jakarta-selatan
kali dibagikan

Buat Perkotaan, Pilih Honda Brio RS Baru atau Jazz RS Bekas?

  • 30 Jan, 2019
  • 15350 Kali Dilihat

Kendaraan macam citycar kebanyakan digemari kaum urban. Alasannya, konsumen cenderung membeli mobil yang gesit, lebih kompak dan terutama irit bahan bakar. Tak dipungkiri, Jabodetabek masih menjadi daya serap utama produk Honda. Khususnya jenis hatchback. Kemacetan dan kapasitas ruang parkir yang semakin terbatas, membuat Brio dan Jazz tetap diminati.


Honda Brio teranyar jadi model laris manis. Desain mimiknya mirip Mobilio dan buritan kini yang tak lagi datar. Itu menambah daya pikat Brio. Tapi sebelum Anda meminang, ada pilihan lain seperti Honda Jazz bekas. Mari kita lihat harganya. Honda Brio RS matik dibanderol Rp 190 juta. Sementara Jazz RS matik 2016 second Rp 190 juta sampai Rp 200 jutaan. Pilih yang mana?


Dimensi dan Tampilan


Cek data faktanya dahulu sebelum memutuskan. Keduanya sama-sama mobil yang kompak. Meski segmentasi pasar keduanya berbeda. Dengan depresiasi harga jual Honda Jazz bekas, kini ia punya nilai yang setara. Yang pasti, hatchback Honda itu mudah dan cekatan diajak menyusup di kemacetan ibu kota. Lihat, Brio terbaru punya dimensi 3.815 mm x 1.680 mm x 1.485 mm. Sedangkan Jazz lawas berukuran 4.035 mm x 1.694 mm x 1.524 mm. Dari segi kelapangan, Jazz lebih luas.


Brio RS model 2019 memang terasa gres saat Anda membelinya. Pastilah ada kepuasan batin. Tapi saat Anda menebus Jazz bekas di showroom yang ada jaminan kualitas, juga patut dipertimbangkan. Pasalnya banyak keunggulan lain. Meski ada kesamaan dari segi eksterior. Keduanya dibekali lampu LED dan DRL yang menambah kesan mewah. Ditemani pula dengan fog lamp demi menambah penerangan.


Peleknya berukuran sama, 15 inci dengan palang rapat dual tone. Aksesori serta lencana khas RS pun dimiliki. Sementara saat Anda memasuki interior Brio RS sangat terasa penyegaran yang berbeda dari model lawas. Mata disuguhi pemandangan kontras lewat jahitan jok dan sentuhan dual tone, yang menambah kesan sporty. Sedangkan Jazz 2016 masih bisa mengimbangi, tapi lebih lapang dan nyaman.


Lingkar kemudi sama-sama dibubuhi audio switch steering control. Memudahkan Anda untuk mengganti lagu dan mengatur peranti pemanja telinga. Yang membedakan, setir Jazz dilengkapi tilt and telescopic. Sedangkan Brio RS hanya tilt saja. Kelihatannya sepele, tapi fungsi teleskopik sangat menambah kenyamanan berkendara.


Mesin dan Performa


Brio menggendong jantung pacu 1,2 liter dengan tenaga maksimum 90 PS dan torsi puncak 110 Nm. Kapasitas tangkinya sebesar 35 liter. Jazz 2016 punya engine 1,5 liter yang teknologinya tak ketinggalan. Ia sanggup memompa daya 120 PS dan dorongan torsi 145 Nm. Tangkinya bisa memuat bensin 45 liter. Kalau dilihat dari angka itu, jelas Jazz jauh mengungguli.


Tapi mana yang lebih irit? Itu sangat relatif bagaimana gaya tiap pengemudi membawanya. Namun kami pernah menguji konsumsi bahan bakar Jazz 2016 sejauh 100 km di jalan tol. Hasilnya, Jazz mampu meminum bensin 19,5 km per liter. Sedangkan Brio Satya 2017 mencapai 23,8 km per liter dengan metode sama, full to full. Kemungkinan Brio facelift 2019 punya efisiensi yang tak jauh berbeda, sebab mesinnya sama dari Satya.


Meski Jazz 2016 sedikit berumur, tapi handlingnya bisa kami pastikan masih lebih baik dari Brio anyar sekalipun. Entah dari bantingan suspensi, kesenyapan berkendara dan sensibilitas mengemudi. Untuk di dalam kota mungkin tak jauh berbeda rasanya. Tapi saat Anda mengajaknya di jalan bebas hambatan ke luar kota, bedanya signifikan. Kenapa? Jarak wheelbase dan wide track-nya amat mempengaruhi kestabilan berkendara. Meski dengan model suspensi depan dan belakang yang serupa (McPherson Strut dan Torsion Beam).


Fitur


Soal kelengkapan, fitur Jazz 2016 tetap lebih komplet. Untuk mempermudah, kami sebutkan fitur yang tak dimiliki Brio RS. Misalnya paddle shift yang hanya tersedia pada Jazz. Lalu smart entry, yang memudahkan Anda masuk mobil tanpa bersinggungan langsung dengan remot mobil. Dan cruise control yang menambah keasyikan berkendara, saat berseluncur di tol.


Dengan dana Rp 190 jutaan, buat kami Honda Jazz bekas 2016 lebih memberikan value, dibanding dengan mengongkosi Brio RS. Sebab bedanya sangat jauh dari fitur, gengsi, hingga kenyamanan berkendara. Toh usia Jazz belum terlalu tua. Seandainya membeli Jazz bekas, biar tampil mentereng ajaklah ke salon detail mobil. Kendaraan bisa disulap bak mobil anyar. (Alx/Van)


Baca Juga: IIMS 2019, Mobil Berstatus World Premiere Siap Meluncur

  • Tampak Depan Bawah Honda Brio
  • Tampak Grille Brio
  • Fog lamp depan Brio
  • Lampu depan Brio
  • lampu belakang Brio
  • Honda Brio Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Brio
  • Pelek Brio
Honda Brio
Rp 147 - Rp 199,5 Juta
Lihat Promo

Harga dan Promo Varian Brio

  • RS CVT | Rp 200 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 13 Juta
    Angsuran Rp 5 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • RS | Rp 184 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 13 Juta
    Angsuran Rp 5 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Satya E CVT | Rp 171 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 13 Juta
    Angsuran Rp 5 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Satya E | Rp 156 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 13 Juta
    Angsuran Rp 4 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • Satya S | Rp 147 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 13 Juta
    Angsuran Rp 4 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Honda Brio

Lihat video terbaru Honda Brio untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi