• Wishlist

Datsun GO dan GO+ Facelift India, Punya Dual Airbag Rem ABS

Datsun India baru saja meluncurkan model facelift GO dan GO+ (10/10). Kabar mengenai fitur yang lebih komplet, terutama dari sisi keselamatan dibanding versi Indonesia, benar adanya.



Diwartakan Cardekho, dua model hatchback dan 7-seater Datsun mendapatkan dual airbag, Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan sensor parkir sebagai fitur standar. Sangat berbeda dengan versi Indonesia. Di sini GO dan GO+ masih dengan satu airbag dan minus ABS, EBD maupun BA.


Secara kosmetik, ubahan terjadi sama seperti Datsun GO dan GO+ lokal. Penyegaran signifikan terjadi di bumper depan yang mendapat Daytime Running Light (DRL) LED berdiri vertikal. Varian tertinggi dipasangkan pelek alloy 14-inci dengan ban gemuk 165/70. Sementara tipe bawahnya masih menggunakan pelek 13-inci dengan ban 155/70. Untuk Datsun GO ketambahan warna baru Amber Orange dan Sunset Brown untuk GO+.


Desain dasbornya pun ikut berubah. Tuas rem tangan jadul model tarik beralih ke bentuk konvensional. Tampaknya konsumen memang tidak menyukai model seperti Toyota Kijang lawas dan Mitsubishi L300. Jadinya kedua jok depan tidak seperti menyatu lagi.



Sebagai sarana hiburan, monitor layar sentuh 7-inci sudah standar di kedua model. Dikatakan Cardekho, akan dilengkapi juga dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Kalau memang benar, maka jauh lebih maju dibanding Datsun lokal. Ditambahkan juga power window belakang, demi kenyamanan dan kemudahan membuka jendela.


Tidak ada perubahan dari balik kap mesin. Tetap teronggok mesin 3-silinder 1,2-liter dengan tenaga 68 PS dan torsi 104 Nm. Bedanya dengan Indonesia, Datsun India menunda meluncurkan varian transmisi otomatis untuk pasar sana. Berarti, hanya ada pilihan transmisi manual 5-speed untuk sekarang ini. Awalnya ada rencana soal transmisi tanpa pedal kopling, tapi belum dapat dipastikan jenis apa. Cardekho menyebut antara girboks CVT atau AMT.


Setidaknya, penambahan fitur keselamatan di Datsun GO dan GO+ India, membuat penilaian sebagai mobil tidak aman sedikit berkurang. Lantaran model awal meraih hasil sangat buruk dalam uji tabrak Global NCAP pada 2014. Skor didapat nol bintang untuk proteksi penumpang dewasa dan hanya dua bintang untuk penumpang anak-anak. Struktur kendaraan yang kurang kuat ditambah ketiadaan kantung udara sangat memperburuk hasil uji. Saat itu, airbag hanya menjadi fitur opsional dengan tambahan biaya untuk memilikinya. Dengan adanya dua airbag, tentunya hasilnya jadi lain dan lebih baik dari yang beredar di tanah air.


Di India, Go dan GO+ terbaru dijual dalam 4 varian. Harganya tergolong murah antara Rs 3,38 lakh sampai Rs 5,25 lakh atau setara Rp 69 juta sampai Rp 107 juta. Datsun GO masuk dalam persaingan melawan Maruti Suzuki Celerio dan Hyundai Santro. Sedangkan Datsun GO+ dengan konfigurasi duduk 5+2 tidak punya lawan sepadan di negara itu. (Odi/Van)


Sumber: Cardekho


Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO+ Panca 2018

Jelajahi Datsun GO +

Datsun GO + Rp 120,27 - Rp 157,91 Juta Cicilan : Rp 2,74 Juta

Bandingkan & Rekomendasi