First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!

Handling terasa lebih enak dibanding sebelumnya

First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
Contents
Baca SelengkapnyaSembunyikan

All New Honda Beat Series generasi kelima akhirnya mendapat peremajaan. Sejak pertama diluncurkan pada 2020, dirinya hanya mendapat penyegaran warna dan grafis. Namun yang sekarang tak cuma tampilan baru, namun mendapat ubahan signifikan dan tambahan teknologi canggih.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa harga All New Honda Beat Street?

    Dengan ubahan dan penambahan fitur, Honda Beat Street terbaru dibanderol Rp19,3 juta
  • Sebelum membahas pengujian, mari kita simak apa saja ubahan All New Beat Series yang terdiri dari Beat dan Beat Street.

    Untuk Beat regular perubahan terjadi di beberapa sektor. Bagian depan rumah lampu utama punya wujud baru. Walau masih membentuk huruf V tapi sekarang ada garis tengah yang melancip. Bila dilihat dari samping sekilas bentuknya mirip Vario 125. Bagian batok atas juga mendapat penyegaran.

    Dibalik batok atas terdapat speedometer analog-digital yang kini lebih ringkas. Tetap mengusung bentuk bulat dengan kotak LCD di sisi kanan. Tapi sekarang semua indikator berada di bagian atas. Lanjut ke bawah ada Smart Key, tapi fitur ini hanya ada di varian tertinggi. Di area itu juga masih terdapat dua kompartemen. Sisi kiri bisa menaruh botol minum dan bagian kanan disediakan power outlet.

    Honda Beat Street

    Kemudian dek bawah bagian depan sekarang mengadopsi bentuk kotak kaku. Tidak seperti model sebelumnya yang mengusung garis dinamis. Bodi tengah mendapat ubahan desain. Visualnya mengikuti kontur bagian wajah. Bagian hitam kasarnya kini lebih besar.

    Sektor belakang juga tak luput dari perubahan. Stoplamp maupun sinyal belok punya desain anyar. Behel di buntut sekarang pakai material plastik, bukan lagi besi yang dibungkus karet, lebih tepatnya Glass Fiber Reinforced Polypropylene. Lalu dirinya sekarang tidak disediakan kick starter (khusus tipe Deluxe dan Deluxe Smart Key). Tapi jangan khawatir, terdapat battery Indicator di panel meter guna memberikan informasi kondisi accu.

    Sementara Beat Street punya cover speedometer baru. Tetap menggunakan digital panel meter dengan background layar berwarna biru. Lalu, ada power charger 12 watt untuk mengisi daya gadget. Untuk bodinya identik dengan Beat regular.

    Beat Street 2024

    Ubahan paling mencolok tampak dari bagian rodanya. Ia sekarang pakai pelek berukuran 12 inci dan dibungkus dengan ban berukuran 100/90 di depan dan 110/90 di belakang. Serupa dengan New Genio. Hal inilah yang menjadi poin utama nanti dalam pembahasan pengujian.

    Khusus untuk performa masih menggunakan struktur yang sama dengan model sebelumnya. Masih mengandalkan mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Mampu menghasilkan tenaga 8,97 PS di 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,2 Nm pada 5.500 rpm. Bedanya kini punya bobot lebih ringan, sekira 400 gram.

    Pengujian

    Karena soal performa tak ada perubahan signifikan selain pengurangan bobot, maka kami menitikberatkan pengujian untuk Beat Street. Sebab dirinya berganti roda yang sebelumnya 14 inci, sekarang menjadi 12 inci. Hal itu juga yang membuat kami penasaran perihal handlingnya.

    Test Ride All New Honda Beat Street

    Kegiatan test ride dilakukan di lintasan Safety Riding and Training Center AHM di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Tapi sayang, waktu yang diberikan sangat terbatas. Meski begitu, lokasi percobaannya disajikan dengan beragam obstacle, seperti memvisualisasikan keadaan jalanan ibukota.

    Sebelum terjun langsung ke lintasan, pihaknya memberikan sedikit informasi ke kami mengenai beragam jalur yang harus dilalui. Mulai dari jalur berkelok hingga trek lurus. Diibaratkan sebagai situasi lalu lintas dalam kota. Area itu sengaja dibuat untuk membuktikan kalau Beat Street anyar bisa lincah saat berada di sudut sempit meski pakai setang lebar.

    Jujur saja, pertama duduk di atasnya, seperti tidak ada beda dengan model sebelumnya. Masih sama. Begitu pula dengan posisi ridingnya. Baik setang, posisi jok hingga pijakan kaki. Tapi faktanya meski pakai lingkar roda lebih kecil, ground clearance-nya naik 1 mm. Sebelumnya 147 mm, sekarang 148 mm.

    Test Ride All New Honda Beat Street

    Saat mengendarainya, impresi kami langsung terbayang pada New Genio. Ya, ini mirip. Ketangkasan dan kelincahannya benar-benar sama dengan saudaranya. Meliuk-liuk di antara pembatas cone, tak lagi sulit. Lancar jaya.

    Kombinasi teknologi rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame, bobot lebih ringan, setang lebar dan ban ‘donat’ ukuran 100/90 depan dan 110/90 belakang memberikan dampak positif. Handling jadi lebih asyik dan motor jadi mudah dikendalikan. Sudut kemiringan saat dibuat cornering juga bisa lebih dalam.

    Apalagi saat bermanuver tajam seperti di area pengujian. Kuda besi mungil ini lebih gesit dan cekatan, bahkan center stand atau standar tengah bisa sampai kena aspal. Tapi tentu saja, harus diimbangi dengan skill berkendara yang mumpuni. Utamanya tak ada gejala melayang saat menikung. Racikan ini berbeda sekali dengan model sebelumnya.

    Test Ride All New Honda Beat Street

    Karakter suspensinya masih sama dengan model sebelumnya, cukup empuk, baik depan maupun belakang. Meski tak ada area obstacle bump course, kami yakin tidak mudah mentok, karena jarak main cukup panjang. Tapi hasil itu bisa beda jika berboncengan. Untuk ukuran skutik mungil, penggunaan teleskopik dan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal, sudah lebih dari cukup.

    Oh iya, kalau bicara akselerasi, motor ini cukup mumpuni di putaran rendah. Intinya skutik ini sangat cocok digunakan untuk penggunaan harian, apalagi buat melibas kemacetan ibukota. Ringan dan mudah dikendarai.

    Untuk memperlambat laju motor, Honda masih menyematkan rem cakram hidrolik piston tunggal (depan) dan tromol (belakang). Sistem pengereman combi brake system juga masih bertahan. Tak ada impresi lebih mengenai sektor ini. Sama dengan skutik Honda lainnya.

    Test Ride All New Honda Beat Street

    Ketambahan Fitur

     

    Tipe CBS, Deluxe, dan Street, kini sudah dilengkapi dengan sistem alarm. Ketika motor digerakkan maka bisa mengeluarkan suara nyaring. Diharapkan fitur ini bisa mencegah aksi kriminal atau tindakan pencurian. Uniknya buat mengaktifkan alarm tidak perlu pakai remot, tapi dari rumah kuncinya. Cara menyalakan alarm cukup simpel.

    Caranya yaitu putar kunci ke on dan off sebanyak dua kali dalam tiga detik. Nanti indikator alarm (di klaster instrumen) akan menyala (merah) selama 60 detik. Kemudian indikator tadi mulai berkedip, menandakan alarm sudah aktif

    Harga All New Honda Beat

    • All New Honda Beat CBS Rp18,430 juta
    • All New Honda Beat Deluxe Standard Rp19,3 juta
    • All New Honda Beat Deluxe Smart Key Rp19,830 juta
    • All New Honda Beat Street Rp19,3 juta

    Secara keseluruhan, All New Beat Series tidak hanya sekadar menjual tampilan. Beragam komponen penunjang kenyamanan dan keamanan juga telah ditingkatkan. Kini ia telah berevolusi menjadi skutik entry level paling canggih. Tak salah jika ia masih menjadi skutik terfavorit di Indonesia. (BGX/TOM)

    Baca juga: First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama

    Zenuar Yoga

    Zenuar Yoga

    Zenuar 'Bgenk' Yoga adalah salah satu jurnalis otomotif berpengalaman di Indonesia. Spontanitas dan suaranya yang lantang memberi warna kemanapun dia pergi. Keseharian, Yamaha Nmax jadi andalan mobilitas ke kantor atau untuk peliputan. Pengalaman berkendara dan pengetahuan di bidang otomotif roda dua membuatnya kerap ditunjuk sebagai road captain saat Forum Wartawan Otomotif melakukan kegiatan touring. 

    Baca Bio Penuh

    Model Motor Honda

    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda Vario 160
      Honda Vario 160
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street
    • Honda Stylo 160
      Honda Stylo 160
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda ADV 160
      Honda ADV 160
    • Honda Genio
      Honda Genio
    Harga Motor Honda

    Jangan lewatkan

    Promo Honda Beat Street, DP & Cicilan

    • Beat Street CBS DP Rp 1,8 Juta Angsuran Rp 882.000 x 35 Bulan Rp 18,7 Juta OTR Lihat Promo

    GIIAS 2024

    Bandingkan & Rekomendasi

    Honda Beat Street
    Honda Beat Street
    Rp 18,7 Juta
    Harga Beat Street
    Honda Beat
    Honda Beat
    Rp 18,9 Juta
    Harga Beat
    Honda Scoopy
    Honda Scoopy
    Rp 22,68 Juta
    Harga Scoopy
    TVS Neo XR
    TVS Neo XR
    Rp 13,95 Juta
    Harga Neo XR
    TVS Rockz
    TVS Rockz
    Rp 15,6 Juta
    Harga Rockz
    Kapasitas 109.5
    109.5
    109.5
    109.7
    124.5
    Tenaga Maksimal 8.89
    8.8
    9
    8.5
    9.8
    Torsi Maksimal 9.2 Nm
    9.2 Nm
    9.3 Nm
    8.5 Nm
    9.8 Nm
    Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, Air Cooled SOHC Engine
    Single Cylinder, 4-Stroke, Air Cooled SOHC Engine
    Single Cylinder, 4-Stroke, Air-Cooled, SOHC
    4-Stroke, SOHC
    4 Stroke, SOHC, Air Cooled
    Bandingkan Sekarang

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang
    • Kymco AK 550
      Kymco AK 550
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW C Evolution
      BMW C Evolution
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron T-Rex
      Polytron T-Rex
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Yamaha Cygnus X
      Yamaha Cygnus X
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron EVO
      Polytron EVO
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Motor Scooter Yang Akan Datang

    Artikel Motor Honda Beat Street dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature
    • Harga Sama, Mending All New Honda Beat Deluxe atau Beat Street?
      Harga Sama, Mending All New Honda Beat Deluxe atau Beat Street?
      Anjar Leksana, 13 Jun, 2024
    • Honda Beat Street 2024 Bisa Dicicil dengan Dana Sebesar Ini
      Honda Beat Street 2024 Bisa Dicicil dengan Dana Sebesar Ini
      Anjar Leksana, 10 Jun, 2024
    • Spesifikasi All New Honda Beat Street 2024 yang Baru Diluncurkan 
      Spesifikasi All New Honda Beat Street 2024 yang Baru Diluncurkan 
      Anjar Leksana, 06 Jun, 2024
    • First Ride All New Honda Beat Series: Khusus Beat Street, Makin Asyik
      First Ride All New Honda Beat Series: Khusus Beat Street, Makin Asyik
      Zenuar Istanto, 11 Jun, 2024
    • Keunggulan All New Honda Beat yang Tidak Dimiliki Kompetitornya
      Keunggulan All New Honda Beat yang Tidak Dimiliki Kompetitornya
      Zenuar Istanto, 12 Jun, 2024

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*