Mengenal 5 Keluarga Honda dengan Emblem RS, Satu Segera Dicoret

Mengenal 5 Keluarga Honda dengan Emblem RS, Satu Segera Dicoret

Honda menambah koleksi produk dengan emblem RS dengan hadirnya City Hatchback RS, pekan lalu. Kehadirannya membuat keluarga RS Honda bertambah lengkap. Meski di saat yang bersamaan juga berkurang satu karena Honda Jazz RS tidak lagi diproduksi dan dijual. Apa sih Honda RS itu?

Merujuk artinya secara harfiah, label RS berasal dari kata "Road Sailing". Yap, tak ada kata sporty dari namanya, meski secara tampilan dialah yang paling sporty. RS merupakan pengembangan khusus untuk varian Honda yang memiliki karakter lebih sporty dalam hal desain dan performa. Di Indonesia, RS bisa juga merujuk pada varian tertinggi, model terbaik, fitur terlengkap dan paling sporty. Walaupun paling mahal tapi justru varian RS yang membuat konsumen Indonesia jatuh hati.

Selain RS, Honda juga memiliki varian khusus lain seperti Si (Sport Injection) yang merupakan “All-around Sport” dengan peforma sporty lebih tinggi. Juga “Type R” yang mengusung konsep “Pure Sport” dengan performa racing di lintasan balap.

di Indonesia, Honda Prospect mobil menyajikan banyak model. Varian RS menjadi grade teratas untuk beberapa model tampilan lebih sporty. Misalnya penambahan aero kit, serta desain di eksterior dan interior. Selain tampilan, juga penyematan fitur dan teknologi yang lebih lengkap dari grade lainnya. Mobil Honda dikenal dengan DNA sporty. Karena punya sejarah panjang dunia balap. Yang kemudian mempengaruhi pengembangan produk komersial mereka.

Varian RS dikenalkan Honda secara global kali pertama di Honda Civic generasi pertama. Hanya diproduksi sebanyak 20.000 unit selama 1974 sampai 1975. Sejak itu, RS ditularkan ke 9 model lain. Yakni Jazz / Fit (mulai 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016), HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020) dan City (2020).

Khusus di pasar Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai mengenalkan varian RS di Honda Jazz generasi kedua 2008. Dilanjutkan Honda Mobilio RS pada 2014, juga Brio RS di 2016. Pada awal 2020 silam, emblem RS disematkan di New Honda Civic Hatchback. Dan kini disematkan juga di Honda City Hatchback.

Baca juga: Ulas Spesifikasi Honda City Hatchback RS, Mesin Lebih Bertenaga

 

Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS

Hilangnya Honda Jazz, yang sudah hadir sejak 2004, digantikan Honda City Hatchback. Ia bukan nama baru. City sedianya lahir sebagai hatchback tiga pintu pada medio 80an – bertransformasi jadi sedan empat pintu - dan kini konsumen Indonesia dapat menikmati gabungan dua konsep tadi alias tanpa pinggul untuk pertama kalinya.

Untuk pasar Indonesia, City baru ini memangku mesin empat silinder segaris berjenis DOHC, bukan SOHC seperti model-model Honda lainnya. Lantas terkait volumenya sama-sama 1.5-liter dan mengaplikasikan teknologi i-VTEC + DBW, serta memiliki 16 katup. Hasilnya perolehan output daya kuda menjadi 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm muncul pada 4.300 rpm. Sesungguhnya tak beda jauh dari mesin lama yang digunakan pada Jazz, BR-V, dan City sedan. Meningkat sedikit saja, serta memunculkan power di putaran agak lebih rendah. Dan soal efisiensi, klaim Honda, bisa mencapai 3 persen dari model sebelum.

Penyalur dayanya ada dua pilihan, pertama girboks CVT. Bagi pengguna dalam kota biasanya transmisi ini menjadi pilihan favorit. Tapi kalau merasa kurang mendorong – mengingat masuk segmentasi kawula muda – City turut disediakan dalam opsi manual enam percepatan. Urusan pilihan girboks manual adalah satu-satunya di Indonesia, tidak tersedia di mesin 1.0-liter turbo versi Thailand sekalipun.

Untuk tampilan, nuansa sporty sangat kental. Ia memang berbeda arah gayanya dari City sedan sebelum. Ada lampu dan grille besar, difusser, styling bumper berlekuk, hingga fog garnish dan lower mesh grille dirinya pun tampil makin sangar sekaligus stylish. Ditambah tatapan mata dramatis berasal dari headlight full LED dan DRL. Berikut lampu belakang minimalis dioda berhias turning signal dan reverse light menggunakan bulb lamp. Sepatu menggunakan alloy 16 inci berdesain banyak palang. Urusan pengemasan kelir total ada enam opsi: Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Saat masuk ke dalam kabin Anda bakal dimanjakan nuansa gelap bercampur aksen merah di banyak titik. Mekanisme nyala mobil, push start button jadi standar. Alias tanpa perlu menggunakan anak kunci. Layar delapan inci touchscreen bisa terkoneksi ponsel pintar. Makin menarik lagi, layar turut menampilkan visual kamera parkir dalam beberapa sudut. Dari mulai normal view, wide view, sampai top view. Selain itu Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch berikut Voice Recognition, juga hadir di dalam City Hatchback anyar.

Lainnya, komplet. Fitur safety banyak terpasang. aktif seperti sensor ABS, EBD dan BA masuk dalam paket penjualan. Ditambah lagi Brake Override System, hingga Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist. Semua kombinasi ini mengantar City Hatchback mendapat bintang lima dalam performa tabrakan standarisasi ASEAN NCAP.

Meski sudah dapat memesan City, tapi belum ada harga resmi. Namun, mengacu data Samsat PKB Jakarta NJKB-nya sekitar Rp 221 juta untuk tipe CVT dan Rp 213 juta buat yang manual enam percepatan. Jika ditambah pajak serta biaya lainnya banderol diduga tembus Rp 300 jutaan dalam kondisi On The Road.

Baca juga: Honda Brio RS Series Masuk Daftar PPnBM 0 Persen, Harga Beda Tipis dari Model LCGC

Honda Brio RS

Honda Brio RS

Inilah andalan utama jualan Honda saat ini. Bersama Brio Satya -- ia menjadi model paling laris di Tanah Air sepanjang tahun lalu. Sentuhan RS di Honda Brio dimulai pada 2016. Dilanjutkan dua tahun kemudian, tepatnya pada 2018. Awal tahun ini, sebelum perkenalan City HB, Honda lebih dulu meluncurkan kelukarga terbaru Brio RS. Beruwujud kian sporty dan diberi nama Honda Brio RS Urbanite Edition. Wujudnya dalam sentuhan two-tone dan penambahan berbagai body kit di bagian eksterior.

Kalau diingat-ingat, tampilan tubuh terlihat begitu mirip dengan rancangan Honda Small RS Concept. Prototipe itu sempat dipamerkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2018. Honda sedikit menambahi tampilan muka biar terlihat racing look. Misal Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser. Sementara terdapat pula Black Side Under Spoiler, Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal. Lalu ada Black Door Handle. Racikan ini menjadikan mobil ini terlihat semakin sporty. Cocok dengan target marketnya.

Guna menyesuaikan dengan karakter yang sporty dan enerjetik. Honda Brio RS Urbanite Edition hadir dalam dua pilihan warna. Yaitu Phoenix Orange Pearl dan Carnival Yellow. Kedua warna tersebut menampilkan konsep two-tone, dengan paduan warna hitam pada bagian atap mobil, handle, spion, dan side skirt.

Di baian kabin, Honda Brio RS Urbanite memakai material dan aksen warna sama dari RS reguler. Ia mengusung dominasi warna hitam dengan detail oranye. Itu bisa dilihat pada jahitan material serta lis penghias dasbor. Soal fitur pasti paling lengkap di keluarganya. Contoh sarana hiburan, menganut sistem head unit layar sentuh 6,2 inci lengkap USB, AUX, dan Bluetooth. Kontrol audio dan telepon dapat terlaksana lewat audio switch di lingkar kemudi. Telinga pun lantas dimanjakan oleh keberadaan tweeter. Di samping itu, panel AC digital ditugaskan sebagai alat pengatur suhu dengan sensasi modern.

Urusan mesin, New Honda Brio RS Urbanite Edition tetap sama dengan model reguler, tak ada ubahan apapun. Ia membawa keunggulan dari mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder yang bertenaga 90 PS serta torsi puncak 110 Nm. Angka ini merupakan merupakan terbesar di kelasnya, sekaligus diklaim hemat bahan bakar. Selain itu, serangkaian fitur dan teknologi terkini juga tetap tersedia. Misal transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology, kemudian tersisip pula ECO Assist. Pun dengan fitur keselamatan, tetap sama. Konsumen senantiasa mendapat Dual Front i-SRS Airbags, sistem pengereman ABS + EBD dan struktur rangka tetap pakai G-CON + ACE.

Daftar harga Honda Brio:

  • Bio S M/T: Rp 149 juta
  • Bio E M/T: Rap 158 juta
  • Bio E CVT: Rap 173,5 juta
  • Brio RS M/T: Rp 178,3 Juta
  • Brio RS CVT: Rp 192,7 Juta
  • Brio RS M/T Urbanite Edition: Rp 185,8 Juta
  • Brio RS CVT Urbanite Edition: Rp 200,2 Juta

Baca juga: Adu Kemampuan MPV Bekas, Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio

Honda Mobilio RS

Honda Mobilio RS

Honda Mobilio RS hadir pada 2014 sebelum mendapat revisi pada 2019. Di Indonesia, Honda menawarkan Mobilio dalam lima varian. Rentang harganya mulai Rp 196 juta sampai Rp 248 juta (OTR DKI Jakarta) setelah mendapat PPnBM. Menariknya, dari kelima opsi yang ada varian tertinggi RS CVT menjadi model paling layak dibeli.

Memang tipe termahal yang disuguhkan Honda Mobilio. Wujudnya punya kelengkapan aksesoris lebih lengkap, membuat tampilan berbeda dengan varian bawah. Seperti pelek 15 inci yang desainnya lebih agresif, spoiler belakang, grille gelap, gaya bumper lebih tebal, muffler kromium dan antena berupa sirip hiu. Selain itu, pilihan kelir bodi lebih banyak, ada tambahan White Orchid Pearl dan Phoenix Orange Pearl Two Tone. Namun, ini bukan faktor spesifik yang membuatnya berbeda.

Mengusung mesin 1,5 liter 4 silinder bertenaga 118 PS dan torsi 145 Nm, varian termahal ini diberi pilihan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Pengalaman berkendara menjadi lebih mudah, sambil tetap menyediakan performa andal. Dibanding manual, tentu rasanya berbeda, tak perlu sering mengoperasikan tuas pemindah gigi. Kaki kiri terhindar dari rasa pegal. Di samping transmisi, ada teknologi yang hanya ada di varian ini. Bahkan versi manual yang beda Rp 10,8 juta tak memilikinya.

Adalah Vehicle Stability Assist (VSA), sistem keselamatan berbasis komputer. Perangkat berkolaborasi dengan Anti-Lock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS). Fungsinya mencegah risiko terjadinya oversteer maupun understeer, dan mencegah ban selip. Fitur lainnya yang juga cuma tersedia pada RS CVT yakni Hill Start Assist (HSA). Tugasnya menahan kendaraan ketika mulai berakselerasi awal di tanjakan. Sering mobil mundur ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke gas. Kondisi ini diantisipasi HAS. Tak hanya memberikan kenyamanan, tapi juga keamanan, terutama untuk pengemudi pemula.

Soal keselamatan lain, RS CVT sudah ditambah kamera belakang, untuk memudahkan parkir. Lalu ISOFIX dan tether, seatbelt reminder, sabuk pengaman pretensioner dan load limiter, serta dua kantung udara di depan. Alarm dan immobilizer memastikan keamanan dari bahaya pencurian, pun dipasangkan.

Lanjut ke perangkat hiburan. Head unit 8 inci Capacitive Touchscreen dibenamkan pada dasbor. Unit sudah kompatibel dengan iPhone, iPod dan Smartphone Connection. Pengemudi tak repot melakukan panggilan telepon. Komponen pendingin kabin digital tidak seperti varian E maupun S. Nuansa kabin dibuat lebih sporty. Pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan. Berkat balutan fabrik hitam dengan jahitan oranye mencolok.

Daftar harga Honda Mobilio:

  • Honda Mobilio S M/T: Rp 196,1 juta
  • Honda Mobilio E M/T: Rp 251,7 juta
  • Honda Mobilio E CVT: Rp 226,4 juta
  • Honda Mobilio RS M/T: Rp 238,3 juta
  • Honda Mobilio RS CVT: Rp 248,5 juta

Baca juga: Nilai Mazda3 Hatchback yang Membuat Honda Civic Hatchback Terkesan Usang

Honda Civic Hatchback RS

Honda Civic Hatchback RS

Setahun lalu, tepatnya Februari 2020, Honda memperkenalkan edisi terbaru Civic Hatchback di Tanah Air. Kini, tinggal tipe RS yang dipasarkan Honda. Sejatinya, Civic Hatchback RS adalah versi paling sporty dari kedua pendahulunya, S dan E. Beragam kelengkapan ditambah, khususnya imbuhan pendongkrak estetika.

Varian ini membawa kelengkapan dari tipe teratas Civic HB. Ditambah atau diubah pada sejumlah poinnya. Seperti eksterior. Civic Hatchback RS mendapat operasi wajah dari sebelumnya. Paling terlihat pada sektor bawah. Bumper baru menghiasi paras, sepaket dengan bibir bawah anyar yang mendukung aerodinamika. Bingkai rumah lampu kabut kini tertutup rapat, tak lagi berlubang seperti sarang lebah. Dan ada list pemanis senada warna bodi di area itu.

Buritan pun sama, mendapat penyegaran pada bumper. Bagian diffuser belakang dan finisher pada corong knalpot di tengah turut direvisi. Sisi samping, cuma dibari side sill garnish (side under spoiler) yang sepaket dengan body kit depan dan belakang. Tersedia jua pelek alloy 17 inci berdesain two tone. Oh ya, tak lupa emblem huruf RS mentereng bisa dijumpai pada wajah dan buritan Civic hatchback anyar.

Ubahan di interior seperti berkaca pada sang jawara, Civic Type R. Identifikasinya dari penerapan warna serbahitam dengan jahitan merah. Layar sentuh masih berukuran sama, 7 inci. Layar itu menjadi pusat komando hiburan dalam kabin dengan dukungan standar bisa dijumpai. Termasuk konektivitas ke smartphone via Bluetooth. Belum ada Apple CarPlay dan Android Auto pada mobil ini.

Sektor mesin sama. Performa dan kinerja VTEC Turbo 1,5 liter masih dianggap baik dan memuaskan. Semburan daya puncaknya 173 PS, didapat pada 5.500 rpm. Sedang torsi 220 Nm bisa dikali di rentang 1.700 - 5.500 rpm. Penyalur daya CVT, dengan simulasi perpindahan melalui paddle shift masih dipercaya menawarkan kenikmatan berkendara Civic Hatchback.

Penjamin keselamatan sudah lengkap. Kantong udara misalnya, ada enam titik dengan dua airbag SRS utama di depan ditambah dua side dan curtain. Kelengkapan safety lain termasuk rem ABS+EBD+BA, rem parkir elektrik, kamera parkir mundur, hill start assist, vehicle stabilty assist dan brake override system.

Daftar harga Civic Hatchback RS:

  • New Honda Civic Hatchback RS: Rp 499 juta

Baca juga: Honda City Hatchback RS, Apa Kelebihan dan Kekurangannya Ketimbang Jazz RS?

Honda Jazz RS

Honda Jazz RS

Sayangnya, eksistensi Jazz berakhir tahun ini. Konsumen harus berpisah dengan Honda Jazz RS. Karena produksi terakhirinya dilakukan pada Februari 2021. Bisa jadi, Honda Jazz RS akan menjadi varian yang diburu dengan harga stabil dalam beberapa tahun mendatang di bursa mobil seken. Karena memang variannya terbatas dan tidak diproduksi lagi. Mengacu data produksi di Gaikindo, Honda Jazz terakhir kali diproduksi pada Januari 2021 dengan jumlah produksi 360 unit. Sementara di 2020 lalu, produksi Honda Jazz mencapai 5.400 unit.

Sejak 2008, Honda Jazz RS paling diminati oleh loyalis Honda Jazz. Mencapai 97% dari total penjualan Honda Jazz di Indonesia pada 2019. Di 2017, New Honda Jazz RS dikenalkan dengan ubahan di eksterior, maupun pilihan warna Phoenix Orange Pearl Two Tone.

Tampilannya berkarakter sporty. Inilah salah satu alasan kenapa Fit generasi terbaru yang dilansir di Tokyo Motor Show 2019 lalu, tak berlanjut di Indonesia. Saat kunjungan ke TMS lalu Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM​, mengatakan wajah dan karakter Fit baru jauh dari Jazz. Tak terlihat aura sporty yang selama ini menjadi DNA-nya.

Yep, Honda Jazz selalu memiliki desain atraktif yang mudah diterima berbagai kalangan dan genre. Selalu terlihat menarik dengan postur serba proporsional. Tak ayal disukai para kaum muda, baik pria maupun wanita dan acap menjadi bahan modifikasi.

Kelebihan lain Jazz jika dibandingkan dengan kompetitornya, berasal dari dalam kabin. Dari generasi ke generasi, mobil ini mampu menyuguhkan kabin yang lega untuk ukuran compact hatchback karena pendekatan MPV. Ruang kepala, kaki hingga bagasi berlimpah ruah. Makanya Jazz juga cocok menjadi mobil keluarga kecil karena keunggulan akomodasinya. Terlebih lagi, fleksibilitas jok yang disebut Ultra Seat masih ada sampai Jazz sekarang. Seluruh kursi mudah diatur dalam beberapa posisi untuk disesuaikan kebutuhan. Paling menarik, dudukan jok belakang yang dapat dilipat ke atas. Bagasinya pun mudah menampung empat koper berukuran besar.

Meski dalam kondisi standar, mesin Honda Jazz selalu paling menonjol di segmennya. Masih pakai mesin lama L15 yang terkenal kencang, tenaganya sebesar 120 PS dan torsi 145 Nm. Bandingkan dengan mesin 2NR-FE Yaris yang tenaganya cuma 107 PS dengan torsi 140 Nm. Mesin Jazz juga sering menjadi sasaran modifikasi untuk ditingkatkan kemampuannya. Selain itu, efisiensi bahan bakarnya juga sudah diakui sejak dulu. (Raju)

Daftar harga Honda Jazz:

  • Honda Jazz M/T: Rp 255,5 juta
  • Honda Jazz CVT: Rp 265,5 juta
  • Honda Jazz RS M/T: Rp 288 juta
  • Honda Jazz RS CVT: Rp 298,5 juta

Baca juga: Alasan Lebih Pilih Honda Brio RS Baru Ketimbang Jazz RS Bekas

Jelajahi Honda City Hatchback

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda City Hatchback Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda City Hatchback

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang