Daftar Mobil MPV 7-Seater Meluncur Pada 2019

Daftar Mobil MPV 7-Seater Meluncur Pada 2019

Ramainya minat konsumen terhadap kendaraan jenis MPV, mendorong pabrikan otomotif berlomba menawarkan produk unggulan. Pada 2019 lalu, cukup banyak MPV baru maupun facelift dipasarkan. Daya tampung orang yang banyak menjadi nilai jualan utama mobil multiguna 7-seater. Berikut daftar MPV 7-seater yang meluncur 2019?

Toyota Avanza Veloz

Toyota Avanza

Lama tak diremajakan, Toyota akhirnya mengubah tampilan MPV andalannya pada 2019. Transformasinya memang tak signifikan, tapi cukup menarik perhatian. Apalagi banderolnya waktu peluncuran tak mengalami kenaikan. Padahal ada beberapa peningkatan diterapkan, mulai dari insulasi, sektor penerangan dan setelan suspensi.

Ada dua jenis mesin. Pilihan jantung mekanis 1,3 liter yang menghasilkan 97 PS dan torsi 120 Nm, punya 6 tipe, termasuk model Veloz. Mulai dari E manual, E otomatis, G manual, G otomatis, Veloz 1.3 M/T dan Veloz 1.3 A/T. Harganya dipatok mulai Rp 191,1 juta sampai Rp 227,450 juta. Sedangkan versi dapur pacu 1,5 liter yang memproduksi 104 PS dan 136 Nm, ada tiga : G, Veloz 1.5 M/T dan Veloz A/T. Mereka dilego dari Rp 221,250 juta hingga Rp 239,450 juta.

xenia baru meluncur

Daihatsu Xenia

Diluncurkan berbarengan dengan Toyota Avanza, mobil andalan Daihatsu ini juga punya rupa baru. Ia semakin atraktif, terutama pada wajahnya. Teknologi baru juga diterapkan, memastikannya semakin nyaman digunakan. Sama seperti Avanza, punya dua tipe mesin. Varian paling bertenaga berkubikasi 1,5 liter, disajikan dalam satu varian, dengan dua pilihan transmisi. R Deluxe manual dilego Rp 218,050 juta dan R Deluxe A/T di angka Rp 228,950 juta.

Jantung mekanisnya kecil ukurannya, 1,3 liter. Keluarannya tak berbeda dengan mobil milik Toyota. Tapi opsinya lebih banyak : X, X Deluxe, R, R Deluxe. Masing-masing disodorkan dalam dua sistem transmisi, manual dan otomatis. Harganya? Dimulai dari Rp 183,350 juta sampai Rp 218 juta untuk yang termewah. Sayangnya, konsumen yang membeli model 1,3 liter harus puas dengan sistem keselamatan seadanya. Pasalnya, ia tak dilengkapi ABS dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Toyota Calya facelift

Toyota Calya

LCGC andalan Toyota mendapat penyegaran pada September 2019.  Varian terbawah, E ada pilihan berteknologi Anti-lock Braking System (ABS) dibanderol Rp 140,263 juta (OTR DKI Jakarta). Tipe tanpa ABS tentu lebih murah, Rp 137,463 juta. Sementara varian tertinggi disuguhkan dalam dua versi transmisi. Manual berada di angka Rp 146,4 juta, model otomatis Rp 156,4 juta.

Urusan jantung mekanis, masih pakai yang lama, berkode 3NR-VE 1,2 liter Dual VVT-i. Ini membuatnya dapat memuncratkan tenaga maksimal 88 PS dan momen puntir 108 Nm. Daya dorong itu dinilai cukup, mengingat tubuhnya mungil dan terbilang ringan.

Daihatsu Sigra launching

Daihatsu Sigra

LCGC 7 penumpang ini punya varian lebih banyak. Bahkan ada dua jenis mesin yang dipakai. Paling bawah ada D seharga Rp 114 juta dan M Rp 124,4 juta. Keduanya menggendong mesin 1KR-VE 3-silinder berkubikasi 1,0 liter. Dayanya memang tak besar, cuma 67 PS dan torsi 89 Nm.

Varian di atasnya sudah bermesin 1,2 liter. Kodenya 3NR-VE dengan spesifikasi 4-silinder. Energi pemutar ban tentu lebih besar, 88 PS dan momen puntir 107 Nm. Sistem transmisi juga terbagi dua, manual dan otomatis konvensional. Adapun tipenya : X, X DLX, R dan R DLX. Mereka dibanderol mulai Rp 133,750 juta sampai termahal Rp 156,750 juta.

xpander cross meluncur

Mitsubishi Xpander Cross

Guna memperkuat lini MPV andalannya, Mitsubishi menghadirkan Xpander Cross. Wujudnya memang berbeda dengan Xpander biasa, ia menjadi lebih tangguh dengan gaya bak mobil offroad. Punya tiga varian, transmisi manual dibanderol Rp 267,7 juta, otomatis Rp 277,7 juta, dan Premium Package yang lebih mahal, Rp 286,7 juta.

Bawah kapnya tak berbeda dengan dengan Xpander. Dirinya mengusung mesin 4-silinder Mivec bertenaga 105 PS dan torsi puncak 141 Nm. Walau begitu, ada ubahan yang mempengaruhi pengalaman mengemudinya. Suspensi disetel ulang dengan rebound spring. Hal itu membuatnya lebih nyaman, meski punya ground clearance lebih tinggi dari Pajero Sport.

harga renault triber

Renault Triber

Pabrikan otomotif asal Eropa ini berbenah diri dengan menyajikan mobil yang menyasar segmen gemuk. Triber didapuk menjadi ujung tombak untuk meraih pamor di Tanah Air. Bertubuh kecil, ia diklaim dapat menampung tujuh penumpang. Ada empat varian disuguhkan. Paling bawah RXE dibanderol Rp 133 juta, kemudian RXL Rp 149 juta. Keduanya hanya dibekali transmisi manual. Model di atasnya ada RXT yang dikasih opsi pengganti gigi otomatis. Untuk manualnya dipatok Rp 157 juta, sedangkan AT Rp 164 juta.

Tertinggi adalah RXZ. Versi manual Rp 164 juta, sedangkan otomatis Rp 169,9 juta. Varian paling atas punya fitur canggih dan kekinian. Aksesnya mudah, tanpa interaksi anak kunci, pengemudi bisa masuk kabin. Ini disandingkan dengan pengeoperasian mesin lewat tombol Start/Stop Engine. Dapur pacunya cuma 1,0 liter, tapi dayanya masih mumpuni 73 PS dan torsi maksimal 96 Nm.

All new Nissan Livina launch

Nissan Livina

Livina diluncurkan Nissan pada 2019 dengan wujud berubah total, memakai bodi Mitsubishi Xpander. Hal ini dapat terjadi berkat aliansi global Nissan dengan Mitsubishi. Walau secara penampilan terkesan ada persamaan, tapi beberapa figurnya diganti, terutama pada wajahnya. Livina mengusung muka dengan bahasa desain V-Motion. Hasilnya terlihat lebih elegan.

Ada kesamaan lain pada Livina, mesinnya yang meminjam Xpander. Spesifikasinya berarti 1,5 liter yang memproduksi daya 104 PS dan torsi 141 Nm. Keseruan berkendara dan keselamatan dipastikan Nissan terjaga. Pasalnya MPV ini dilengkapi dual SRS airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control (TC). Livina pun disuguhkan dalam 4 varian. Terendah E yang hanya mempunyai transmisi manual, senilai Rp 198,8 juta. Naik sedikit, EL MT (Rp 223 juta) dan AT (Rp 233 juta). Versi lebih mewah VE (Rp 249,9 juta) dan VL (Rp 261,9 juta). Keduanya disenjatai sistem pengganti otomatis saja.

Suzuki Ertiga Sport

Suzuki Ertiga

Varian Ertiga dipadatkan, sehingga pelanggan bisa memilih lebih mudah. Ada dua varian, GL menjadi paling bawah, dengan harga Rp 215,5 juta untuk transmisi manual dan Rp 226 juta AT. Opsi tertinggi dinamakan GX. Banderol AT di Rp 240 juta dan manual Rp 229,5 juta. Bukan cuma mengubah tampilannya, fitur ikut direvisi, bahkan sampai ke dalam-dalam. Head unit, misalnya, kini berupa bingkai monitor yang menonjol. Rasanya makin mewah. Selain itu, terdapat pengaturan AC Auto Climate dan heater untuk varian tertinggi.

SIS juga melempat Ertiga Sport anyar ke pasar pada Maret 2019. Nomenklatur Sport jadi simbol pembeda tampilan dengan Ertiga biasa. Fokus pada aksesori bodi kit eksterior, menjadikan tampilan LMPV 7-seater itu lebih sporty. Ia juga jadi varian termahal di lini Ertiga.

Datsn GO+

Datsun GO+ Panca

Continuously Variable Transmission (CVT) menyuguhkan pengalaman berkendara lembut, tanpa ada rasa perpindahan gigi. Teknologi ini pun pada 2019 akhirnya diaplikasikan Datsun pada model berpenumpang tujuh orangnya, Go+ Panca. Butuh waktu lama bagi Datsun menyematkannya, dengan tujuan meningkatkan daya saing di tengah ramainya pasar LCGC. Ada tiga varian disodorkan pabrikan asal Jepang ini. A CVT dipatok Rp 137,340 juta, T CVT Rp 146,290 juta dan T Style CVT Rp 150,790 juta. (Hfd/Tom)

Baca Juga: Menerka Harga Suzuki XL7, Pesaing Mitsubishi Xpander Cross

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store