• Wishlist

Cari MPV Bekas, Mending Nissan Livina VL atau Honda Mobilio RS?

Cari MPV Bekas, Mending Nissan Livina VL atau Honda Mobilio RS?

Tak harus beli mobil anyar untuk keperluan keluarga. Kendaraan jenis LMPV kerap dijadikan moda pribadi untuk mudik maupun liburan akhir tahun. Ada dua alternatif pabrikan Jepang yang bisa Anda pinang. Pertama Nissan Livina berbasis Mitsubishi Xpander. Opsi kedua, Honda Mobilio RS. Sama-sama tahun keluaran 2019. Walau bekas, jika normal, performa dan kesehatan tak kalah dari mobil gres.

Di pasar mobkas Jabodetabek. Tipe VL AT tertinggi dijual Rp 225 juta hingga Rp 230 jutaan. Sedang Honda Mobilio lansiran tahun serupa ditawarkan mulai Rp 190 jutaan sampai Rp 205 juta. Kalau melihat harga tertinggi, maka ada selisih Rp 30 juta. Nah, sebelum Anda meminang mana yang punya value for money terbaik, sila amati perbandingan berikut. Paling tidak, paham pada spesifikasi masing-masing produk.

Performa Mesin

Honda Mobilio RS lebih unggul dari Livina 2019 di sektor ini. Meski tak ada ubahan pada mekanikal pacu, toh tenaga Honda jauh lebih besar. Faktanya dua mobil sama-sama menggendong engine 1,5 liter. LMPV bermesin SOHC i-VTEC 16 katup sanggup melecutkan daya 118 PS pada 6.600 rpm. Dorongan torsi puncaknya mencapai 145 Nm di 4.600 rpm. Dengan meminjam teknologi MIVEC DOHC 16 Valve Mitsubishi, Livina hanya memberi output tenaga 104 PS pada 6.000 rpm. Lalu momen puntirnya 141 Nm di 4.000 rpm.

Antara Mobilio dan Livina pakai penggerak roda depan. Kemudian tenaga yang terlontar itu, disalurkan melalui transmisi otomatis. Mobilio RS pakai sistem CVT, sedangkan Livina mengandalkan transmisi matik 4-speed (konvensional). OTO.com pernah merasakan kenyamanan dan kehalusan CVT Mobilio. Punya Livina tidak jelek, namun kalah nyaman dari LMPV Honda. Dari sisi tenaga dan transmisi, Mobilio layak dipertimbangkan. Girboks CVT memang piawai menyalurkan daya secara efektif dan efisien.

Honda Mobilio 2019

Handling

Jenis suspensi yang digunakan Mobilio dan Livina sama. Mereka pakai racikan McPherson Strut di depan dan Torsion Beam pada roda belakang. Rasanya agak sulit melihat mana yang paling unggul. Mobilio punya pengendalian yang enak dalam hal karakter sporty. Namun Livina terbaru juga punya wide-track yang lebih bagus dari Mobilio.

Berarti tak kalah mantap dan stabil kala melesat kencang. Apalagi, sistem redaman pada Livina terinspirasi dari Mitsubishi Lancer Evo yang kondang itu. Menurut hemat kami, nilai Livina sedikit di atas Mobilio. Dan ini memang subjektivitas penguji. Namun pada mobil bekas, parameternya sudah berbeda lagi. Usia dan jarak pakai amat berpengaruh. Baiknya dites sendiri, sampai Anda memahami karakter kendaraan sebelum menebus.

Baca Juga: Cek Panduan Membeli Mobkas Nissan Grand Livina 1.8 XV

Rancangan Postur

Mobilio terakhir disegarkan pada 2019, namun sangat minim ubahan. Sehingga tak membuat kita pangling kala menatap tubuhnya. Hanya ada sisipan aksen dan sentuhan kecil. Terlihat di lampu utama yang pakai jenis proyektor, shark fin dan desain pelek. Sorot pencahayaan macam ini punya pendaran lebih baik dari bohlam halogen. Sayang belum menganut LED. Sementara interior mobil tampil dengan sentuhan orange kontras di dasbor dan power window. Lalu tersisip head unit layar sentuh delapan inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone.

Sukar dipungkiri, kalau Livina tampil lebih menggoda dari Mobilio. Paras depan lebih rupawan lewat gaya V-Motion. Corak grille Livina yang mirip sarang tawon (honey comb) menambah nilai sporty. Sementara kala menengok kabin, Livina juga lebih berkelas. Head unit tujuh inci terpasang dengan sederet fitur audio. Dari dimensi pun, Livina sedikit lebih besar dari Mobilio.

All-new Nissan Livina interior

Keamanan

Faktanya memang jauh lebih murah Mobilio. Tapi Nissan membekali Livina dengan beberapa fitur keselamatan seperti: Hill Start Assist (HSA) yang membantu saat mobil menanjak. Agar tidak selip, tersedia Vehicle Dynamic Control dan Traction Control System. Lalu ada pedestrian protection untuk melindungi cedera pada pejalan kaki. Sedangkan Honda Mobilio RS hanya memiliki Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist.

Livina lebih sempurna dengan bubuhan tombol start stop dan absen pada Mobilio. Tapi Honda punya pendingin kabin (AC) model digital berwujud pengaturan tombol. Sedikit terlihat canggih dari Livina yang masih mengandalkan kenop putar.

Nah di bagian peranti keamanan, Livina dibekali pengereman cakram pada roda depan dan teromol di belakang. Lengkap dengan sisipan ABS, EBD dan Brake Assist. Sementara Honda Mobilio hanya punya ABS+EBD tanpa ditemani Brake Assist. Ada yang imbang pada keduanya. Sama-sama tak didampingi cruise control dan paddle shift. Padahal Mobilio RS di Filipina punya fitur pemindah gear itu. Jadi versi Mobilio facelift 2019 terasa sangat hambar.

mobilio rs interior

Rekomendasi

Yang jadi pijakan pembanding kedua model ialah harga dan nilai yang diberikan. Jujur, Mobilio RS dengan tampang begitu-begitu saja, masih kompetitif. Ia mengantongi kenyamanan dan tenaga yang unggul, sebagai mobil keluarga. Plus kelebihan transmisi CVT. Secara fungsi dan banderol bekas maka unit layak diprioritaskan.

Paras Nissan Livina kental dengan aura anyar, kekinian dan komplet. Sebetulnya mobil ini lebih banyak memberi godaan. Di jalan ia bak kendaraan anti-mainstream. Ia cocok untuk keluarga yang tak sekadar butuh fungsionalitas. Tapi juga ingin fitur lebih. Tapi perlu dicatat pula, cermati besaran nilai penyusutan bila kelak Anda menjual kembali. (Alx/Odi)

Baca Juga: Opsi Mobil Bekas 7-Seater Daihatsu di Bawah Rp 150 Juta

Komparasi Nissan Livina vs Honda Mobilio

Nissan Livina
  • Rp 208,3 - Rp 272,1 Juta
Honda Mobilio
  • Rp 205,5 - Rp 261,4 Juta
Livina vs Mobilio

Bandingkan & Rekomendasi