G dan 1.2 G TRD S. Dari segi fitur, versi 1.2 G ditambahkan steering switch serta konektivitas Bluetooth. Baik 1.0L atau 1.2 L, keduanya mendapat spion elektrik memeluk lampu sein tambahan. Tipe tertinggi TRD S dibanderol Rp 158,6 juta dengan ekstra body kit spesifik TRD. Dapat dilihat tempelan spoiler bumper depan-belakang dan side skirt melekat sebagai pemanis lekuk tubuh. Selain itu kurang lebih sama, hanya ditambahkan peranti ABS. (Krm/Tom)


Baca Juga: Daftar Lengkap 9 City Car Kurang Dari Rp 200 Juta (Part-2)

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store