jakarta-selatan

Tak Hanya DFSK Glory 560 dan Honda CR-V yang Pakai Turbo, Yamaha Niken Juga Bisa

  • 02 Apr, 2019
  • 1062 Kali Dilihat

Peningkat induksi udara seperti turbo atau supercharger, memang bukan peranti yang kerap ditemukan pada sepeda motor. Maklum, beda seperti mobil yang punya ruang terbatas di engine bay, motor punya keleluasaan lebih. Alhasil, meningkatkan kapasitas silinder dengan mengganti blok bukanlah perihal sulit demi mendapat tenaga lebih.



Trooper Lu's Garage, bengkel resmi Yamaha di Australia, nyatanya memilih jalan yang menarik. Demi mendapat tenaga 30 dk lebih, mereka mencangkokkan turbocharger ke mesin 850 cc 3-silinder Yamaha Niken. Padahal, motor roda tiga ini, sejatinya sudah punya 115 dk untuk diolah. Tenaga dengan jumlah setara, bisa Anda temukan di Low MPV Honda Mobilio. Berkat tambahan turbo, Yamaha Niken keren tadi, tenaganya naik ke level 148 dk.


Tak ada informasi pasti terkait spesifikasi teknisnya. Namun foto-foto yang disajikan cukup jelas, memperlihatkan komponen apa saja yang digunakan. Blok mesin GB Racing lengkap dengan girboks nampak digunakan. Knalpot akrapovic yang kerap melekat di kuda besi MotoGP juga terpasang. Peranti utama, tentu saja turbo lansiran Garret dengan tipe T25.



Untuk diketahui, jenis turbo yang dimaksud (Garett T25 0,6A) merupakan tipe yang sering digunakan pada mobil balap. Jangan heran jika keong penambah tenaga ini, punya aneka teknologi khusus performa tinggi, seperti pendingin cairan (air dan minyak) pada ball bearingnya. Kurang jelas berapa banyak tekanan tambahan yang diset pada Yamaha Niken Turbo, namun biasanya menaikkan 25-30% tenaga dibutuhkan tekanan 0,5-1 bar.


Informasi terkait ubahan lebih detil pada mesin juga tak disebutkan. Seharusnya ada sedikit penyesuaian di ruang bakar, agar kompresi turun. Sebuah prinsip dasar yang harus dilakukan untuk memasangkan turbo bertekanan tinggi. Belum lagi pemasangan sistem elektronik tambahan seperti piggyback atau bahkan komputer mandiri (standalone ECU). Peranti elektronik ini bertugas mengatur kerja mesin, yang kini sudah berubah karena turbo.



Agar Yamaha Niken turbo itu lebih mencolok, revisi pada eksterior pun dilakukan. Warna gold matte dilaburkan di bagian utama bodi. Boks belakang nan besar juga digunakan, dengan beberapa imbuhan tabung. Tak jelas apa guna tabung, namun kesan motor militer justru terlihat dari tubuh sang Niken Turbo.


Kaki-kaki juga nampak direkonstruksi. Sepasang suspensi teleskopik terbalik (upside down) ganda lansiran KYB disematkan di kaki parallelogram-nya. Rem performa maksimal tak lupa dipasangkan demi meredam tenaga yang kini membuas.


Perkiraan kami, pusat litbang (research and development) Yamaha turun tangan menggarap proyek ini. Soalnya, beberapa akun sosial media mereka, aktif memajang Yamaha Niken Turbo itu. Oh ya, sebelumnya kami pernah mereview versi standar dari motor roda tiga di ajang Indonesian Motorcycle Show (2018). Lihat videonya di bawah, ya. (Van/Odi)


Sumber : Visordown


Baca Juga: Tak Mau Kalah, Yamaha Bikin Motor Neo Classic Pesaing Honda CB150R ExMotion


kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Yamaha Niken

Lihat video terbaru Yamaha Niken untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang